Review Aplikasi Audiobook Storytel

Sayang sekali ya, akhir-akhir ini dilingkungan sekitar kita sering melihat seseorang yang darurat membaca. Kadang kala sering menelan informasi itu bula-bulat tanpa memahami isinya lalu imbasnya bisa terjadi hoaks. Hal ini disebabkan karena minimnya minat baca terutama di kalangan millenials.

Petuah bijak bahwasanya buku itu jendela dunia adalah benar adanya. Metode atau cara sederhana manusia bisa menambah wawasan dan pengetahuan melalui kegiatan membaca buku, buku apapun genrenya.

Daya serap anak-anak jaman now lebih mengagungkan belajar melaui audio dan visual. Daya tangkap mereka lebih cepat ketimbang harus membaca buku. Berbeda dengan Saya, yang sudah mengalami jaman tanpa adanya gawai hingga teknologi berkembang demikian pesatnya.

Fenomena tersebut tidak serta merta membuat sistem edukasi mati kutu, banyak developer yang berlomba-lomba untuk mengembangkan teknologi namun tetap tertuju kearah edukasi yang lebih baik.

Salah satunya adalah platform atau aplikasi audiobook yang dapat mendengarkan berbagai visual yang dibacakan oleh storyteller. Visual yang hadir berupa audio ini diambil dai buku best seller untuk menarik minat para penggunanya.

Ada Aplikasi audiobook yang baru-baru ini masuk ke Indonesia, tepatnya pada Maret 2022 lalu, yaitu Aplikasi Storytel.

Aplikasi Storytel

Storytel merupakan layanan streaming buku audio dan e-book berlangganan yang berasal dari Swedia dan juga merupakan salah satu platform audiobook terbesar di dunia.

Tak hanya menyediakan streaming book audio, Storytel juga bisa dinikmati bagi kalian yang hobi membaca dengan membaca ebook dari versi buku yang sebenarnya. Feel membaca buku seharusnya tak akan hilang di tengah populernya audiobook. Oleh karena itu, Storytel hadir tak hanya untuk yang memiliki hobi membaca, kalian yang tak suka membaca juga bisa mendengarkan streaming audiobook melalui storytel.

Storytel ini telah hadir di 20 negara. Dan kabar baiknya, aplikasi audiobook ini juga telah hadir di Indonesia dengan menawarkan ratusan ribu koleksi novel fiksi, Buku Best Seller, hingga rekomendasi buku terbaik.

Mengenal Audibook Storytel

Seperti berbagai novel fiksi populer dari luar negeri, diantaranya, kumpulan novel Harry Potter Audiobook, seri-seri dari Game of Thrones, ada juga judul buku Sapiens, hingga buku yang sukses di film kan seperti buku Hunger Games.

Selain koleksi buku-buku dari luar negeri, judul-judul buku dari dalam negeri pun bisa didengarkan melalui aplikasi Storytel Indonesia di antaranya, buku keren yang wajib punya Negeri Lima Menara, kisah seorang remaja tahun 90an Dilan, ada pula cerita Mariposa yang awalnya diangkat ada di wattpad, buku karya kak Tere Liye juga ada loh dengan judul Selamat Tinggal, Selain Tere Liye ada juga buku dari Kak Ika Natassa yaitu Divortiare, dan masih banyak judul buku lainnya atau novel fiksi populer karya anak bangsa yang bisa kamu temukan di aplikasi audiobook Storytel Indonesia ini.

Sekarang membaca dan mendengarkan buku terbaru bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja hanya dalam genggaman smartphone, terlebih lagi Aplikasi Storytel tersedia secara gratis. Kamu bisa mendownload Aplikasi Storytel untuk Android maupun Aplikasi Storytel untuk iOS.

Kamu juga bisa mencoba dulu aplikasi Storytel ini gratis selama 7 hari. Dan untuk selanjutnya, aplikasi Storytel menawarkan promo biaya berlangganan sebesar Rp 39.000. Cukup murah untuk dapat menikmati Baca Buku Online dari ribuan audiobook berkualitas yang ada di aplikasi Storytel ini.

Fitur di Aplikasi Storytel

Fitur Aplikasi Storytel

Storytel hadir dengan beragam fitur yang memungkinkan pengalaman mendengarkan audiobook Indonesia yang intuitif, serta mudah digunakan oleh semua pengguna. Berikut ini beberapa fitur yang ada aplikasi Storytel:

  • Adanya fitur pencarian untuk memudahkan pengguna mencari judul buku yang ingin didengar.
  • Pada Storytel ada juga pengelompokan koleksi buku berdasarkan kategori.
  • Buku yang difilter bisa di set berdasarkan abjad, penulis, narator, hingga tanggal rilis buku.
  • Deskripsi singkat namun tetap detail di setiap audiobook yang akan didengar.
  • Fitur Save book, untuk menyimpan buku-buku favorit guna didengarkan di lain waktu.
  • Adanya Bookshelf membuat pengguna dapat menemukan buku-buku yang telah disimpan di tab Rak Buku.
  • Bookmark untuk menyimpan posisi terakhir dari buku yang sedang dibaca.
  • Ada pengaturan kecepatan baca narator.
  • Download buku agar dapat didengarkan saat offline di manapun dan kapanpun.
  • Memiliki statistik untuk menampilkan laporan aktivitas membaca dan mendengar buku dalam 30 hari terakhir.
  • Adanya target cerita untuk memudahkan mengatur berapa lama serta berapa buah judul buku yang akan didengarkan.
  • Pengguna bisa juga menggunakan mode membaca di beberapa judul buku tertentu.
  • Tersedia Kids Mode dengan beragam koleksi audiobook khusus anak-anak. Dilengkapi Password saat beralih ke Mode Anak ataupun sebaliknya.

Buku Best Seller di Storytel

Manfaat Aplikasi Storytel

Selain fitur-fitur yang sudah disebutkan, ada banyak manfaat yang didapatkan dari aplikasi Storytel, mendengarkan novel dan banyak buku pengembangan diri yang bisa kita temukan di dalam aplikasi Storytel ini.

Hal ini bisa dijadikan sebagai pembelajaran, menambah wawasan, dan belajar hal-hal baru yang bisa menambah soft skill untuk upskill dan reskill pembangkan diri agar siap masuk dunia kerja. Selain itu dengan selalu mengikuti hal yang baru, otak kreatifitas akan terasah untuk lebih mengetahui ilmu yang belum pernah kita dapatkan.

Untuk anak-anak millenials mendengarkan itu lebih baik daripada membaca, karena jika mendengarkan kita bisa sembari berimajinasi tentang apa yang disampaikan storyteller atau narator. Sehingga jika kita mendengarkan beberapa judul buku pada aplikasi Storytel akan lebih menyenangkan karena bisa sekaligus melakukan aktifitas lain agar tidak bosan.

Kesimpulan

Storytel di Indonesia terbilang baru, kedepannya pasti juga akan selalu update dan pastinya banyak benefit untuk para penggunanya. Saat saya eksplorasi fiturnya saja sudah terkesima dengan ribuan judul buku yang siap didengatkan, apalagi bila nanti akan ada update-update baru yang menanti.

Install aplikasi Storytel sekarang aja biar kamu bisa coba dan eksplorasi sendiri, toh ada free trial 7hari kok atau kalau mau berlangganan juga sangat murah, hanya Rp. 39 ribu saja.

Tinggalkan komentar