Banyak cara untuk berinvestasi, sebut saja seperti investasi properti yang terdiri dari tanah, rumah, apartemen, rumah kos, ruko, dan lain-lain. Ada pula investasi jangka panjang, seperti emas, asuransi, surat-surat berharga, atau reksa dana. Dari semua jenis investasi yang telah disebutkan tadi, ada tidak ya investasi yang tidak perlu mengeluarkan banyak dana? Kalau menurut saya sih ada, salah satunya investasi kendaraan, seperti investasi mobil, truk, dan bus.

Investasi bukan lagi diperuntukkan bagi orang-orang berkantong tebal saja, namun semua orang baik yang bekerja kantoran dan bergaji UMR, pengusaha UKM, atau profesi lainnya, tetap bisa berinvestasi. Apalagi di akhir tahun begini, saat banyak pekerja mendapatkan bonus akhir tahun, alangkah baiknya jika momen ini dimanfaatkan dengan mulai mewujudkan impian memiliki investasi jangka panjang. Contohnya, berinvestasi dengan memiliki mobil.

Apa yang perlu dipersiapkan agar bisa berinvestasi mobil? Hal pertama yang perlu dilakukan adalah menentukan, apakah hendak membeli mobil baru atau investasi mobil bekas. Kedua pilihan ini memiliki risiko yang berbeda dan perlu dipahami lebih dulu agar di kemudian hari tak ada sesal.

Narasumber: Ibu Ghita Argasasmita dan Bapak Halomoan Ficher.

Risiko membeli mobil baru tentu lebih kecil ketimbang membeli mobil bekas. Pengetahuan dan informasi mengenai mobil baru jauh lebih mudah didapat, misalnya dengan menghadiri berbagai pameran otomotif dan bisa pula bertanya langsung pada sales yang memberi penawaran kepada kita. Hal berbeda akan kita rasakan ketika hendak membeli mobil bekas. Biasanya, informasi dan pengetahuan mengenai kondisi mobil bekas yang akan kita beli cukup sulit didapat.

Saya pribadi telah melihat pengalaman adik ipar yang pernah membeli mobil bekas. Masalah umum yang seringkali dialami dan berpotensi menimbulkan risiko di kemudian hari terkait surat-surat yang tak lengkap, kondisi mesin yang tak sesuai keadaan sebenarnya, riwayat buruk mobil dan pengguna sebelumnya di masa lalu, sengketa, bekas kecelakaan dan bencana alam, maupun hal-hal lain. Penjual bisa dimaklumi akan menutupi semua informasi tadi demi mempertahankan harga jual mobil. Dengan kata lain, investasi mobil bekas lebih berisiko dibandingkan dengan membeli mobil baru, kalau tidak tahu caranya dan kurang berpengalaman dalam hal berinvestasi di bidang kendaraan.

Di sisi lain, meski memiliki risiko yang cukup tinggi, membeli mobil bekas sebenarnya cukup menguntungkan dalam hal umur investasi. Penyusutan harga juga lebih kecil dibandingkan kalau membeli mobil baru. Dana yang perlu disiapkan untuk mewujudkan impian punya mobil juga tidak sebesar kalau harus membeli mobil baru. Hal lain, orang juga tak akan terlalu peduli apakah kita membeli mobil bekas atau mobil baru.

Langkah selanjutnya agar kita bisa investasi mobil bekas dengan nyaman tanpa perlu merasakan pengalaman buruk adalah menggunakan pihak ketiga yang kredibilitas dan profesionalitasnya telah diakui. Pihak ketiga yang baik akan membantu kita melakukan berbagai persiapan, bahkan memberi informasi selengkap dan sedetail mungkin berkaitan dengan mobil yang hendak kita beli.

Saya berencana membeli mobil nih karena kasihan juga sama istri yang kalau pulang ke rumah orangtuanya ke mana-mana naik mobil, sementara kalau sama saya malah naik motor melulu. Dan pihak ketiga yang saya pilih untuk membantu saya melakukan pembelian mobil bekas dengan kondisi bagus adalah Mobil88, yang sudah terkenal sebagai bagian dari grup PT. Astra Internasional.

Acara Temu Blogger dan Media

Pada 11 Desember 2017, Mobil88 mengadakan acara temu blogger dan media di Cafe The Hook, Jakarta Selatan. Pada acara ini hadir pula Ibu Ghita Argasasmita, seorang Financial Planner, dan Bapak Halomoan Ficher sebagai Chief Operating Officer dari Mobil88 sebagai narasumber.

Di sesi pertama, Ibu Ghita Argasasmita menjelaskan pentingnya perencanaan secara finansial kepada para tamu undangan. Fokus temanya adalah pengelolaan keuangan bonus tahunan secara cerdas. Perencenaan dan pengelolaan yang dimaksudkan di sini, meliputi pajak, hutang yang harus dibayarkan terlebih dahulu, kemudian mengalokasikan dana sisanya untuk menambah aset, bisa berupa investasi atau lainnya.

Apabila ingin menambah aset berupa mobil, Ibu Ghita menyarankan untuk membeli mobil bekas saja. Kalau mempunyai dana lebih, setelah membeli mobil bekas, dana sisa yang ada dapat dialokasikan ke hal lain yang lebih bermanfaat. Sebaliknya, jika dana yang tersedia terbatas, maka menambah aset berupa investasi mobil bekas dapat menjadi pertimbangan utama.

Narasumber: Ibu Ghita Argasasmita – Financial Planner.

Keterbatasan dana dapat menjadi tantangan dalam mewujudkan impian mempunyai mobil bekas. Ibu Ghita Argasasmita menyebutkan, “Jika budget tidak memenuhi dalam membeli mobil baru, tidak ada salahnya membeli mobil bekas. Ada beberapa kelebihan dalam membeli mobil bekas, seperti pajak kendaraan lebih rendah dibanding mobil baru, begitu pun dengan premi asuransi pasti lebih rendah. Selain itu, penyusutan harga mobil juga lebih rendah karena penyusutan terjadi di tahun pertama dan kedua dibandingkan di tahun berikutnya.”

Pada sesi kedua, Bapak Halomoan Ficher, sebagai Chief Operating Officer (COO) dari Mobil88, ikut menjelaskan keuntungan-keuntungan dalam membeli mobil bekas sebagai bentuk investasi ataupun sebagai aset tambahan. “Membeli mobil pada saat ini fungsinya telah bergeser dari alat transportasi menjadi investasi, aset, serta lifestyle,” sebut Bapak Halomoan Ficher. Lalu beliau menambahkan, “Kita seharusnya cerdas pilih mobil, karena membeli mobil hanya ada dua pilihan, membeli mobil baru atau membeli mobil bekas.”

Seperti telah disebutkan Ibu Ghita Argasasmita, nilai penyusutan mobil bekas lebih murah dibandingkan kalau membeli mobil baru. Di tahun kedua nilai penyusutan tak lagi besar dan keuntungan membeli mobil bekas di mobil88 akan nampak baru dan jauh lebih murah.

Bapak Halomoan Ficher sempat bercerita mengenai pentingnya mengenal terlebih dahulu pihak penjual mobil agar bisa mendapatkan mobil bekas dengan kondisi yang bagus. Jelas menjadi suatu kerugian kalau kita membeli mobil bekas dengan kondisi yang tak bisa dipertanggungjawabkan, surat-surat tak lengkap, bekas kecelakaan atau terkena bencana alam, dan sebagainya. Beliau meyakinkan jika membeli mobil bekas di Mobil88 berarti kita terbebas dari masalah-masalah tadi.

Sejarah Singkat Mobil88 dan Mengapa Harus Memilih Mobil88?

Mobil88 berdiri sejak November 1988 yang merupakan anak perusahaan dari PT. Serasi Autoraya yang berada dalam naungan PT. ASTRA Internasional. Karena kebetulan berdiri di tahun 1988, itu menjadi brandmark dengan nama Mobil88.

Mobil88 sendiri hanya menjual mobil-mobil bekas berkualitas, bahkan mobil88 juga memberikan jaminan buyback guarantee atau garansi pembelian kembali sesuai dengan persyaratan yang ditentukan.

Mobil88 menjadi pilihan terpercaya penyedia layanan jual-beli beragam jenis kendaraan bekas dan paling berpengalaman di Indonesia. Selama 29 tahun berdiri, Mobil88 ini telah melayani kebutuhan perusahaan dan perorangan, baik untuk jual-beli dan tukar-tambah kendaraan.

Bersama para blogger

Di Mobil88 ini ada banyak beragam tipe mobil bekas yang bisa dipilih sesuai budget yang diinginkan. Penjualan mobil bekas dari Mobil88 ini sudah lebih dari 13.000 kendaraan, yang akan terus berkomitmen untuk memberikan rasa aman, kenyamanan, dan selalu menjaga kualitas kendaraan. Mobil bekas dari Mobil88 sangat terjamin kualitasnya, karena telah lulus proses seleksi dan quality control sesuai standarisasi. Ada inspeksi menyeluruh pula di 288 titik yang mencakup eksterior, interior, rangka, dan mesin.

Mobil88 memberikan buyback guarantee atau garansi pembelian kembali kepada semua pembeli mobil di Mobil88 dengan ketentuan yang meliputi:

  • Mobil belum dipindahtangankan.
  • Mobil digunakan sesuai dengan peruntukannya.
  • Mobil tidak diubah/dimodifikasi di luar standar.
  • Pembeli mobil tidak terlibat kasus hukum.
  • Tidak ditemukan faktor kesengajaann

Tahapan Proses Klaim:

  1. Mobil88 memeriksa kondisi mobil yang diklaim.
  2. Mobil88 melakukan investigasi dan verifikasi syarat dan ketentuan.
  3. Mobil88 memberi keputusan apakah klaim garansi disetujui.

Keuntungan membeli mobil bekas di Mobil88:

  • Dokumen asli dan bebas kasus hukum.
  • Mobil tidak pernah mengalami tabrakan yang menyebabkan perubahan struktur rangka
  • Mobil tidak pernah terendam banjir
  • Nomor rangka dan mesin sesuai dengan yang tertera BPKB dan STNK
  • Kilometer pada odometer tidak diputar balik alias tetap asli

Untuk pembelian di Mobil88, konsumen diberikan 2 opsi, yaitu membayar secara tunai dan kredit di perusahaan leasing rekanan Mobil88.

Untuk Informasi selengkapnya bisa menghubungi:
Website : www.mobil88.astra.co.id
Facebook : mobil88 Astra
Twitter : @mobil88astra
Instagram : @mobil88astra
Youtube : mobil88 Astra

1 Komentar

LEAVE A REPLY

SIlakan ketik komentarmu
Silakan Masukkan namamu disini