Mengenal Kelebihan dan Kekurangan Asuransi Mobil All Risk

Mobilitas masyarakat semakin tinggi dan hampir tiap orang membutuhkan transportasi untuk mobilitas utama, hal ini membuat kebutuhan akan kendaraan pribadi juga semakin tinggi.

Adapun lebih terjangkaunya harga mobil di pasaran sekarang ini membuat mobil tidak lagi masuk dalam kategori barang mewah. Meski demikian, mobil memiliki peranan penting menunjang mobilitas setiap hari.

Karena itu, penting untuk melindungi kendaraan kesayangan dengan asuransi mobil. Salah satu asuransi mobil terbaik yang bisa dipilih adalah asuransi Ramayana otoransi.

Sama seperti produk asuransi mobil pada umumnya, asuransi asuransi Ramayana juga memiliki dua jenis yang bisa dipilih, yaitu asuransi mobil All Risk dan TLO (Total Loss Only).

Nah, buat Anda yang ingin mengetahui apa saja kelebihan dan kekurangan asuransi mobil serta jenis-jenisnya tersebut, mari baca selengkapnya dalam artikel berikut!

Tentang Asuransi Mobil All Risk

Mengingat pentingnya kendaraan pribadi bagi pemiliknya, maka memberikan perlindungan kiranya menjadi suatu kebutuhan. Perlindungan yang dimaksud bisa berupa asuransi mobil.

Seperti dijelaskan sebelumnya, untuk asuransi mobil sendiri bisa dibedakan menjadi asuransi mobil All Risk dan TLO (Total Loss Only).

Adapun pada kesempatan kali ini Anda akan diajak mengenal asuransi mobil jenis All Risk atau asuransi mobil comprehensive.

Seperti namanya, Asuransi mobil All Risk adalah jenis asuransi yang memberikan perlindungan pada mobil dari bermacam risiko yang mungkin terjadi. Sebut saja mulai dari kecelakaan, kerusakan akibat kerusuhan, mobil hilang dicuri, atau rusak akibat bencana alam.

Di bandingkan asuransi mobil TLO, asuransi all risk mempunyai premi cukup besar. Hal ini kiranya sangat sebanding dengan perlindungan yang bakal diberikan pihak perusahaan asuransi.

Beberapa hal yang di-cover asuransi satu ini yaitu:

  • Benturan, kecelakaan, tergelincir, terbalik, atau terperosok.
  • Kerusakan roda karena kecelakaan.
  • Tindak perbuatan kejahatan oknum tidak bertanggung jawab.
  • Kebakaran dan sambaran petir.
  • Pencurian yang disertai atau tanpa kekerasan.
  • Biaya derek dan pengangkutan ke lokasi bengkel terdekat.
  • Berbagai sebab dan risiko yang disebabkan penyeberangan laut menggunakan feri.
  • Pengecualian yang tertulis dalam polis asuransi All Risk.

Keuntungan Asuransi Mobil All Risk

Jika Anda memiliki asuransi mobil All Risk, setidaknya ada 3 keuntungan yang akan Anda dapatkan, di antaranya:

1. Mobil Mendapat Perlindungan Total

Jika memiliki asuransi all risk Anda tidak perlu lagi merasa khawatir dengan risiko kerusakan yang dapat menimpa mobil kesayangan. Baik kerusakan kecil atau besar selama masih masuk dalam polis kiranya Anda tidak perlu takut klaim ditolak.

Jadi cukup berbeda dengan asuransi TLO yang memiliki persyaratan klaim bisa diajukan jika kerusakan mobil sama dengan atau di atas 75% dari harga mobil sebelum mengalami kerusakan.

2. Cakupan Manfaat Lebih Luas

Cakupan manfaat yang dijanjikan lebih luas, setidaknya dibanding asuransi TLO.

Perluasan perlindungan ini memberi jaminan lebih untuk risiko-risiko khusus seperti kerusuhan, bencana alam, hingga tanggung jawab kepada pihak ketiga bila terjadi kecelakaan yang merugikan orang lain.

3. Memberi Jaminan Ketenangan Pemilik Mobil

Dengan memiliki asuransi all risk yang akan melindungi kendaraan Anda dari bermacam risiko, maka Anda tidak perlu lagi merasa cemas jika hal buruk terjadi.

Setidaknya beban biaya perbaikan yang seharusnya dikeluarkan bisa Anda hemat karena semua akan ditanggung perusahaan asuransi. Hidup jadi lebih nyaman dan tenang, demikian pula dengan finansial Anda.

Kekurangan Asuransi Mobil All Risk

Adapun apa yang menjadi kekurangan asuransi all risk kiranya dari segi biaya. Biaya yang harus dibayar lebih mahal dibanding asuransi TLO lantaran perlindungan yang diberikan berupa perlindungan total.

Sebenarnya bisa dimengerti mengapa harga premi bulanan atau tahunan lebih mahal untuk All Risk, namun bagi sebagian orang jelas hal ini menjadi kekurangan terlebih bila mobil yang diasuransikan bukan tipe mewah.

Asuransi Ramayana

Meski masih memiliki kekurangan, namun dengan adanya manfaat yang diberikan kiranya memiliki asuransi mobil benar suatu keharusan.

Adapun salah satu produk asuransi yang layak Anda pertimbangkan yaitu asuransi Ramayana. Mengapa produk asuransi ini direkomendasikan?

Salah satu alasannya karena adanya perluasan jaminan asuransi yang bisa digabung ke dalam polis dasar. Asuransi ini pun tidak hanya disediakan untuk mobil pribadi saja tetapi juga ada produk asuransi perlindungan kendaraan alat-alat berat.

Asuransi mobil Ramayana menawarkan sejumlah benefit sebagai berikut:

  • Emergency Road Assistance (ERA) atau layanan mobil derek gratis.
  • Penggantian biaya kerugian yang disebabkan karena kehilangan, kerusakan, benturan, tergelincir, terbalik, terperosok, kebakaran, banjir, hingga pencurian.
  • Ganti rugi kecelakaan supir dan penumpang.
  • Tanggung jawab hukum pihak ketiga.
  • Penggantian biaya akan kerugian yang disebabkan pemusnahan sebagian atau seluruh bagian kendaraan atas perintah pihak berwenang seperlu mencegah menjalarnya kebakaran.
  • Pengecualian polis dengan tambahan premi.
  • Kerusakan yang menyebabkan kerugian saat berada di atas kapal penyeberangan di bawah pengawasan Direktorat Jenderal Perhubungan Darat.

Tinggalkan komentar