Keuntungan Menggunakan Cloud VPS

Memiliki sebuah situs website yang dapat diakses dengan kecepatan tinggi tentunya menjadi dambaan bagi setiap pengusaha bisnis. Demi mendapatkan kualitas website yang baik tersebut, jenis layanan Cloud VPS bisa menjadi pilihan tepat. Selain memiliki server khusus, berikut ini juga beberapa keuntungan menggunakan Cloud VPS.

Keuntungan menggunakan Cloud VPS

Pengertian Cloud VPS dan keuntungan yang didapatkan

Cloud VPS pada dasarnya adalah jenis layanan yang merupakan pengembangan dari Virtual Private Server (VPS). VPS adalah sebuah metode untuk mempartisi server fisik menjadi beberapa server hingga memiliki kemampuan berjalan dan tampilan pada mesin khusus sendiri. Kamu pun bisa mendapatkan layanan web VPS murah hanya di DomaiNesia.

Sedangkan, Cloud adalah sebuah praktik dengan menggunakan jaringan server dari jarak jauh yang kemudian dihosting di internet untuk menyimpan, mengelola, hingga memproses data.

Jadi, Cloud VPS adalah konfigurasi dari VPS ke lingkungan Cloud di semua fitur utama seperti penyimpanan data. Dan berikut ini beberapa keuntungan menggunakan Cloud VPS:

1. Memiliki sumber daya khusus sendiri

Setiap pengguna Cloud VPS akan memiliki server khusus dan sumber dayanya sendiri seperti CPU, RAM, dan lain-lain. Sehingga Cloud VPS ini dapat memberikan jaminan kepada pengguna bahwa pelanggan cloud lain sama sekali tidak akan memengaruhi situs website yang kamu punya.

2. Harga yang lebih terjangkau

Keuntungan menggunakan Cloud VPS lainnya juga karena memiliki harga yang lebih terjangkau. Umumnya kamu akan diperbolehkan oleh penyedia layanan web untuk menyesuaikan dengan keinginan, apakah membutuhkan server yang lebih kuat atau hanya ingin menambah ruang hard disk selama sehari. Kamu hanya akan membayar untuk sumber daya yang digunakan dan semuanya akan ditentukan secara akurat oleh sistem.

3. Memiliki skalabilitas yang jauh lebih baik

Cloud VPS memungkinkan pengguna mengubah, menyesuaikan opsi atau pengaturan untuk membuat situs website lebih menarik bagi pengunjung. Lebih banyak penyimpanan dapat dengan mudah ditambahkan ke VPS, memperbesar RAM atau menskalakan kinerja CPU serta tidak ada waktu henti yang akan terjadi. Jadi tidak perlu waktu beberapa jam atau bahkan hingga hitungan hari memigrasikan situs web yang kamu miliki.

Cloud Server VPS dan Keuntungannya4. Aksesibilitas

Memiliki VPS Cloud memberikan keuntungan penting dari aksesibilitas. Kamu dapat memiliki akses data dan layanan kapan saja ke berbagai wilayah yang ada di dunia ini. Tetapi dengan wilayah-wilayah yang tentu saja memiliki koneksi internet.

5. Perangkat keras yang bisa pulih dengan cepat

Cloud VPS memiliki perangkat keras yang dapat menyembuhkan diri sendiri, ini adalah salah satu keuntungan menggunakan Cloud VPS. Apabila memiliki beberapa masalah dengan perangkat keras yang kamu gunakan, Cloud VPS akan secara otomatis dipindahkan ke node lain jika salah satu dari mereka gagal, dan itu juga tanpa membuang waktu serta sumber daya.

6. Keandalan yang dimiliki Cloud VPS

Jika memiliki masalah dengan salah satu mesin, itu bukan berarti bahwa data yang kamu miliki akan hilang. Cloud VPS secara otomatis menyimpan semua file dengan aman di beberapa hard drive. Jadi dalam hal ini, semua file dapat dengan mudah dipulihkan dan kamu tidak perlu khawatir data akan hilang.

7. Memiliki keamanan tingkat tinggi

Dibandingkan dengan shared hosting, Cloud VPS lebih aman karena memiliki RAM khusus atau terisolasi, hingga CPU. Karena Cloud VPS menyertakan mekanisme keamanan multi-tingkat bawaan, data yang kamu miliki pun juga dilindungi dari perangkat lunak berbahaya dan serangan peretas.

8. Memiliki kontrol penuh

Jenis server ini memberi kebebasan kepada pengguna tentang apa yang ingin kamu tempatkan di Cloud VPS. Pengguna dapat menginstal sistem operasi dan panel kontrol karena Cloud memiliki akses root. Tentu saja karena tidak ada batasan tertentu, pengguna dapat menginstal program dan aplikasi sebanyak yang mereka inginkan.

9. Kecepatan tinggi

Situs web yang lambat adalah hal paling menjengkelkan bagi pengunjung online. Tetapi dengan menggunakan Cloud VPS, situs website bisnis yang kamu miliki akan terhindari dari kendala-kendala seperti itu karena memiliki kecepatan tinggi. Website akan berjalan dengan cepat karena Cloud memberikan begitu banyak pilihan dan juga bisa mendapatkan sumber daya tambahan kapan saja.

10. Kolaborasi yang lebih baik

Seluruh data terletak di satu tempat dalam Cloud. Hal ini tentunya akan mempermudah untuk berkolaborasi dengan anggota tim saat mengerjakan sebuah proyek atau dokumen terpisah. Selain keamanan yang ketat, jenis layanan Cloud VPS juga membuat pekerjaan lebih mudah serta menghemat banyak waktu yang dibutuhkan dalam koordinasi.

Jadi bagi kamu yang memiliki kebutuhan dengan trafik tinggi untuk mengelola sebuah website bisnis, Cloud VPS bisa menjadi jenis layanan web yang tepat untuk dipilih. Tetapi bagi kamu yang masih pemula dan ingin mengenal situs web, bisa pelajari cara membuat website gratis di sini.

Tinggalkan komentar

1 + 2 =