Tips Service Mobil

Tips service mobil tentu bisa dicari untuk kamu pemilik mobil yang ingin merawat mobil agar tetap nyaman dan aman saat dipakai. Setiap mobil tentu memiliki komponen penunjang sebagai alat penggerak, fitur untuk keselamatan, maupun kenyamanan dalam berkendara.

Oleh sebab itu, mobil memerlukan perhatian khusus serta service berkala. Fungsinya adalah untuk kenyamanan kamu saat berkendara dan menghindari masalah ketika kamu mengendarai mobil tersebut seperti mogok misalnya.

Inilah Tips Service Mobil Untuk Performa Optimal

Sebagai penunjang aktivitas sehari-hari, mobil adalah salah satu kebutuhan yang utama. Terlebih yang menjadikan mobil sebagai alat untuk mencari uang, taksi online misalnya. Tentu saja perawatan yang dilakukan perlu secara berkala agar mobil benar-benar terawat.

Dengan service rutin yang kamu jadwalkan, mobil tentu akan selalu dalam kondisi baik dan dengan performa optimal. Sehingga dalam berkendara pun kamu akan merasa nyaman dan aman. Tidak perlu merasa was-was bahwa mobil akan mogok.

Ternyata dengan melakukan service berkala, kamu juga akan menghemat biaya. Sebab ketika kamu rajin melakukan pengecekan pada komponen mobil, maka kamu akan tahu ada tidaknya kerusakan dalam setiap komponen. Sehingga tidak sampai mengakibatkan kerusakan komponen yang menjalar. Ada beberapa tips service mobil yang dapat kamu terapkan pada kendaraan.

Gunakan Sparepart Asli

Jika kamu rajin service berkala, kemudian pemakaian mobil kamu wajar namun ketika ke bengkel seringkali ada sparepart yang harus diganti. Hal tersebut berarti ada kesalahan pada kualitas sparepart yang kamu beli

Untuk menghindari hal tersebut, pastikan kamu untuk selalu membeli spare part asli. Beli di dealer ataupun distributor resmi, sehingga kamu tidak akan mengeluarkan uang berulang-ulang serta bolak-balik ke bengkel yang tentunya menghabiskan waktu dan biaya.

Menyesuaikan Penggunaan BBM

Tidak hanya penggunaan sparepart yang asli saja, namun penggunaan BBM juga berpengaruh terhadap service berkala mobil kamu. Banyak kendaraan yang diisi dengan bensin beroktan rendah. Padahal sebenarnya dari pabrik kendaraan tersebut sudah menganjurkan untuk menggunakan bahan bakar dengan oktan yang tinggi.

Meskipun harga BBM murah, namun bensin dengan oktan rendah akan membuat kinerja mesin menjadi sangat tidak optimal. Sebab, selain tidak dapat menahan kompresi mesin yang tinggi, akan berdampak pada umur komponen yang semakin pendek. Semakin sering melakukan service mobil secara berkala karena disebabkan oleh mesin yang cepat kotor akibat dari pembakaran yang tidak sempurna.

Merawat Ban

Tips service mobil berikutnya adalah perhatikan bagian ban kendaraan. Ban merupakan komponen dari mobil yang berperan cukup vital.

Sebab, kondisi ban yang buruk tidak hanya akan mengancam keselamatan pengguna ketika berkendara. Akan tetapi tentu juga akan berpengaruh pada financial kamu karena harus selalu keluar masuk bengkel.

Oleh sebab itu, ban juga harus menjadi komponen yang diperhatikan. Segera ganti ban jika merasa sudah semakin tipis.

Pahami Jadwal Service Mobil

Dengan melakukan service kendaraan secara rutin, hal tersebut akan membantu daya tahan mesin kendaraan tersebut lebih tahan lama. Tidak hanya rutin saja, namun service juga harus dijadwalkan. Sebab kita tidak tahu kapan terjadinya kerusakan pada komponen kendaraan yang tentu tidak terduga.

Meskipun mobil dilengkapi dengan takaran odometer yang dapat menunjukkan jarak tempuh, namun hal tersebut tidak dapat dijadikan sebagai patokan. Terlebih lagi untuk kendaraan yang sering terkena macet, tentu hal tersebut menjadi tidak berlaku lagi.

Service Berkala

Di kota-kota besar, jarak tempuh kendaraan nyatanya kurang relevan mengingat sering terjadinya macet parah hingga berjam-jam yang menyebabkan mesin mobil harus dalam keadaan on selalu.

Memang pada biasanya orang akan melakukan service berkala berdasarkan dengan jarak tempuh yang dicapai, biasanya setelah 10.000 km. Namun pada kenyataannya terkadang mobil beroperasi jauh lebih lama jika dibandingkan dengan waktu yang seharusnya.

Ketika mesin mobil terus menyala, komponen yang ada di dalam mesin tersebut bekerja sangat keras tanpa mendapatkan pendinginan yang cukup baik. Kondisi mobil yang dalam keadaan netral atau idle akan membuat campuran bensin serta udara tidak dapat mendekati komposisi yang ideal.

Penjelasan secara teori adalah jarak tempuh 10.000 km bisa tercapai biasanya dalam waktu 6 bulan. Namun pada kenyataannya kurang dari 6 bulan sudah mencapai jarak tempuh tersebut dikarenakan selalu terkena macet.

Hal tersebut dapat mengakibatkan adanya tumpukan karbon sisa pembakaran akibat dari pembakaran tidak sempurna. Kemudian menempel pada ruang bakar serta komponen bergerak sehingga dapat membuat performa mesin mengalami penurunan. Karena pembakaran pada bensin dan pergerakan komponen terhalang oleh kotoran.

tips service mobil dan memilih partner service profesionalTips Memilih Bengkel Service Mobil

Memilih bengkel yang tepat untuk dijadikan langganan tentu juga kamu perlukan. Sebab tidak jarang kerusakan fatal pada mobil juga dikarenakan kesalahan penanganan oleh bengkel.

Tips pertama dalam memilih bengkel service mobil adalah pilih bengkel yang memiliki teknisi profesional yang bersertifikat. Sebab teknisi yang sudah profesional tentu tahu ilmu tentang mobil secara mendetail, sehingga paham apa yang harus dilakukan untuk memperbaikinya.

Kamu dapat membuka website Otoklix untuk mencari referensi bengkel yang bekerjasama dengan Otoklix. Bengkel yang sudah bermitra tersebut tentunya merupakan bengkel rekomendasi dan merupakan bengkel mobil yang profesional.

Sehingga service mobil berkala kamu seperti ganti oli, rem, ban, hingga cuci serta detailing. Bekerja sama hingga lebih dari 1000 mitra bengkel umum pilihan pada wilayah Jabodetabek.

Harga yang ditawarkan pun juga sangat transparan, karena kamu akan diberikan rincian harga pada awal saat booking. Hemat hingga 50% dari harga bengkel resmi yang ada. Bahkan service yang diberikan juga bergaransi hingga 30 hari.

Tips service mobil serta memilih bengkel mobil profesional ini dapat kamu terapkan agar mobil kamu dapat memberikan rasanya nyaman dan aman ketika berkendara. Bersama Otoklix akan terasa semakin menguntungkan karena ada lomba blog Otoklix dengan hadiah menggiurkan.

Tinggalkan komentar