Review Aplikasi blu, Review Jujur Nih!

BCA Digital sebagai bagian dari group perusahaan BCA terus saja berinovasi dan ikut bertahan menghadapi dunia yang sedang sakit saat ini. Dalam semua sektor lini perekonomian akibat adanya pandemi pasti terdampak. BCA Digital mengeluarkan produk baru bernama aplikasi blu by BCA Digital.

Beradatapsi dengan lingkungan baru saat ini sangat penting, apalagi semua sudah serba digital. Setiap orang dituntut untuk fasih mengoperasikan semua platform digital, namun tetap harus smart memilah mana produk yang baik mana yang tidak, ada yang namanya review untuk memastikan semuanya. Seperti pada artikel ini akan memaparkan review aplikasi blu.

Melek digital secara umum penting adanya, secara khusus yang ditujukan pada diri saya sendiri juga sudah sepatutnya. Terlebih saya adalah seorang pekerja freelance yang penghasilannya tak menentu. Financial Management sangat dibutuhkan untuk dapat mengatur keuangan dengan baik. Tak hanya itu, mengatur keuangan untuk menabung juga hal yang sangat krusial.

Masih berhubungan dengan di atas, karena saya sudah melek digital dan dapat memilah mana flatform digital yang baik untuk financial planning saya, saya sangat senang ketika ada informasi BCA Digital mengeluarkan platform digital bernama blu. Setelah mendownload dan aktivasi aplikasi blu, tentunya saya bereksplorasi apa-apa saja keuntungan dan manfaatnya. Jadi sekalian ya, di sini saya juga mau review aplikasi blu.

Review Jujur Aplikasi blu By BCA Digital

Siapa yang tak kenal perusahaan BCA? Perusahaan yang sudah ada lama sekali, mungkin sebelum saya lahir juga sudah ada. Dengan brand awareness dari BCA yang sudah mendunia itulah saya tak ragu untuk mencoba aplikasi blu ini. Tapi ternyata antara BCA dan BCA Digital itu berbeda loh.

BCA Digital Ternyata Berbeda dengan BCA

Loh apa bedanya? Jadi gini, persamaan antara BCA Digital dan BCA itu bernaung di satu perusahaan namun berbeda manajemennya. Perbedaan lainnya, BCA Digital bersifat branchless atau platform perbankan yang secara fisik tak memiliki kantor, nasabah dari BCA Digital bisa merupakan nasabah BCA atau nasabah non-BCA.

Untuk BCA yang sudah ada lama itu, mengembangkan usaha lembaga perbankan-nya secara konvensional.

Sudah paham ya? Yuk kita kembali ke review aplikasi blu By BCA Digital. Reviewnya jujur-jujur ajalah. Manfaat yang ada pada platform aplikasi blu untuk diri saya bisa menentukan berapa jumlah tabungan yang akan saya atur. Bisa juga membuat banyak tabungan dalam satu rekening bluAccount.

apa itu aplikasi blu?Apa itu Aplikasi blu?

Dari tadi mas pewe ngomong terus tentang platform aplikasi blu tapi gak mau nerangin, aplikasi blu itu apa? Jangan bikin penasaran deh. Hehehe.., oke.. oke.. saya terangin ya, aplikasi blu adalah aplikasi yang bersifat mobile banking yang dikeluarkan oleh BCA Digital didesain untuk memberikan kemudahan untuk kita semua.

Pasarnya memang untuk generasi milenial, generasi z, dan generasi rebahan, ha? Eh beneran kok. Kaum sih tepatnya, kaum rebahan.

Karena kemudahan aplikasi blu dalam instal, mendaftar, aktivasi, hingga pengoperasian transaksi seperti transfer dan terima transferan (arus debit/kredit), sangat dimudahkan sekali. Itu kenapa kaum rebahan juga bisa memakai aplikasi blu.

Kemudahan Menggunakan Aplikasi blu

Ini review jujur aplikasi blu saya gais. Sebenarnya pas awal-awal dapat informasi ku meragu untuk install, kenapa? Sebab harus foto KTP. Loh emang kenapa KTP mas pewe? KTP saya itu buram parah, foto juga udah gak ada bentuknya itu foto atau bukan, tulisan-tulisan di KTP juga sudah mulai pudar tintanya seperti pudarnya cintamu padanya, halah.

Tapi memang benar demikian adanya, KTP saya memang ya begitulah. Niat meragu tersebut kutepis dulu dalam benak saya pada saat itu, gak ada salahnya untuk mencoba pikir saya. Ambil smartphone deh, langkah demi langkah ku coba untuk mendaftar, pada saat foto KTP deg-degan dong, yang saya pikir ditolak malah di acc. Data saya otomatis keluar langsung begitu selesai foto KTP, wah canggih pikir saya.

Review Jujur Aplikasi blu, cara mudah mendaftar di aplikasi bluCara Mudah Mendaftar Aplikasi blu by BCA Digital

Kalau di atas tadi kusebutkan cara mendaftar ala mas pewe, sekarang ku runut aja nih biar kalau kakak-kakak sekalian mau mendaftar lebih mudah. Berikut caranya:

  • Install aplikasi blu dengan smartphone yang kalian miliki melalui Play Store atau App Store.
  • Siapkan KTP dan NPWP (tidak harus/tidak wajib)
  • Pilih dan isi semua data dengan lengkap dan baik, sampai ke foto KTP.
  • Saat KTP sudah terfoto, data-data biasanya akan langsung terisi sesuai data di KTP.
  • Masukkan Nama Ibu
  • Lakukan video call dengan tim haloblu. Pada point ini pastikan jaringan internet di smartphone stabil agar proses tanya jawab mudah.
  • Setelahnya tunggu paling lama 1×24 jam agar petugas dapat mengaktifkan akun yang kita buat.

Review Penggunaan Aplikasi blu

Hanya butuh waktu kurang lebih 15 menit yang diakhiri dengan video call dari petugas haloblu by BCA Digital yang rata-rata emang good looking untuk memverifikasi data saya dan foto selfie dari petugas haloblu langsung.

Tak perlu repot dan berbelit-beli dengan mengisi data yang sebelumnya saya pikir akan memakan banyak waktu. Tak berapa lama kemudian, akun saya sudah di verifikasi dan menunggu aktivasi email dalam 24 jam kedepan.

Udahnya terus mau apa? explore dong. Eh tapi sebelumnya ku isi saldonya dulu, walau saat pembuatannya tak memerlukan deposit pertama, tapi kan emang mau niat nabung di aplikasi blu. Jadi di dalam aplikasi blu ada fitur-fitur menarik yang antara lain:

  • bluAccount

    bluAccount merupakan rekening utama aplikasi blu

  • bluSaving

    bluSaving adalah rekening tabungan yang bisa kita buat menjadi banyak akun. Ini bisa nih kita buat beberapa pos dari kebutuhan kita, misalnya saja kita membuat tabungan untuk jalan-jalan, untuk kebutuhan dapur, untuk dana lain-lain tak terduga. Seru kan? Bisa nabung suka-suka tuh. Suku bunganya 3% per tahun.

  • bluGether

    Kalau bluGether ini unik, fitur yang ada dalam bluGether itu seperti kita menabung bersama-sama dalam lingkaran kita. Disebut sebagai creator kalau ada yang membuat akun bluGether ini, dan yang diajak dalam tabungan bersama disebut member. Yang tergabung dalam akun bluGether dapat melihat pergerakan transaksi masuk dan keluar, jadi memang transparansi berupa notifikasi ke creator maupun member.

  • bluDeposit

    Sesuai namanya, bluDeposit adalah fitur dari aplikasi blu untuk deposito. Deposito ini tidak diperpanjang secara otomatis. Bagi sebagian orang ada yang menyukai cara menabung dengan deposito, rata-rata dari mereka menyebutkan ada jangka waktu penarikan sehingga tidak bisa asal tarik dan dalam jangka waktu deposito, dananya akan tersimpan aman.
    Untuk membuka akun bluDeposit di aplikasi blu minimalnya 10 juta Rupiah, tenornya 1 sampai 12 bulan, nasabah aplikasi blu yang menentukan. Saat jangka waktu deposito habis atau jatuh tempo, bunga deposito akan otomatis masuk ke bluAccount kamu.

Aplikasi blu by BCA DigitalPengalaman Transaksi Menggunakan Aplikasi blu

Penasaran dengan embel-embel blurewards sebanyak 20 kali gratis transfer, langsung saya gunakan bluAccount saya untuk trasfer ke rekening BCA saya dong, dan benar loh tidak ada biaya administrasi untuk transfer, ada keterangan bahwa saya menggunakan blurewards untuk transfer.

Proses transfer juga sangat cepat, kurang lebih hanya butuh waktu 1 menit. Setelahnya saya pun mengecek di rekening BCA apakah transferan dari aplikasi blu sudah masuk atau belum, dan instan! sudah langsung masuk saat saya cek di bagian mutasi harian.

Ada yang unik juga dari fitur-fitur transfer ini, ada fitur tarik tunai tanpa kartu ATM loh. Aplikasi blu ini benar-benar cardless, cashless, seamless, worry less, dan praktis. Cukup pakai satu aplikasi blu aja dong.

Tak cuma buat transfer-transfer saja dong, saya juga mencoba untuk menggunakan fitur bluSaving. Sampai artikel ini ditulis, sudah ada 3 pos yang saya buat pada fitur bluSaving di aplikasi blu by BCA Digital. Setiap pos yang saya buat saya tentukan sendiri goals-nya, history yang tertampil atau bahasa kerennya cash flow sangat membantu saya untuk perencanaan dan monitoring keuangan.

Kekurangan Aplikasi blu

Loh ada? Ya namanya aplikasi yang baru launch, pasti ada dong plus minusnya, apalagi saya review aplikasi blu by BCA Digital ini kan memang review jujur.

Kekurangan dari aplikasi blu ini menurut saya ada di saya sendiri, hahaha.. Eh kenapa? iya karena saya meragu diawal dikarenakan KTP saya buram, ketakutan saya ketika mendaftar di beberapa platform digital, begitu saya foto dengan KTP saya akan langsung tertolak (auto ditolak, sakitnya tuh di sini).

Kenyataannya, melalui aplikasi blu malah KTP saya diterima dengan baik, duh senangnya.

Misalnya kawan-kawan sekalian ada yang menemukan kendala saat menggunakan aplikasi blu, silakan dituturkan di kolom komentar ya. Mungkin juga dari saya yang belum ekspore juga secara mendalam tentang aplikasi blu ini. Tapi review jujur aplikasi blu ini saya buat dengan benar-benar jujur loh.

Aplikasi blu akan selalu berinovasi kok, hal ini diperkuat karena blu adalah produk dari BCA Digital, perusahaan BCA Group yang sudah ternama, keamanaan yang baik serta inovasi pasti akan dilakukan untuk memberikan layanan prima bagi para pengguna.

Lanny Budiati dalam online press conference melalui Zoom tanggal 22 Juli 2021Online Press Conference BCA Digital

Lanny Budiati, selaku direktur utama BCA Digital, menegaskan bahwa saat ini bukanlah era berkompetisi melainkan era sinergi dan kolaborasi antar platform digital untuk membentuk sinergi perdana lintas sektor. Partner ekslusif pertama dari aplikasi blu ini adalah salah satu e-commerce besar, yaitu blibli.

“Inovasi perbankan digital tidak berhenti pada kebutuhan finansial saja. Seiring dengan semakin eratnya fungsi bank digital dalam kehidupan sehari-hari, BCA Digital ingin punya andil untuk menghadirkan kemudahan dunia digital yang sesungguhnya. Oleh karena itu, di BCA Digital, kami berkomitmen mengembangkan platform yang dapat memenuhi kebutuhan finansial dan non-finansial nasabah, lewat ekosistem digital yang saling terkoneksi,” jelas Lanny dalam diskusi online press conference melalui Zoom tanggal 22 Juli 2021.

Dalam rangka kolaborasi dengan aplikasi blu, blibli memberikan promosi khusus bagi nasabah blu di Blibli berupa cashback 100% ke Blipay sampai dengan Rp100.000 untuk periode 22-24 Juli 2021 dan 28-31 Juli 2021 bagi pelanggan yang membuka akun baru sebesar Rp500.000 dan diskon 50% untuk transaksi di Blibli selama perayaan 10 tahun anniversary 25-27 Juli 2021.

Tinggalkan komentar

8 + 2 =