Apa Itu Brotli? Inilah Sistem Kerja dan Keunggulannya

Belum ada komentar
Ditulis oleh Mas Pewe

Penulis pe-we.com sekaligus pemiliknya ini menyenangi segala hal tentang SEO.

Untuk saat ini, pengalaman pengguna atau user experience menjadi salah satu strategi ampuh untuk meningkatkan SEO. Pasalnya, pengunjung akan merasa puas dengan web yang bisa diakses lebih cepat. Nah, hal ini bisa kamu lakukan dengan bantuan kompresi Brotli. Lantas, apakah kamu sudah paham terkait apa itu Brotli?

Menurut survey, sebanyak 40% pengguna akan meninggalkan web yang butuh waktu lebih dari 3 detik untuk memuat. Oleh sebab itu, akses WordPress hosting yang cepat memang sangat diperlukan untuk terus mempertahankan jumlah pengunjung pada sebuah situs atau web. Dan nama domain dengan menggunakan angka biasanya berkesan negatif. Jika kamu ingin cek domain, yang paling cepat adalah DomaiNesia.

Apa Itu Brotli?

Brotli adalah suatu algoritma kompresi yang berfungsi untuk optimasi website. Algoritma yang dikembangkan oleh Google ini, memang cocok untuk mengkompres format teks. Hal ini karena Brotli menggunakan kamus frasa umum dan kata kunci dari sisi server dan klien.

Alhasil, rasio kompresi yang diberikan bisa lebih baik. Untuk bisa memaksimalkan penggunaan Brotli pada browser, pengguna perlu membangun sebuah dukungan pada browser tersebut. Ya, pada dasarnya Brotli sendiri merupakan algoritma kompresi dengan kode LZ77, yang digunakan juga oleh gzip.

Sebelum banyak dikenal seperti saat ini, dulunya Brotli hanya digunakan untuk mengompres teks atau font saja. Namun tidak untuk saat ini, karena sudah banyak pengembang yang telah memanfaatkan Brotli untuk data berupa halaman web.

Cara Cek Browser Mendukung Brotli

Web browser yang mendukung penggunaan Brotli, akan mengirimkan kode ‘br’, pada bagian permintaan utama penerimaan-penyandian. Ketika Brotli aktif pada server web, maka pengguna akan menerima respons dengan format yang sudah dikompres dalam bentuk Brotli.

browser yang kompatibel dengan brotli

Dilansir dari situs Caniuse, Brotli sendiri disokong lebih dari 90% pengguna. Dan hampir semua web browser ternama semacam Mozilla Firefox, Google Chrome, Safari, dan Microsoft Edge telah mendukung algoritma kompresi Brotli.

Mungkin saat ini hanya Internet Explorer yang belum mendukung penggunaan Brotli. Akan tetapi, ketika melakukan konfigurasi, kamu dapat mengkonfigurasi server web untuk mendukung sebagian penyandingan sama halnya seperti yang dilakukan oleh gzip.

Sistem Kerja Brotli

Mungkin kamu bertanya-tanya, apakah sistem Brotli dapat berjalan secara efektif ketika melakukan kompresi data? Nah, setelah mengetahui apa itu Brotli, sekarang simak beberapa sistem kerja Brotli yang ada di bawah ini.

  • Para pengguna bisa mengakses web melalui browser, yang sedang berjalan pada server yang mendukung pengguna Brotli.
  • Saat pengguna mengakses web tersebut, maka secara otomatis browser akan memberitahu server mengenai jenis konten apa saja yang dapat dikompresi menggunakan format permintaan.
  • Kemudian server menerima permintaan tersebut, lalu menetapkan jenis konten yang harus dikompresi.
  • Nantinya melalui content-Encoding, server akan memberitahukan kepada browser mengenai hasil dan juga metode yang digunakan.
  • Lalu browser akan mengembalikan data atau file yang tadinya berbentuk zip, menjadi data yang terpisah (compressed) sebelum akhirnya ditampilkan pada bagian halaman web.

Keunggulan Webpack Brotli

Seperti yang sudah diketahui, jika setiap sistem kompresi mempunyai satu tujuan saja, yakni untuk membuat web bisa lebih cepat diakses. Dengan proses transfer data yang efisien, tentu saja membuat proses loading halaman web berjalan lebih cepat.

Jadi para pengunjung tidak perlu menunggu waktu terlalu lama untuk melihat tampilan website. Lalu apa saja keunggulan yang membuat sistem kompresi Brotli lebih baik dari yang lainnya, berikut ini beberapa alasan yang perlu kamu ketahui.

1. Akses halaman web lebih cepat

Ketika ukuran dari data web telah dikompresi menjadi lebih kecil, tentu saja pengunjung hanya membutuhkan data transfer (bandwidth) yang lebih sedikit untuk dimuat. Semakin kecil bandwidth yang digunakan,maka akses halamannya akan semakin kencang.

keunggulan menggunakan brotli

Dengan ini, maka web milikmu bisa lebih mudah untuk menduduki peringkat tertinggi di SERP (hasil pencarian Google). Sehingga kemungkinan jumlah pengunjung yang masuk lebih besar, karena mereka lebih percaya dengan web-mu.

2. Pengalaman pengguna yang lebih baik

Penggunaan sistem Brotli akan membantu proses kompresi website, sehingga web tersebut bisa diakses dengan mudah. Hal itu berarti para pengunjung yang telah mencobanya akan merasa lega dan juga bahagia.

Pada dasarnya, setiap perusahaan ingin web yang dikelola bisa bekerja dengan baik dan diakses lebih kencang. Dengan begitu, maka akan memberi pengalaman yang lebih baik bagi para pengunjung, sehingga mereka tidak ragu untuk berkunjung kembali di lain waktu.

3. Dukungan untuk web browser

Perlu diketahui, bahwa pada awalnya Brotli ini tidak disokong oleh sebagian besar aplikasi web browser. Sebab, sistem yang digunakannya dinilai lumayan rumit. Kendati demikian, seiring perkembangan jaman tampaknya hal itu sudah tidak berlaku.

Untuk saat ini, hampir semua browser ternama sudah menyematkan sistem Brotli. Jadi para pengguna bisa menemukan dan menjalankannya dengan mudah.

Karena kegunaannya yang sangat penting, kebanyakan website saat ini telah menerapkan sistem algoritma kompresi ini. Jika kamu juga tertarik untuk menggunakannya juga, pahami dengan betul apa itu Brotli agar nantinya tidak ada kesalahan atau masalah di kemudian hari.

Tinggalkan komentar