Apakah Sulit Mengajukan Asuransi untuk Mobil yang Masih Kredit Syariah?

Sekarang banyak orang membeli mobil dengan kredit syariah. Di bandingkan kredit bank biasa, kredit syariah mobil dipandang lebih ringan, lebih Islami dan mudah digunakan. Karena berbagai aspek kelebihan ini, tidak aneh jika jalur kredit ini populer.

Masalahnya, banyak orang sering takut kredit syariah tidak ada cover asuransi. Semisal ada, apakah asuransi juga syariah atau bisa konvensional?

Pertanyaan-pertanyaan soal asuransi mobil yang masih di kredit saja sering membingungkan bagi masyarakat awam, apalagi seputar mobil yang di kredit syariah.

Untuk menjawab pertanyaan ini, mari bahas bersama dalam artikel berikut apakah kredit model syariah untuk mobil masih bisa di-cover asuransi.

Namun, sebelum mengetahuinya lebih jauh, Anda juga harus mengetahui apa itu premi asuransi

Kredit Syariah Tetap Bisa Dapat Asuransi

Pada dasarnya, kredit syariah untuk mobil sama seperti kredit konvensional untuk pengurusan asuransi. Selama Anda setuju membeli kredit dan menggunakan asuransi, Anda tetap harus bayar premi yang sudah tertera pada perjanjian kredit.

Hal yang berbeda hanya pada kontrak dan aturan yang harus dipenuhi. Pada kredit syariah, besaran bunga kredit berbentuk fix. Besaran ini nantinya disatukan dengan besaran premi asuransi yang disetujui. Karena lebih mudah dihitung, Anda bisa prediksi berapa besaran yang harus dibayarkan.

Di sisi lain, kredit konvensional akan bergerak tergantung rate bunga yang berlaku. Jika ada perubahan ekonomi, siap-siap saja bayar lebih banyak atau lebih sedikit cicilannya. Besaran premi yang harus dibayar tentu tetap, tapi karena bersamaan bunga yang dinamik, Anda akan lebih sulit melakukan simulasi akurat.

Selain perbedaan tersebut, kredit syariah tidak akan berbeda untuk urus asuransi. Hanya saja, Anda harus cek peraturan tiap perusahaan untuk detailnya. Beberapa perusahaan kredit dan asuransi memiliki aturan premi berbeda. Jangan menganggap semua perusahaan memiliki aturan sama karena nanti Anda sendiri yang akan kecewa.

Apakah Mendapat Asuransi Konvensional atau Asuransi Syariah

Anda sekarang tahu bahwa kredit syariah tetap bisa mendapatkan asuransi. Namun, apakah sudah tahu kredit apa yang akan didapat? Umumnya kredit yang didapat akan bergantung pada tiap perusahaan.

Jika kredit memiliki kontrak dengan asuransi konvensional, Anda akan dapat asuransi tersebut. Namun di sisi lain, Anda bisa dapat produk asuransi syariah jika pada detail kontrak mengatakan hal berbeda.

Karena bisa berbeda, Anda harus pastikan dulu dengan pihak kredit mobil seputar detail asuransi. Apa produk asuransi yang diberikan? Apakah ada aturan tertentu untuk bayar premi?

Berapa besaran rate premi yang berlaku? Apakah pengurusannya bisa sekaligus cicilan kredit atau harus membayar terpisah? Semua pertanyaan ini harus Anda pastikan dulu saat mengajukan kredit.

Pada beberapa perusahaan kredit, Anda bisa mengajukan permintaan asuransi terpisah. Jadi walaupun tidak dapat cover asuransi kendaraan langsung, Anda bisa gunakan perusahaan jasa asuransi sesuai kemauan Anda. Hal ini jauh lebih bebas daripada terikat dengan pihak perusahaan kredit.

Kredit Syariah Tetap Bisa Dapat Asuransi

Tips Memilih Tempat Kredit Syariah yang Tepat

Dari bahasan di atas, Anda bisa melihat betapa pentingnya memilih tempat kredit syariah untuk mobil.

Karena layanan pilihan asuransi bisa berbeda tiap perusahaan kredit syariah, Anda harus jeli dalam memilih. Mari bahas di sini beberapa tips yang dapat Anda gunakan untuk pilih kredit mobil syariah!

Memastikan Penyedia Kredit Memiliki Brand yang Baik

Brand perusahaan jasa kredit yang kuat adalah tanda perusahaan yang sukses. Umumnya perusahaan seperti ini jauh lebih baik digunakan daripada bank atau penyedia kredit yang tidak terlalu dikenal.

Selalu Tanya Detail Soal Aturan dan Syarat Kredit Mobil Syariah

Pada tempat kredit syariah, pastikan Anda gali semua detail syarat dan aturan yang berlaku. Tiap tempat memiliki aturan tersendiri soal ini. Jadi agar tahu persisi syarat dan aturan cocok, Anda harus tanya-tanya detail.

Pastikan Jasa Kredit Memiliki FItur Modern dalam Pelayanan

Fitur layanan modern seperti CS 24 jam, kebutuhan digital pembayaran dan bahkan pengurusan pengajuan lewat aplikasi adalah contoh layanan yang sudah harus ada. Hal ini akan membuat pengurusan kredit lebih mudah.

Tempat Kredit Menawarkan Jasa Asuransi Juga

Saat cari jasa kredit mobil, cari saja yang tawarkan jasa asuransi juga. Jika bisa mengurus semua ini pada satu perusahaan, Anda tidak perlu lagi repot menguruknya. Sekali bayar lunas, Anda bisa selesaikan di tempat tersebut.

Sekarang Anda sudah tahu bahwa masalah asuransi pada kredit syariah untuk mobil tidak terlalu berat. Anda bisa sesuaikan kebutuhan bayar premi asuransi dengan kenyamanan membayar kredit. Jika sudah nyaman, Anda tentu tidak masalah melunasi kebutuhan mobil Anda.

Tinggalkan komentar