Dewan Kerajinan Nasional atau bisa disingkat Dekranas, tahun 2019 ini menyelenggarakan pameran Kriyanusa yang bertempat di Balai Kartini, jakarta. Kementrian Komunikasi dan Informatika juga turut andil guna mempromosikan gelaran Pameran Kriyanusa 2019 dengan menyelenggarakan Temu Netizen Kriyanusa 2019.

Kriyanusa adalah sebuah simbolis dan sebuah ikon yang juga sebagai wadah promosi Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) melalui pameran kerajinan terbesar. UMKM ini merupakan binaan dari Dekranas yang ada di seluruh Indonesia. Ajang pameran kerajinan yang diadakan di Balai Kartini, Jakarta berlangsung mulai tanggal 11 sampai 15 September 2019.

Kriyanusa Indonesia merupakan aset negeri kita karena kita mampu menciptakan magnet tersendiri terhadap kerajinan-kerajinan Indonesia ke seluruh dunia. Salah satu yang paling mencolok itu pada industri pariwisata yang bisa menarik minat wisatawan mancanegara dengan beragam kerajinan yang unik.

Widodo Muktiyo - Kriyanusa 2019 Majukan Karya Anak bangsa
Widodo Muktiyo – Kriyanusa 2019 Majukan Karya Anak bangsa

Indonesia perlu digaungkan menjadi produsen kerajinan bermutu, harganya kompetitif, dan produknya bisa dipercaya, sebut Direktur Jendral Informasi dan Komunikasi Publik Kemenkominfo, Bapak Widodo Muktiyo. “Ini bagian penting untuk terus digaungkan di media sosial. Yang pny follower banyak bisa menggaungkan Kriyanusa secara positif,” lanjutnya.

Ucapan Bapak Widodo Muktiyo ini disampaikan melalui acara Temu Netizen Kriyanusa 2019 yang diselenggarakan di bilangan Semanggi, Kembang Goela Restaurant, Jakarta tanggal 09 September 2019.

Temu Netizen Kriyanusa 2019

Masih dari Bapak Widodo Muktiyo, menurutnya beberapa aktivasi sedang dan akan dilakukan guna mensosialisasikan kegiatan Kriya Nusantara. Pameran Kriyanusa 2019 sekarang ini juga mengusung tema Peningkatan Daya Saing Produk Kerajinan Melalui Pengembangan Kreatifitasan dan Kewirausahaan.

Simbol pada Kriyanusa 2019 adalah kuncup bambu muda yang lembut, diibaratkan bila kuncup bambu yang muda itu beranjak dewasa akan menjadi sebuah bambu yang kuat dan kokoh. Harapannya kegiatan ini akan dapat terus berkembang setiap tahunnya. Tidak hanya menampilkan pameran kerajinan Indonesia saja, akan ada fashion show, workshop, pentas seni, serta penampilan live musik.

Kriyanusa 2019 Majukan Karya Anak bangsa

Narasumber lain yang hadir pada acara Temu Netizen Kriyanusa 2019 adalah Direktur Informasi dan Komunikasi Perekonomian Maritim Ditjen IKP, Septriana Tangkary. Kemudian ada Sekretaris Jendral Dewan Kerajinan Nasional, Euis Saedah. Dan yang terakhir Ketua Bidang Humas, Promosi, dan Publikasi Kriyanusa, Triana Rudiantara.

Ibu Septriana Tangkary menuturkan dan menyatakan partisipasi ini merupakan wujud kerja dari Ditjen IKP. Beliau menegaskan kewajibannya untuk mempromosikan dan mensosialisasikan kegiatan Kriyanusa 2019 kepada seluruh lapisan masyarakat Indonesia. Pameran Kriyanusa 2019 sangat penting dalam usaha memajukan kretifitas pencapaian kerajinan anak bangsa, selain itu hasil dari UMKM yang didapat dapat mengangkat perekonomian rakyat.

Lalu Ibu Triana Rudiantara angkat bicara juga, mengajak ke seluruh lapisan masyrakat untuk menghadiri pameran Kriyanusa 2019 sebagai bentuk kepedulian terhadap kerajinan karya anak bangsa. Untuk ikut menghadiri pameran Kriyanusa 2019 ini tidak dipungut biaya alias gratis. Beliau juga menambahkan selain pameran kerajinan ada juga ragam kuliner Nusantara, siapa tahu ada yang kangen dengan kuliner dari daerahnya masing-masing, bisa datang ke pameran Kriyanusa 2019.

Kriyanusa 2019 Majukan Karya Anak bangsa
Kriyanusa 2019 Majukan Karya Anak bangsa

Netizen yang hadir dalam acara Temu Netizen Kriyanusa 2019, ada yang mengenakan pakaian dari produk kerajinan Indonesia. Mereka yang hadir mengenakan pernak-pernik kerajinan Indonesia ditantang untuk maju dan mempresentasikan tentang produk-produk kerajinan yang mereka kenakan. Sebelumnya juga ada Ibu Euis Saedah, Sekjen Dekranas yang memerkan beberapa produk kerajinan Indonesia yang sedang dikenakannya.

Kalau harapan saya pribadi, pameran Kriyanusa 2019 ini sangat mendidik generasi muda penerus bangsa. Memperkenalkan kerajinan Indonesia kepada khalayak ramai itu sangat penting, wisatawan mancanegara saja sangat tertarik akan hal ini, malu dong kalau kita sebagai tuan rumah tidak tahu atau tidak bisa membedakan mana yang memang kerajinan anak bangsa mana yang bukan (dibuat oleh mesin).

Yuk deh makanya datang ke pameran Kriyanusa 2019, biar paham, biar ngerti, dan biar terbuka pikiran kita bahwasanya kerajinan Indonesia itu mempunyai nilai yang tinggi. Acara Temu Netizen Kriyanusa 2019 ini ditutup dengan makan siang lalu foto bersama.

LEAVE A REPLY

SIlakan ketik komentarmu
Silakan Masukkan namamu disini