5 Cara Lindungi Diri dari Virus Covid-19

Hingga hari ini, pandemi virus Covid-19 masih melanda Indonesia. Virus yang bermula dari Wuhan, China, sejak akhir 2019 lalu telah merenggut nyawa dari berbagai negara di belahan dunia.

Bahkan di Indonesia saat ini angka penderita Covid-19 masih terus bertambah. Agar terhindar dari virus ini, berikut 5 cara lindungi diri dari virus covid 19.

5 Cara Lindungi Diri dari Virus Covid-19

Siapa sih yang ingin sakit dan tertular virus Corona? Jawabannya, pastilah tidak ada satu pun yang ingin tertular. Nyatanya, kita tak bisa memungkiri bahwa kita bisa saja tertular tanpa disengaja, mengingat kadang kita masih perlu bertemu dengan orang lain atau masih harus berangkat kerja di luar rumah.

Untuk meminimalkan risiko tertular Covid-19, berikut 5 cara yang bisa dilakukan untuk melindungi diri sendiri juga orang-orang tersayang yang ada di dekat kita.

  1. Hindari Keluar Rumah Jika Tak Penting

Saran dari Pemerintah sebenarnya sudah jelas bahwa untuk memutus mata rantai penyebaran virus alangkah lebih baiknya kita tinggal di rumah saja. Itu sebabnya, masih banyak kota di Indonesia yang menerapkan PSBB.

Maka salah satu cara yang bisa kita lakukan adalah meminimalkan aktivitas bepergian keluar rumah jika tak penting, apalagi misalnya mendatangi tempat keramaian, nongkrong, atau pergi liburan ke tempat wisata yang ramai.

Andaikan memang terpaksa harus keluar rumah karena urusan sangat mendesak atau terkait pekerjaan yang jadi pemasukan keluarga, usahakan mengenakan masker dan pelindung diri lainnya. Jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan dan jaga jarak dengan orang lain.

  1. Menggunakan Masker

Jika berada di luar rumah, jangan lupa untuk mengenakan masker demi melindungi diri sendiri dan melindungi orang lain. Masker pastikan terpasang dengan benar dan menutup dari bagian bawah mata hingga ke bagian bawah dagu. Jangan memakai masker secara asal-asalan dan menganggap penggunaan masker hanya sebagai syarat semata.

Percayalah, menggunakan masker dengan cara yang benar bisa meminimalkan risiko Anda tertular virus atau menghindarkan pula virus terbawa oleh Anda hingga ke rumah. Satu lagi, pastikan masker yang digunakan sesuai dengan standar masker yang bisa mencegah virus masuk, misalnya masker yang memang untuk kesehatan, masker kain tiga lapis produk homemade, dan sejenisnya.

  1. Periksa Diri Jika Kurang Sehat

Dalam aktivitas sehari-hari jelas kita tak bisa menghindari yang namanya kondisi tubuh mendadak turun akibat berbagai faktor, entah debu, cuaca, makanan, atau alergi. Ketika mulai terlihat gejala tubuh kurang sehat, maka segera periksa diri ke layanan kesehatan terdekat. Minumlah multivitamin untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

Jika ada batuk atau bersin, tutuplah mulut dan hidup dengan tisu dan buang tisu ke dalam tong sampah sesegera mungkin. Usahakan untuk rajin cuci tangan dengan sabun dan air mengalir untuk mencegah kuman, bakteri, atau virus yang berdiam di tangan kita dalam waktu lama.

Cara Lindungi Diri dari Virus Covid-19
Hand Sanitizer – Cara Lindungi Diri dari Virus Covid-19

  1. Bawa Hand Sanitizer

Hand sanitizer merupakan salah satu produk wajib yang perlu kita sediakan di rumah dan selalu kita bawa ke mana pun kita pergi. Tujuannya agar bisa tetap menjaga kebersihan tangan kita dan terhindar dari kuman, bakteri dan virus.

Sering yang terjadi, kita tanpa sadar menyentuh berbagai benda di sekitar kita, entah meja, kursi, pegangan pintu di tempat umum, tombol lift, pegangan di kereta, taplak meja di restoran dan sebagainya.

Tangan bisa jadi media penyebaran berbagai penyakit. Untuk itu, segera bersihkan tangan dengan hand sanitizer. Ada banyak merk hand sanitizer terbaik yang bisa kita gunakan untuk menjaga kebersihan tangan.

  1. Rajin Membersihkan Benda yang Sering Disentuh

Jika tangan bisa menjadi media pengantar berbagai kuman, bakteri dan virus, begitu pun dengan benda-benda yang sering kita sentuh. Benda-benda ini misalnya smartphone, buku catatan, pulpen, meja, laptop, tablet bahkan tempat tidur.

Rajin-rajinlah membersihkan setiap benda yang sering kita gunakan dan kita sentuh. Kita bahkan bisa membersihkan berbagai benda dengan hand sanitizer, kain bersih denan antiseptik, atau untuk tempat tidur bisa sering-sering mengganti seprainya.

Inilah 5 Cara Lindungi Diri dari Virus Covid-19 yang bisa kita lakukan. Semoga virus segera berlalu dan kehidupan kita bisa normal lagi. Namun sambil menunggu, tetaplah jaga diri, jaga kesehatan, dan jangan lupa jaga jarak.

Related articles

Leave a reply

Please enter your comment!
Please enter your name here