Festival Gerakan Warung Nasional, Festival Warung Terbesar

Jakarta, pe-we.com – Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Republik Indonesia, Teten Masuki membuka gelaran Festival Gerakan Warung Nasional (FGWN) pada 14 Desember 2019 lalu di Lapangan Banteng, Kota Jakarta Pusat. Festival Gerakan Warung Nasional ini merupakan festival warung terbesar sejak didirikan pada November 2017 silam.

Tokopedia melalui Mitra Tokopedia ikut juga berkolaborasi dengan Warung Pintar dan mitra lainnya dalam menggelar festival ini. “Festival Gerakan Warung Nasional merupakan puncak perayaan Gerakan Warung Nasional, sebuah gerakan dari Tokopedia bersama mitra strategis untuk mengajak masyarakat mengembangkan ekosistem warung,” sebut CEO dan Co-Founder Tokopedia William Tanuwijaya.

Festival Gerakan Warung Nasional (FGWN) - Lapangan Banteng Jakarta
Festival Gerakan Warung Nasional (FGWN) – Lapangan Banteng Jakarta

Bapak Teten, Menteri Koperasi dan UKM ini mendukung kegiatan yang sangat positif ini, beliau juga sangat mendukung apresiasi dalam membantu memajukan perekonomian warung serta mengakselerasikan pemerataan ekonomi Indonesia merata secara digital.

Sebanyak kurang lebih 15 ribu mitra yang tergabung dalam Mitra Tokopedia dan Warung Pintar diundang dalam pagelaran Festival Gerakan Warung Nasional (FGWN). Semuanya diharapkan berpartisipasi dalam pertumbuhan ekonomi masa depan Indonesia.

Agung Bezharie Hadinegoro selaku CEO dan Co-Founder Warung Pintar berkata, “Lewat Festival Gerakan Warung Nasional, Warung Pintar ingin mendukung komitmen para juragan warung yang ingin bertumbuh tanpa batas menggunakan sistem teknologi yang mudah dipakai dan dipahami.”

Gratis Masuk Untuk Umum

Festival Gerakan Warung Nasional dapat dinikmati oleh seluruh kalangan, ada juga kegiatan-kegiatan menarik yang diantaranya ada area Main-main Warung, Santai di Warung, Museum Warung, dan Jajanan Warung.

Festival Gerakan Warung Nasional (FGWN) - Lapangan Banteng Jakarta
Festival Gerakan Warung Nasional (FGWN) – Lapangan Banteng Jakarta

Pengunjung dapat masuk melalui registrasi yang terbilang mudah, hanya menulis nama, nomor telepon dan tanda tangan/paraf. Setelah memenuhi kewajiban registrasi, pengunjung dapat masuk ke area festival tanpa dipungut bayaran sepersen pun.

Festival Gerakan Warung Nasional yang pada tahun 2019 ini hanya diadakan pada 14 dan 15 Desember 2019, sangat ramai pengunjungnya. Animo masyrakat dalam menyambut Festival Gerakan Warung Nasional sangat antusias. Masyrakat yang berkunjung bisa bersantai menyantap kuliner yang disajikan dengan harga yang sangat murah.

Saat saya hadir dalam Festival Gerakan Warung Nasional, saya tak sengaja mendengar salah seorang pengunjung mengajak tetangganya melalui ponsel miliknya untuk ikut dalam festival ini, mereka menjadikannya sebagai sarana area hiburan dan liburan bagi masyarakat. Banyak permainannya juga untuk anak-anak seperti mandi bola, tembak bola, memancing, dan lain-lain.

Panggung Festival Gerakan Warung Nasional

Selain area jajanan murah dan area bermain dalam pagelaran Festival Gerakan Warung Nasional, ada juga panggung hiburan yang menampilkan atraksi serta hiburan lenong khas betawi dan lagu-lagu hits masa kini. Jadi pengunjung tidak melulu terputar-putar di area makanan dan bermain saja, tetapi bisa bersantai menikmati sajian panggung Festival Gerakan Warung Nasional.

Festival Gerakan Warung Nasional (FGWN) – Lapangan Banteng Jakarta
Festival Gerakan Warung Nasional (FGWN) – Lapangan Banteng Jakarta

Acara-acara pada panggung Festival Gerakan Warung Nasional di hadiri oleh beberapa artis lokal yang antara lain adalah Orkes Hamba Allah, Tanjidoran Betawi, Nunung CS, Wali Band, Lesti Kejora, Willy&Friends, Angklung Satra Muda, Ucupop, Sulap Ajaib, dan The Jawirs.

Selain itu ada juga obrolan menarik tentang warung, antara lain diisi oleh Warung Pintar, Mitra Tokopedia, OVO, OJK, BI, SAHARA, Indosat, Kibif, dan masih banyak lagi. Oh ya, di Festival Gerakan Warung Nasional juga banyak bertabur hadiah hanya bermodal foto-foto dan diunggah ke sosial media, lalu kita mendapatkan stiker-stiker dan dikumpul ke panitia guna diundi dengan hadiah-hadiah menarik.

Adapula hiburan air mancur show yang dinyalakan pada jam-jam tertentu sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan pada susunan acara Festival Gerakan Warung Nasional. Kemeriahan festival ini tersirat dari banyaknya pengunjung yang hadir, panjangnya antrian ketika berlomba, dan lain sebagainya.

Related articles

17 Comments

  1. Buatku yang punya warung tentunya seruuuu. Keren juga ya kreasi dan ide-idenya kak. Salut buat warung nasional.

  2. Wah keliatan meriah ya ms PW ditambah lagi masuknya juga gratis, auto rame deh. Kalo untuk event seperti FGWN ini apa hanya ada di Jakarta ato kayak tour ke berbagai wilayah di Indonesia ms? Soalnya selama kerja di Semarang kok belum pernah menemukan festival ginian yak.

  3. Semoga warung yang ada mampu bersaing dengan warung modern… ini salah satu wujud dukungan pemerintah dengan mengadakan kegiatan seperti diatas..nah tugas kita sekarang adalah memasyarakatkannya… kalau tampilan warung seperti itu kreatifnya…ditambah didukung cara bayar yang variatif..semoga warung bisa maju seperti warung modern seperti saat ini.

  4. Waah keren ya, festivalnya gratis untuk umum, banyak acaranya juga di sana. Semoga nanti bakal ada juga di kota-kota lain.

  5. Walau zaman semakin mau dan menjamur minimarket, tapi warung tetap sangat dibutuhkan dan membantu ya, Mas Pewe. Apalagi bagusnya zaman now warung juga berinovasi menyesuaikan dengan pekembangan zaman. Mau bayar berbagai tagihan, kirim uang dan lainnya tinggal ke warung terdekat saja. keren festival gerakan warung nasionalnya, Mas. Semoga warung-warung di Indonesia semakin maju dan berkembang. Aamin.

  6. Bisa jadi ajang silaturahim dan saling kenall antara seller juga ya Mas. Semoga Tokped bener2 bisa merangkul UKM anak bangsa di tengah situasi ekonomi yg ga terlalu menguntungkan rakyat kecil

  7. Pantesan rame. Liat dong Mitranya rame bener dan gak kaleng2. Aku bersyukur banget ada gerakan Warung Nasional ini. Campaign positif yang encourage masyarakat untuk sering2 belanja di warung. Dan ada pulak festivalnya. Jadi orang yg datang makin tersadarkan dengan keberadaan warung khususnya warung pintar.

  8. Bagus juga ya gebrakan tokopedia, nggak cuma jadi marketplace online tapi juga mengajak kerjasama marketplace offline yang keberadaannya ditengah masyarakat mulai memudar karena adanya marketplace online. Semoga tahun depan kalau ada acara warung nasional gini juga bisa ikutan akunya.

  9. Kalau setiap tahun di provinsi atau kota besar berbeda bisa adain event ini pasti bakal keren nih, menyatukan umat dalam gerakan warung nasional. Silaturahminya nambah, ilmu bisnisnya juga bisa nambah, pastinya membantu meningkatkan perekonomian masyarakat Indonesia.

  10. Ada festivalnya juga ya warung pintar ini, aku kalau ke sana pasti ya nyarinya makanan. Seru dong pasti kalau ketemu pejuanh juragan warung lainnya, biar nggak kegilas nih sama minimarket ya

  11. Ini baru keren gerakan warung nasional dan adanya gerakan warung pintar untuk menghidupi masyarakat menengah ke bawah semoga dengan adanya festival ini bisa meningkatkan perekenomian Indonesia

  12. Baru tahu saya ada Festival Gerakan Warung Nasional kayak gini. Pastinya seru sekali bisa menghadiri festival tersebut. Apalagi tersedia juga panggung hiburan dan kuliner yang ramah di kantong. Terbuka untuk umum pula. Keren deh.

  13. Wah seru bangeet ya festivalnya. Sudah saatnya mengapresiasi warung-warung ya biar nggak kalah sama Mart mart.

  14. Tokped kerenlah ya bisa ngadain Festival GWN ini. Sekarang lebih banyak masyarakat yg hobi belanja ke mini market daripd ke warung tetangga. Padahal belanja di warung kan bisa bantu perekonomian lingkungan sekitar kita, gak cuma masuk ke para pengusaha gede aja. Semoga di kota lain juga ada festival macam begini.

  15. Mantap nih, dengan adanya gerakan warung nasional ini maka akan semakin banyak pula UMKM yang terbantu ya, terutama pengusaha warung-warung kecil begitu. Dengan membuka warung, yakin deh bisa membantu perekonomian pemilik usahanya sekaligus membantu meningkatkan perekonomian bangsa juga.

  16. Tokped ini bukan hanya sekedar toko online aja ya tapi juga mau offline menggadakan skegiatan seperti ini! Memang luar biasa banget dah

  17. Sepertinya sangat seru acaranya.

    I tokopedia menyeponsori juga ta Kak? Padahal kan ini gerakan warung nasional semacam ajakan untuk belanja di warung kan ya. Iya gak sih. Hihi.

Leave a reply

Please enter your comment!
Please enter your name here