Memahami Cara Kerja Asuransi Mobil, Keuntungan dan Rekomendasi Terbaiknya

Fungsi utama asuransi tak hanya menjadi pengalihan risiko saja, melainkan juga sebagai penghimpun dana. Salah satunya, asuransi mobil yang berfungsi memberikan perlindungan atau proteksi atas kerugian yang terjadi.

Cara kerja asuransi satu ini adalah menutup biaya perbaikan, seperti kerusakan akibat kecelakaan, perbuatan jahat, kebakaran, maupun kehilangan karena dicuri orang.

Setelah mengetahui apa fungsi utama asuransi mobil, Anda yang tertarik memberikan perlindungan terbaik bagi kendaraan kesayangan dapat mengetahui daftar lengkap asuransi mobil.

Namun, sebelum mengetahuinya, terlebih dahulu kenali dulu asuransi mobil, jenis-jenisnya serta keuntungan memberikan perlindungan satu ini.

Mengenal Asuransi Mobil

Seperti dijelaskan sebelumnya, asuransi mobil merupakan produk perlindungan yang memberi ganti rugi finansial saat memperbaiki kerusakan mobil. Jenis asuransi yang dipilih akan memengaruhi bentuk kerusakan yang dilindungi.

Beberapa asuransi mobil memberikan perlindungan kerusakan akibat kecelakaan, karena bencana, aksi kerusuhan, atau kehilangan sesuai yang tercantum di dalam polis. Sementara itu, beberapa lainnya menawarkan perlindungan lebih spesifik.

Jenis-Jenis Asuransi Mobil

Secara umum, asuransi mobil yang umumnya dipilih nasabah adalah dua jenis:

Asuransi All Risk

Asuransi All Risk memberikan perlindungan secara menyeluruh yang mencakup kerusakan akibat kecelakaan, aksi kerusuhan, bencana alam (seperti terendam banjir), dan risiko kehilangan.

Jenis ini memberi perlindungan total dan sebanding dengan nilai preminya yang lebih mahal di bandingkan jenis TLO.

Asuransi TLO

Asuransi Total Loss Only (TLO) memberi perlindungan yang terbatas dan cenderung dibuat spesifik. Mayoritas hanya melindungi kerusakan kecil di bawah 75% dan risiko kehilangan.

Beberapa lagi hanya melindungi kerusakan kecil pada kendaraan, dan memang jenis ini punya premi lebih ringan.

Keuntungan Memiliki Asuransi Mobil

Memiliki asuransi mobil dapat memberikan berbagai keuntungan berikut:

  1. Meminimalkan Pengeluaran saat Terjadi Kerusakan

Mobil adalah jenis aset yang selain nilainya terus menurun juga memiliki biaya perawatan yang tidak murah.

Mulai dari biaya service rutin per 3 atau 6 bulan sekali, belum lagi biaya tinggi jika mengalami kerusakan akibat kecelakaan. Memiliki asuransi mobil membantu meminimalkan biaya-biaya ini. 

  1. Mendapatkan Biaya Pertanggungan ke Pihak Ketiga

Asuransi untuk mobil bisa memberikan perlindungan pertanggungan kepada pihak ketiga. Misalnya, saat mengemudi dan kemudian menabrak pengemudi lain.

Kerusakan kendaraan orang yang ditabrak bisa ditutup oleh asuransi yang dimiliki. 

  1. Mendapatkan Layanan Tambahan

Asuransi kendaraan juga memberi layanan tambahan, misalnya layanan untuk upgrade perlindungan, mendapatkan layanan dari bengkel di luar kota, dan sebagainya.

Masing-masing perusahaan punya layanan tambahan berbeda, silakan ditanyakan untuk menimbang perusahaan mana yang akan dipilih.

Rekomendasi Asuransi Mobil Terbaik

pahami cara kerja asuransi mobil

1. Asuransi Sinar Mas

Asuransi Sinarmas (ASM) merupakan perusahaan asuransi yang berada di bawah naungan grup Sinar Mas. Perusahaan ini menawarkan berbagai program asuransi, salah satunya adalah perlindungan mobil atau kendaraan.

Asuransi ini memberikan pertanggungan lengkap untuk polis yang dipilih dengan periode pertanggungan yaitu antara satu bulan hingga satu tahun. Asuransi jenis ini menawarkan dua pilihan produk yaitu asuransi mobil all risk dan asuransi mobil TLO.

Asuransi ini menawarkan dua produk dengan polis dan manfaat berbeda yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan nasabah. Persentase asuransi mobil all risk dan TLO ditentukan berdasarkan harga mobil dan wilayah.

2. Asuransi Adira Autocillin

Autocillin merupakan produk asuransi mobil Adira Insurance yang memberikan jaminan terhadap  mobil kamu.

Jaminan yang diberikan Asuransi Mobil Autocillin meliputi jaminan Comprehensive dengan rerata premi asuransi mobil yang berbeda sesuai jenis jaminan yang dipilih.

Saat ini, Autocillin dilengkapi dengan fitur-fitur terbaik, seperti Emergency Roadside Assistance, dan fitur pelayanan seperti Autocillin Mobile Claim Application, serta Autocillin Mobile Service agar secara terus menerus dapat memberikan pelayanan terbaik dengan proses yang simpel.

3. Asuransi Tugu Pratama

Asuransi Tugu Pratama merupakan anak usaha Pertamina yang berbisnis di bidang asuransi. Untuk mendukung kegiatan bisnisnya, hingga 27 Desember 2021, perusahaan ini telah memiliki 12 kantor cabang dan 22 titik penjualan dan layanan yang tersebar di seluruh Indonesia.

Tugu Pratama Indonesia adalah perusahaan asuransi umum yang unggul dengan pilihan produk asuransi mobilnya.

Ada tiga pilihan kategori produk yang ditawarkan oleh Tugu Pratama Indonesia, yaitu asuransi korporasi, retail (individu), dan asuransi berbasis syariah. Keunggulan produk ini adalah harga terjangkau.

4. Asuransi ACA

ACA Asuransi menghadirkan produk unggulan yaitu asuransi mobil all risk dan TLO. Adapun manfaat pertanggungan yang diberikan keduanya mencakup kerusakan sebagian hingga total, bahkan penggantian mobil baru jika hilang akibat pencurian.

Kedua manfaat tersebut bisa diperluas dengan manfaat tambahan seperti risiko banjir, tanggung jawab pihak ketiga, dan masih banyak lagi.

Selain itu, kelebihan asuransi ini adalah banyaknya bengkel berkualitas yang menjadi rekanannya sehingga perbaikan mobil bisa lebih terjamin.

5. Asuransi MAG

Asuransi MAG adalah perusahaan asuransi umum yang dikelola oleh  PT Multi Artha Guna Tbk. Selain kesehatan dan perjalanan, salah satu produk yang dihadirkan oleh MAG ini adalah asuransi mobil. Asuransi inilah yang menjadi produk unggulan dari MAG dengan manfaat polis lengkap dengan premi murah.

Melalui perlindungan asuransi mobil MAG yang bernama Magna Mobil, kerugian yang tidak diinginkan seperti tabrakan atau bahkan kehilangan kendaraan dapat diatasi.

Perlindungan magna mobil dapat diperluas dengan kerusuhan, banjir, tanggung jawab hukum terhadap pihak ketiga, kecelakaan atas pengemudi dan atau penumpang.

6. Asuransi Mega Insurance

Mega Insurance adalah perusahaan asuransi umum yang dikelola oleh PT Asuransi Umum Mega. Produk yang ditawarkan adalah asuransi mobil, asuransi kesehatan, asuransi perjalanan, dan asuransi properti.

Salah satu polis unggulannya adalah asuransi mobil (Mega Kendaraan) yang memberikan manfaat asuransi mobil dan kecelakaan diri sekaligus.

Sama dengan yang lainnya, asuransi Mega Kendaraan bisa menanggung dua jenis asuransi, yakni asuransi mobil all risk dan TLO. All risk memberikan cakupan jaminan terhadap berbagai kerusakan yang terjadi pada mobilmu dengan syarat maksimum usia kendaraan adalah lima tahun.

Sementara TLO merupakan layanan perlindungan menyeluruh (all-risk) yang menjamin kerusakan menyeluruh (total loss) atau kerusakan sebagian (partial loss).

7. Asuransi Simas Insurtech

Simasnet atau PT Asuransi Simas Insurtech merupakan salah satu perusahaan yang bergerak di bidang asuransi umum di Indonesia. Simasnet merupakan anak perusahaan dari PT Asuransi Sinar Mas.

8. Asuransi Tokio Marine

Tokio Marine Life (PT Tokio Marine Life Insurance) adalah perusahaan asuransi jiwa yang telah mendapatkan izin usaha Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Tokio Marine Life menyediakan produk suransi jiwa berjangka sekaligus asuransi kesehatan, dengan manfaat limit tahunan sampai Rp1 miliar hingga tidak terbatas (unlimited) serta mampu menanggung hingga usia 99 tahun.

Tokio Marine memiliki beberapa produk asuransi kendaraan. Selain memiliki dua jenis jaminan, yakni jaminan komprehensif, Tokio Marine juga menawarkan jenis asuransi tanggung jawab hukum terhadap pihak ketiga.

9. Asuransi ABDA

Asuransi ABDA adalah perusahaan asuransi umum yang dikelola oleh PT Asuransi Bina Dana Arta Tbk. Dari sekian banyak produk ABDA, Asuransi Mobil ABDA adalah yang menjadi unggulannya.

Asuransi ini memberikan manfaat lengkap, mulai dari pengisian atau penggantian AKI, penggantian ban bocor, hingga pengantaran bahan bakar minyak (BBM).

Selain itu, asuransi ABDA juga menawarkan layanan Road Side Assistance 24 Jam dengan membeli asuransi kendaraan bermotor comprehensive (all riks) yang terdiri atas beberapa manfaat berikut.

  • Jasa derek 24 jam akibat kecelakaan maupun mogok karena kerusakan mesin.
  • Fuel delivery atau pengantaran bensin jika kehabisan di perjalanan.
  • Battery Boosting untuk aki lemah.
  • Locksmith, yaitu jasa membuka pintu kendaraan jika kunci tertinggal di dalam.
  • Flat tire, yaitu penggantian ban cadangan.

10. Asuransi Garda Oto

Asuransi Garda Oto adalah produk asuransi mobil yang dikelola oleh PT Asuransi Astra Buana. Beberapa keunggulan Asuransi Mobil Garda Oto di antaranya adalah manfaat polis lengkap, layanan antar-jemput ke dan dari bengkel, serta garansi suku cadang asli.

Itulah alasan penting memiliki asuransi mobil dan keuntungannya, serta rekomendasi produk terbaiknya. Silakan dipertimbangkan sesuai kebutuhan dan kemampuan finansial Anda!