Tips Personal Branding Milenial untuk Meraih Sukses

Bagi Anda para milenial mungkin sedang tidak sabar menunggu masuk ke jenjang perkuliahan. Menjadi mahasiswa juga butuh personal branding milenial yang saat ini diperlukan sekali, sehingga Anda harus siap secara fisik maupun mental. Nah, apa saja tips melatih mental personal branding milenial untuk meraih sukses?

Perguruan tinggi adalah jenjang paling tinggi untuk mendapatkan pendidikan, mulai dari strata satu hingga strata tiga dan bergelar doktor. Dunia perkuliahan adalah salah satu tempat yang tepat untuk menggali potensi diri Anda.

Tidak hanya cerdas secara akademik, di perkuliahan Anda juga diharuskan untuk dewasa secara emosional. Hal ini dibutuhkan agar Anda mampu menghadapi dunia yang lebih besar kedepannya, seperti dunia kerja.

Mahasiswa yang cerdas adalah harapan setiap bangsa dan negara. Bung Karno berujar “Berikan aku sepuluh pemuda, maka akan aku goncangkan dunia”. Dari kutipan yang populer ini dapat disimpulkan bahwa mahasiswa adalah agent of change atau agen perubahan yang akan memajukan bangsa.

Sifat yang Harus Dimiliki Milenial dalam Menghadapi Perkuliahan

Dunia perkuliahan memang berbeda dengan dunia sekolah menengah. Anda akan mendapat banyak tantangan baru yang menuntut Anda menguatkan mental Anda. Anda tidak hanya berhadapan dengan urusan akademik saja, namun juga akan menghadapi dunia sosial yang akan mengasah soft skill Anda.

Berikut 7 sifat yang harus Anda miliki untuk menghadapi dunia kampus agar Anda terlatih dengan mental orang sukses dengan keterampilan digital milenial

  • Berpikir Kritis

Berpikir kritis adalah salah satu pembeda antara masa kuliah dengan masa sekolah. Berpikir kritis bukan hanya sekedar tahu tentang suatu kejadian, tapi juga memiliki daya pikir dan nalar Anda menganalisis suatu fenomena.

Sebagai seorang mahasiswa, berpikir kritis sangat dibutuhkan untuk mencapai kesuksesan yang Anda inginkan. Dengan berpikir kritis, Anda dapat mengetahui sebuah kejadian, mencari tahu apa penyebabnya, dan memberikan solusi atas permasalahan yang ada.

  • seorang mahasiswa dan kaum milenial harus bisa berpikir kritisMampu Berargumen

Seorang mahasiswa harus mampu menyuarakan pendapat dan berargumen. Terlebih jika Anda bergabung dengan organisasi kemahasiswaan, maka Anda akan menjadi orang yang membawa aspirasi rekan-rekan Anda yang lainnya.

  • Mandiri

Menjadi mahasiswa berarti Anda harus mandiri dan bertanggung jawab atas diri Anda sendiri. Anda harus belajar mengambil keputusan yang tepat untuk diri sendiri, baik itu dalam hal pencapaian akademik atau hal lain yang terkait.

  • Percaya Diri

Mental dan percaya diri sangat menentukan kesuksesan perkuliahan Anda. Dengan rasa percaya diri yang tinggi, Anda bisa melewatkan permasalahan yang Anda hadapi dan mampu menunjukkan aktualisasi diri bahwa Anda mampu dalam bidang akademik dan sosial Anda.

  • Supel dan Mudah Bergaul

Supel dan mudah bergaul akan membuat Anda banyak teman. Pertemanan yang Anda bangun sejak bangku kuliah akan sangat bermanfaat baik ketika di kampus maupun sata menghadapi dunia kerja di masa yang akan datang. Dengan relasi yang luas, Anda akan mendapat wawasan yang luas pula.

  • Kreatif

Kreatif sangat dibutuhkan untuk menciptakan peluang dalam hidup Anda. Sebagai mahasiswa, kreativitas Anda salah satu hal yang menentukan bagaimana cara Anda bertahan hidup dan melewati masa perguruan tinggi Anda.

  • Mudah Beradaptasi

Memasuki dunia kampus, Anda akan bertemu dengan banyak orang dari latar belakang yang berbeda. Oleh sebab itu, Anda perlu adaptif untuk menerima orang-orang baru dan lingkungan baru dalam hidup Anda.

personal branding untuk milenialdan mahasiswa jaman nowTips Melatih Mental Bagi Para Milenial untuk Meraih Sukses

Banyak cara melatih mental dan personal branding Anda sebagai seorang milenial yang baru memasuki dunia perkuliahan seperti misalnya melatih diri dengan mengikuti kursus online gratis personal branding agar mental Anda terbentuk dengan baik, atau Anda bisa juga melakukan beberapa hal berikut ini.

  • Aktif Mengikuti Kegiatan Kampus

Aktif mengikuti kegiatan kampus akan membantu Anda memperluas jaringan, mengasah hard skill dan soft skill, serta memperkaya pengalaman Anda. Anda dapat bergabung dengan organisasi kemahasiswaan atau Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) yang sesuai dengan minat dan bakat Anda. Anda juga bisa aktif mengikuti lomba, seperti lomba lokakarya atau karya ilmiah yang diselenggarakan oleh universitas atau tingkat nasional.

  • Bertanya Pada Senior

Menjadi mahasiswa baru tentu banyak hal yang belum Anda ketahui. Oleh sebab itu, jangan segan untuk bertanya kepada senior Anda atau meminta bimbingan agar Anda punya gambaran tentang perkuliahan Anda. Ini juga merupakan hal yang baik bagi personal branding milenial Anda di mata para senior.

  • Membangun Hubungan Baik

Tips melatih mental orang sukses lainnya adalah membangun hubungan baik antar sesama. Tidak hanya dengan teman sejawat, senior, atau rekan dari fakultas lain, Anda juga bisa membangun hubungan baik dengan dosen Anda. Jaga hubungan baik ini selamanya hingga Anda lulus dari kampus Anda.

  • Pandai Memilih Teman

Berteman dengan penjual minyak wangi, maka Anda akan terbawa wanginya. Nah, di bangku kuliah, usahakan berteman dengan orang-orang yang mampu memotivasi Anda dan membantu Anda untuk terus maju. Kelilingi diri Anda dengan teman yang positif.

  • Mampu Mengatur Waktu dan Keuangan 

Hidup sebagai mahasiswa harus bisa mengatur semuanya sendiri termasuk dengan mengatur waktu serta keuangan Anda. Terlebih bagi Anda yang jauh dari keluarga, mengatur waktu dan keuangan dengan bijak sangat penting untuk tetap bertahan hidup selama di perantauan.

  • Terus Mengembangkan Diri

Untuk mencapai kesuksesan yang Anda inginkan, Anda harus meluangkan waktu dan konsisten mengupgrade diri Anda. Anda perlu menggali potensi diri yang Anda miliki dan mengasah berbagai kemampuan lainnya yang berguna untuk masa depan Anda. Anda juga bisa mengikuti kursus online gratis tentang pengembangan diri di platform belajar online Indonesia yang banyak tersebar di dunia maya.

Ada banyak lagi tips melatih mental yang bisa Anda lakukan agar menjadi orang yang sukses di masa hadapan. Masa perkuliahan adalah masa yang tepat untuk Anda mengembangkan diri Anda baik itu hard skill maupun soft skill untuk menghadapi dunia kerja kedepannya.

2 pemikiran pada “Tips Personal Branding Milenial untuk Meraih Sukses”

  1. Materi dalam posting ini sangat bagus. Namun ijinkan saya menambahkan 2 point yang menurut saya sangat mendasar bagi “branding” / value seseorang:
    1) Kejujuran.
    2) Berani mengakui kesalahan dan bertanggung jawab. Manusia bukan makhluk sempurna. Pasti ada salah. Mengakui kesalahan butuh keberanian.

    Salam kenal buat admin blog ini.

    Balas

Tinggalkan komentar

77 − 71 =