iPhone 12 Rilis di Indonesia, Haruskah Saya Beli?

Oktober lalu waktu Apple mengenalkan iPhone 12, jujur saya tidak tertarik untuk gantikan iPhone 11 yang telah satu tahun ini digunakan.

Rasa-rasanya tidak perlulah up-grade karena mempunyai smartphone adalah sebuah kebutuhan saja, yah walaupun iPhone masuk sebagai salah satu jajaran smartphone favorit saya. Toh iPhone yang ada sekarang performnya masih lancar, dan selama ini tidak ada masalah yang berarti.

iPhone 12, Smartphone Impian

Tetapi semuanya berbeda 180 derajat saat memegang iPhone 12. Walaupun cuman sebentar memakainya, saya jatuh cinta dengan hp ini.

Mau tahu kenapa begitu?

Nih ku kasih bocoran dan fakta-faktanya:

Ketika Apple belum secara resmi meluncurkan iPhone 12 di Indonesia. Saya sih sudah pegang smartphone ini melalui pinjaman dari salah satu teman saya yang sama-sama pencinta teknologi.

Entah teman saya mendapatkan dari mana, yang jelas resmi menurut dia. Kesemua kepentingan pajak sudah juga dibayar, menurutnya. Hingga IMEI piranti ditegaskan tercatat dan HP juga bisa terima sinyal kok, jadi tak di blokir oleh pemerintah Indonesia, ya karena legal.

Saat unit iPhone 12 pinjaman itu sampai ke tanganku, karena sekaligus memohon kepada temanku itu untuk bisa sekalian unboxing, ce ile gaya anak jaman now begini ini lah.

Sesuai dengan artikel saya terdahulu di blog pewetekno, penjualan Apple dengan mengususng iPhone 12 ini benar-benar penjualannya tanpa charger dan headset, hingga saat ini pun masih banyak yang kontra dan pro akan hal itu.

Kalau bagi saya sih tidak jadi masalah, sebab hingga saat ini pengisi daya dan headset dari iPhone 11 masih disimpan dalam kotak paketannya. Semuanya masih berguna, charging head misalnya, memakai IT Socket 65 Pengisi daya 65W. Jadi tak masalah tuh, bila kalian mempunya charger daya dan headset IPhone lama Anda, akan juga compatible dengan iPhone 12.

Sudah sejak 2014 Apple menggunakan tepian meliuk pada gadgetnya, kecuali iPhone SE angkatan pertama. Piranti yang dikeluarkan 2016 itu masih mengangkat design lama yang sama dengan iPhone 5.

Sekarang sesudah demikian lama raksasa teknologi asal Cupertino ini kembali lagi mengaplikasikan pinggiran datar pada hp anyarnya dengan diberi sentuhan baru tentunya. Kolaborasi tampilan dan desain yang sekarang, bikin penampilan iPhone semakin kece.

Saat dipegang pas dan oke pada tangan, tidak gampang terpeleset dan sangat nyaman. Mungkin saja karena dimensi HP ini, yang sekarang adalah Apple yang langsing. Dimensi pada iPhone 12 ini memepunyai lebar 7,4 mm, beda dengan iPhone 11 yang lebarnya 8,3 mm.

Saya jadi jatuh cinta dengan iPhone 12. Walau beratnya cuman beda 30 gr dari IPhone seri sebelumya, namun berasa sangat ringan pada tangan.

Menurut saya yang agak kurang adalah bagian belakang dari iPhone 12 ini yang mudah meninggalkan sidik jari. Apalagi tangan saya yang sering berkeringat, tentu akan terlihat kurang nyaman apabila smartphone ini terkesan menjadi agak kotor.

Tambahan casing diperlukan untuk menghilangkan kesan kotor karena terkena keringat ditangan dan ya lumayan lah bisa juga melindung smartphone yang akan menjadi kesayangan ini dari benturan atau yang terpeleset tak sengaja dan jatuh. Berdasarkan pengalaman sih pinggiran dari smartphone ini, agak rentan, jadi tetap berhati-hati saja.

Masalah tombol dan port tidak ada yang berbeda dari pendahulunya. Apple menjelaskan iPhone 12 sudah mengantongi IP68. Soal menyelam di air, HP ini sanggup berada sampai kedalaman enam meter dan bertahan selama 30 menit.

Pada Iphone seri sebelumnya monitor menggunakan IPS LCD, dan pada iPhone 12 menggunakan OLED. Sangat kentara sekali bedanya, dilema nih, padahal ini iPhone 12 pinajaman kawan, bisa-bisa kubeli aja punya kawan saya. Hehehe.

Karena suport Dolby Vision HDR membuat reproduksi warna dan rasio kontrasnya baik sekali. Bersiap-siaplah mata dimanja saat melihat siaran di Netflix, YouTube dan Apple TV+. Tetapi masih menjadi catatan nih, monitor iPhone 12 belum bisa menyamai monitor yang dimiliki Samsung Galaxy Catatan 20 Ultra atau Oppo Find X2 Pro.

Dimensi layar pada iPhone 12 masih 6,1 inch dengan resolusi 2532 x 1170 pixel. Menyuguhkan gambar tajam dan jernih dan bisa disaksikan di seluruh pojok. Bezelnya lebih tipis semakin nikmat dilihat.

Apple melapisi monitor dengan ceramic shield yang diklaim lebih kuat 4x dari kaca perlindungan yang ada di pasar saat ini. Tetapi ingat tetap saja harus waspada, dan tidak ada salahnya untuk tetap membeli tambahan tempered glass.

Yang tambah membuat saya terkesan adalah ketika menikmati suara di iPhone 12, yaitu speaker-nya. Walau sama mengangkat stereo speaker, produksi suara semakin lebih keras daripada iPhone 11.

Kembali ke Pemiliknya

Padahal masih banyak yang harus diulas mengenai smartphone iPhone 12 ini, saya belum cukup puas bersamanya, akan tetapi smartphone tersebut harus kembali kepada pemiliknya, sungguh sangat sedih hati ini.

Kesimpulan

Ini masih sedikit yang diulas, namun saya terkesan sedikit baper dikarenakan smartphone tersebut hanya pinjaman. Apabila nanti sudah terbeli iPhone 12 nya, maka akan saya kupas tuntas mengenai tingkat kehandalan smartphone tersebut.

Untuk performa dan kehandalannya, iPhone 12 merupakan smartphone yang layak sekali di beli. Jadi, kalau kalian bagaimana pendapatnya? apakah sama dengan saya?

Tinggalkan komentar