Pentingnya Menjaga Kesehatan Fisik dan Mental

Pandemi virus corona tidak hanya mengancam kesehatan fisik setiap orang, tetapi juga mengancam kesehatan mental mereka. Tidak hanya rasa takut, efek psikologis yang ditimbulkannya juga bisa menimbulkan akibat yang serius. Masalah kesehatan mental apa yang akan muncul dan bagaimana Anda bisa mengatasinya?

Infeksi virus corona atau COVID-19 semakin meluas dan menginfeksi lebih dari 190 negara, termasuk Indonesia. Di Indonesia sendiri, jumlah pasien positif COVID-19 meningkat pesat.

Menjaga kesehatan mental selama pandemi virus corona

Hal ini tentu saja menimbulkan ketakutan dan kepanikan. Selain itu, muncul nasehat untuk tinggal di rumah dan kebijakan social distancing yang sekarang disebut physical distancing.

Bagi sebagian orang, hal ini terasa seperti tekanan atau beban yang sangat besar. Jika dibiarkan, tekanan ini akan berdampak negatif bagi kesehatan mental. 

Gangguan kesehatan mental saat terjadi pandemi virus corona

Gangguan kesehatan mental yang terjadi selama pandemi dapat disebabkan oleh berbagai alasan. Seperti ketakutan terhadap wabah, perasaan terasing saat diisolasi, kesedihan dan kesepian akibat hubungan dengan keluarga atau kerabat, kecemasan akan kebutuhan sehari-hari, dan timbul kebingungan. Belum lagi kebingungan akibat informasi yang masih simpang-siur.

Ini tidak hanya memengaruhi orang yang sudah memiliki masalah kesehatan mental, seperti depresi atau gangguan kecemasan umum. Tetapi juga dapat memengaruhi orang yang sehat secara fisik dan mental. Beberapa orang yang rentan stres psikologis selama pandemi virus corona adalah anak-anak, lansia, dan tenaga medis.

Stres yang terjadi selama pandemi ini dapat menimbulkan bentuk gangguan sebagai berikut:

  • Ketakutan dan kecemasan yang berlebihan tentang keselamatan diri sendiri dan hal-hal yang berkaitan erat dengan diri sendiri.
  • Perubahan pola tidur dan makan.
  • Kebosanan tinggal di rumah.
  • Kesulitan berkonsentrasi. 
  • Penyalahgunaan minuman keras dan narkoba. 
  • Kesehatan fisik yang memburuk terutama pada penderita penyakit kronis seperti diabetes dan tekanan darah tinggi.
  • Munculnya penyakit psikosomatis.

Asuransi Syariah PRUTect Care - Hospital Cash | Pentingnya Menjaga Kesehatan Fisik dan MentalTips menjaga kesehatan mental saat terjadi pandemi virus corona

Berikut beberapa langkah untuk menjaga kesehatan mental selama pandemi virus corona:

  • Lakukan olahraga fisik

Anda bisa melakukan berbagai latihan ringan, seperti jogging atau lompat di tempat selama WFH atau karantina di rumah. Melalui latihan fisik, tubuh Anda memproduksi endorfin yang dapat mengurangi stres, mengurangi kecemasan, dan memperbaiki suasana hati.

Latihan peregangan dan pernapasan juga bisa membantu Anda menenangkan diri. Juga berjemur dengan sinar matahari pagi untuk memperkuat daya tahan tubuh dan menambah beberapa vitamin yang terbentuk secara natural untuk tubuh.

  • Makan makanan bergizi

Konsumsilah makanan yang mengandung protein, lemak sehat, karbohidrat, vitamin, mineral dan serat. Berbagai nutrisi bisa Anda dapatkan dari beras dan biji-bijian, buah-buahan, sayuran, seafood, daging, kacang-kacangan, dan susu.

Asupan nutrisi yang cukup tidak hanya dapat menjaga kesehatan fisik, tetapi juga secara langsung maupun tidak langsung menjaga kesehatan mental Anda.

  • Hentikan kebiasaan buruk

Jika Anda seorang perokok, silakan coba hilangkan kebiasaan buruk ini mulai dari sekarang. Merokok meningkatkan risiko infeksi bakteri, termasuk virus corona.

Selain itu, konsumsi minuman beralkohol juga harus dibatasi. Kebiasaan merokok dan meminum minuman beralkohol dapat mengganggu kesehatan fisik dan mental Anda. Kebiasaan buruk lainnya yang perlu dihentikan adalah ketidakmampuan untuk cukup istirahat atau begadang.

Jika Anda tidak cukup istirahat, Anda akan cenderung merasa cemas dan suasana hati Anda akan lebih tidak stabil.

  • Ciptakan rutinitas Anda sendiri

Selama masa isolasi mandiri di rumah, Anda dapat melakukan hobi atau aktivitas yang Anda sukai, seperti memasak, membaca buku, atau menonton film. Selain meningkatkan produktivitas, aktivitas tersebut juga dapat menghilangkan rasa bosan.

  • Pilah informasi dengan bijak

Batasi waktu Anda untuk menonton, membaca, atau mendengar berita tentang pandemi di TV, media cetak, atau media sosial untuk mengurangi kecemasan. Meski begitu, jangan sepenuhnya mengisolasi diri Anda dari informasi penting.

Urutkan informasi yang Anda terima untuk dipilah dengan ketat dan bijak. Dapatkan informasi tentang pandemi virus Corona dari sumber yang dapat dipercaya.

  • Menjaga komunikasi dengan keluarga dan teman

Luangkan waktu untuk berkomunikasi dengan keluarga, teman- teman, dan kolega, baik melalui pesan teks, panggilan telepon, atau panggilan video. Anda dapat berbagi kekhawatiran dan kecemasan Anda.

Dengan cara ini, Anda bisa mengurangi stres sehingga Anda bisa lebih rileks. Jika Anda memang menderita penyakit mental, minumlah obat yang diresepkan oleh dokter Anda secara teratur.

Jika perlu, periksakan ke dokter secara rutin agar dokter bisa memantau perkembangan kondisi Anda. Rasa takut dan cemas dalam pandemi ini adalah hal yang wajar. Bagaimanapun, mohon untuk selalu bersikap positif dan bersyukur. Jika stres dan ketakutan Anda parah, segera konsultasikan ke dokter.

Itu dia tips menjaga kesehatan mental dan fisik Anda untuk tetap sehat dalam menjalani pandemi virus corona hingga usai. Akan tetapi, dalam kehidupan sehari-hari setiap orang tidak bisa lepas dari risiko kehidupan, seperti mengalami kecelakaan, menderita sakit atau bahkan risiko tutup usia.

Risiko-risiko tersebut bisa terjadi kapan saja, di mana saja, dan menimpa siapa saja. Beberapa upaya bisa dilakukan untuk mengurangi risiko tersebut, di antaranya dengan selalu menjaga kesehatan dan memiliki proteksi kesehatan dan jiwa. Seiring merebaknya pandemi COVID-19 di Indonesia.

Masyarakat baik secara langsung maupun tidak langsung telah merasakan dampak terhadap kehidupan, kesehatan dan bahkan tidak sedikit keluarga yang mengalami krisis secara finansial karena Pandemi COVID-19. Salah satu yang memberikan ketenangan pikiran adalah memiliki asuransi. Asuransi menjadi salah satu dasar dari pondasi perencanaan keuangan Anda. Contohnya seperti Asuransi Syariah PRUTect Care – Hospital cash.

Asuransi Syariah PRUTect Care – Hospital Cash

OVO bersama Prudential meluncurkan Asuransi Jiwa Syariah PRUTect Care – Hospital Cash, sebuah produk asuransi jiwa syariah berbasis digital. Seperti menjawab sebuah pertanyaan kebanyakan masyarakat akan pentingnya kesehatan dan kehadiran produk asuransi oleh OVO dan Prudential.

Sebelumnya OVO memberikan survei setidaknya ada 3 berbanding 10 responden tertarik untuk memiliki asuransi syariah dengan basis produk digital. Terlebih ada dua pilihan kepersertaannya, yakni per bulan dan per tahun. Kontribusinya juga sangat terjangkau mulai dari Rp 5.000,- saja per bulan*.

Manfaat Memiliki Asuransi Syariah PRUTect Care – Hospital Cash

Asuransi jiwa kumpulan syariah PRUTect Care – Hospital Cash persembahan OVO dan Prudential memiliki manfaat antara lain:

  1. Santunan rawat inap sampai Rp 300.000 per hari selama 90 hari, manfaat meninggal dunia karena penyakit menular dan kecelakaan sampai Rp 63.000.000 dan manfaat-manfaat lainnya.
  2. Registrasi cepat, mudah dan online lewat aplikasi OVO.
  3. Klaim bisa dilakukan online lewat aplikasi Pulse dari Prudential.

Tata Cara Mendaftar Asuransi Syariah PRUTect Care – Hospital Cash

Pendaftaran sangat mudah dilakukan, melalui aplikasi OVO di sini penulis mencoba untuk mendaftar. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Masuk ke aplikasi OVO, pilih Proteksi, lihat detail dan pilih paket.
  1. Tata cara mendaftar Asuransi Syariah PRUTect Care - Hospital CashSaya memilih paket Silver, pilih paket per bulan atau per tahun. Fungsi Autodebet bisa di nonaktifkan atau bisa sesuai rekomendasi. Bila sudah, lalu tekan lanjutkan.
  1. Langkah mendaftar Asuransi Syariah PRUTect Care - Hospital CashIkuti langkah-langkahnya hingga selesai dan sampai ke tahap pembayaran. 
  1. Tata cara atau Langkah Mendaftar - PRUTect Care - Hospital CashSeperti terlihat pada gambar, pembayaran telah berhasil dan saya langsung memiliki layanan asuransi dengan dana yang minimal.
  2. Setelah pendaftaran telah diverifikasi, ada masa tunggu 30 hari untuk semua penyakit dan 180 hari untuk beberapa penyakit. Tidak ada masa tunggu untuk kecelakaan. Ketentuan lebih lengkap terdapat pada Sertifikat Asuransi.

Kesimpulan

Bagaimana? Mudah bukan? Jadi tunggu apa lagi, yuk segera daftar asuransi jiwa di PRUTect Care – Hospital Cash dari OVO | Proteksi. Memiliki asuransi jiwa membuat #SemuaTenangTerlindungi bersama PRUTect Care – Hospital Cash dari OVO | Proteksi. Jangan lupa, sebelumnya pastikan sudah mendownload aplikasi OVO ya di sini ya.

Tinggalkan komentar