Pengertian SEO, Jenis SEO, dan Contohnya

Ada 19 komentar pada post ini
Ditulis oleh Mas Pewe

Penulis pe-we.com sekaligus pemiliknya ini menyenangi segala hal tentang SEO.

SEO atau search engine optimization adalah teknik optimasi website agar website tersebut mudah ditemukan di mesin pencari. Apakah Anda ingin menerapkan teknik SEO di situs web Anda. Jika iya, simak yuk pengertian SEO secara lengkap, jenis-jenis SEO, dan contohnya dalam artikel ini.

SEO atau Search Engine Optimization adalah …

SEO atau search engine optimization adalah semua aktivitas yang Anda lakukan untuk membuat situs web mudah ditemukan di mesin pencari dan konten-konten di dalam website mendapatkan posisi terbaik pada halaman pencarian Google.

Menerapkan teknik SEO secara tepat tidak saya membuat website Anda mendapatkan peringkat yang baik di search engine, namun juga bisa mendatangkan lebih banyak traffic organic. Artinya, akan ada lebih banyak orang yang berkunjung ke website Anda.

Jenis-Jenis SEO

SEO for growth

SEO On Page

Optimasi SEO On Page adalah optimasi yang Anda lakukan di dalam website Anda sendiri. Kegiatan optimasi SEO On Page berkaitan dengan permalink, judul artikel, isi konten yang berkualitas dan menjawab permasalahan audiens, struktur website, schema, meta description, image dan alt image, penggunaan keyword yang relevan, menerapkan E.A.T, hingga penggunaan internal link yang tepat.

SEO Off Page

SEO Off Page adalah optimasi SEO yang dilakukan di luar website. Misalnya, membangun social signal melalui media sosial, lebih sering mempromosikan konten di website di berbagai platform medsos, membangun link building, meningkatkan kredibilitas dengan media paid pos, guest post, dan sebagainya. Prinsipnya, Anda perlu membangun brand awareness di luar website sehingga audiens mengenal dan akhirnya mengunjungi website Anda.

Contoh Local SEO

Local SEO

Local SEO adalah proses optimasi yang berkaitan dengan lokasi usaha. Anda bisa menggunakan Google My Business. Kemudian, mencantumkan alamat lengkap, deskripsi website, jenis usaha, kontak, ulasan, foto, dan sebagainya. 

Technical SEO

Technical SEO artinya Anda perlu memastikan kinerja dan performa website secara teknis sehingga robot mesin pencari bisa melakukan crawling pada seluruh isi website dengan baik. Technical SEO juga perlu Anda lakukan untuk memastikan website dan seluruh halaman di dalamnya bisa terindeks di SERP dengan baik. 

Beberapa hal yang perlu dilakukan dalam technical SEO, misalnya: struktur website sudah benar, mengatur XML website, menggunakan robots.txt, SSL, navigasi yang clear, loading website yang cepat, dan sebagainya.

Contoh SEO

Contoh Optimasi  SEO

Contoh Optimasi SEO On Page 

Beberapa contoh optimasi SEO On Page yang bisa Anda lakukan, seperti:

  • Menggunakan keyword yang relevan dan banyak dicari audiens.
  • Judul konten dan permalink sederhana serta unik.
  • Menggunakan headings dengan pengaturan yang rapi.
  • Mengoptimalkan penggunakan title tag, meta description, alt image, dan sebagainya.
  • Flow internal link jelas antar konten yang satu dengan konten lainnya.
  • Memastikan hanya mengunggah konten yang berkualitas saja pada website. 

Contoh Optimasi SEO Off Page

Optimasi atau teknis penerapan SEO Off Page bisa Anda lakukan dengan cara:

  • Memastikan kualitas konten bagus sehingga menjadi sumber referensi bagi audiens. 
  • Membangun link building dengan cara yang benar, misalnya melalui guest posting dan sebagainya.
  • Mendapatkan brand mention dari audiens.
  • Mempromosikan website secara rutin di berbagai sosial media, atau sekalian saja menggunakan paid promote yang sudah tersedia di media sosial.
  • Mendapatkan ulasan dari pengguna yang menyukai konten-konten Anda.

Contoh Optimasi Local SEO

Local SEO bisa Anda terapkan jika website Anda merupakan website bisnis yang lokasinya jelas atau memiliki toko fisik. Beberapa langkah optimasi local SEO, misalnya:

  • Mendaftarkan website (dan bisnis Anda) di Google My Bussiness. Lengkapi semua data yang diminta, mulai dari foto, lokasi atau alamat lengkap, deskripsi, jam buka, jenis bisnis, dan sebagainya.
  • Listing business dengan cara mendaftarkan bisnis pada mitra ketiga yang relevan. Misalnya, mendaftar dalam direktori pengusaha kuliner Indonesia, mendaftarkan produk kuliner di platform khusus produk makanan, e-commerce, dan sebagainya.
  • Mendapatkan customer review dari pelanggan yang telah mengunjungi website Anda.

Optimasi SEO meliputi

Contoh Optimasi Technical SEO

  • Mempercepat loading website berdasarkan panduan Google.
  • Memastikan keamanan website dengan memasang SSL.
  • Tidak ada masalah dengan crawlability dan UX website.
  • Setting mobile friendly.
  • Struktur website dan schema sudah benar. 
  • Tidak ada elemen yang bergeser

Anda sudah tahu apa itu SEO, jenis-jenis SEO, bahkan contohnya. Namun sebelum menerapkan teknik SEO di atas, perdalam lagi pengetahuan Anda dengan mempelajari Apa Itu SEO On Page dan Kenapa Penting Dilakukan? 

19 pemikiran pada “Pengertian SEO, Jenis SEO, dan Contohnya”

  1. Baru tau kulitnya doank aku mah tentang SEO. Kalau mau dibongkar habis,. wahhh… Bisa nggak kelar sehari nih belajarnya. Komplit banget. Pengen fokus belajar deh kalau ada kelas SEO

    Balas
  2. Aku selama ini tahunya cuma SEO offpage dan onpage
    Belum juga bisa menaklukkan SEO offpage, eh ternyata masih ada SEO lainnya
    Dan ini akan jadi daftar PR aku untuk terus belajar SEO
    Soalnya SEO ini penting banget buat blogger ya mas

    Balas
  3. Jadi inget kelas BRT yang udah kasih ilmu banyak.banget tentang SEO. Makasih banyak mas pewe dan monic, jadi makin paham dengan SEO karena dulu ga nerapin SEO kalo ngeblog

    Balas
  4. Hmmm… jadi paham jenis-jenis SEO dan contohnya. Cuma masih agak bingung nih kalau sudah berkaitan dengan SEO On page dan teknikal SEO. Bikin tulisannya dong …

    Balas
  5. Jagonya nge-blog, kak Pewe dan kak Monic yang senantiasa berbagi ilmu.
    Semoga dengan tiap rangkaian kata di dalam artikel ini bisa kita praktekkan agar SEO tulisan kita makin mantap!

    Balas
  6. wah kalau mas Pewe udah nggak diragukan lagi lah skillnya nggak kaleng kaleng ini. Makasih sharingnya Mas. sudah ada beberapa yang kayak udah otomatis dilakukan tapi kadang ada juga yang males dilakukan. Sekarang blogku malah DAnya terjun bebas tapi ya sudahlah…nulis aja dulu Mas. Kalau dipikirin suka bikin stresssss

    Balas
  7. lengkap banget nih ya mas serba serbi SEO nyaa, mesti sinau dan praktikin terus nih pelajaran2-pelajaran SEO nya ke blog

    Balas
  8. Wuih ilmu banget ini. Saya agak lemot euy kalau urusan begini. Kudu baca pelan-pelan banget, prakteknya apalagi udah keder duluan huhuhu. Saya ijin save artikelnya ya, mas. Nanti baca lagi kalau bener-bener lowong. Biar ngertiiii

    Balas
  9. Dulu ngeblog cuma asal nulis dan gak paham teknik SEO. Makin ke sini makin sadar, ternyata banyak yang harus diperbaiki supaya Mbah Google mau mampir ke blog saya.
    Makasih sharingnya, Mas Pewe.

    Balas
  10. Aku juga sudah buktikan Local SEO dengan mendaftarkan bisnis kita di Google My Business atau Google Bisnis Profile bisa mendongkrak pencarian dan bahkan konversi dari bisnis kita Mas, ilmu SEO ini agile, cepat berubah-ubah mengikuti kebutuhan pengguna tapi sangat penting untuk dipelajari dan diimplementasikan

    Balas
  11. Akhirnya kutemukan tentang materi SEO yang simple tapi padat dan jelas. Langsung ada jenis-jenisnya gitu. Jadi kan enggak bingung lagi. Apa itu SEO On page, off page dan lainnya.

    Balas
  12. Pas banget saya membutuhkan artikel tentang ulasan SEO ini, makasih sharingnya. Jujur sejak menulis di blog setahun lalu tidak memikirkan SEO, nulis nulis saja.

    Balas
  13. Punya blog personal maupun website bisnis memang sebaiknya ditunjang dengan SEO. Walau gak mudah (alias gak konsisten) penerapannya, tapi ya harus dilakukan.

    Balas
  14. Flow internal link untuk SEO onpage ini masih jadi PR banget buatku, kemarin2 masukinnya ngasal semua hikss.. alhasil kayaknya ada ratusan artikel yang internal linknya aneh ngga ada aliran atau flownyaa huhu. OTW benerin satu-satu, lumayan kalau sehari bisa benerin satu ya kak. terimakasih banget pencerahannya

    Balas
  15. Selama ini hanya tau SEO On Page dan SEO off Page aja, ternyata masih ada lagi SEO lainnya yang penting untuk diperhatikan ketika mengelola blog.
    Setelah baca tulisan Mas Pewe jadi tau, selanjutnya saya harus optimasi Local SEO.
    Terima kasih sharingnya, Mas

    Balas
  16. Saya pas ngeblog, hanya sekadar ngeblog, mase. ternyata harus belajar SEO juga ya, Mas, agar performa blog semakin bagus. Dan ternyata jenis SEO itu banyak. Saya baru sampai menguasai SEO On Page dan SEO Off Page. Terima kasih sharingnya, Mase.

    Balas
  17. Ternyata bermanfaat daftara di Google My Business ini ya mas. Aku kemarin ikut-ikuta aja bikin, tetapi tenyata ini termasuk Local SEO yang bisa mengoptimasikan bisnis kita.

    Balas

Tinggalkan komentar