Hai para pembaca setia pe-we.com, kali ini saya mau berbagi tentang sistem Enterprise Resource Planning atau disingkat ERP. Ada yang sudah tahu belum maksud dari sistem ERP ini? Kalau belum, nah ini waktunya kita bahas bersama ya. Di artikel, saya akan ulas semuanya secara lengkap termasuk software atau perangkat lunak berbasis ERP, yaitu Software Cloud ERP Indonesia.

Pengertian ERP

Apa itu ERP? ERP adalah suatu konsep perencanaan dan pengelolaan sumber daya pada satu perusahaan. Hal ini mencakup budgeting, waktu, bahan, kapasitas, keuangan, dan lain-lain. Dari dasar pengertian tersebut dibuatlah satu sistem berbasis perangkat lunak agar semua pemrosesannya lebih tertata dan akurat. Apakah software ini sama dengan software akuntansi? Apa bedanya?

Sistem ERP terbaik
Dengan Menggunakan Sistem ERP Terbaik Pengelolan Perusahaan Akan Lebih terencana

Perbedaan Software ERP dan Software Akuntansi

Secara umum, software ERP dapat menjalankan hampir seluruh kegiatan operasional yang ada dalam perusahaan. Sistem ERP yang berjalan dapat dengan mudah disesuaikan dengan berbagai jenis model bisnis atau industri dari perusahaan. Jadi, baik perusahaan skala kecil, menengah seperti UKM, dan perusahaan dengan skala besar, dapat menggunakan software ERP ini.

Sementara kalau software akuntansi dirancang secara khusus untuk mempermudah kerja satu divisi saja. Contoh sederhananya begini: jika di masa lalu para akuntan suatu perusahaan melakukan pencatatan transaksi bisnis secara manual, maka dengan adanya software akuntansi mereka tinggal melakukan input data dan prosesnya akan berjalan secara otomatis dan praktis. Biasanya perusahaan dalam skala kecil banyak menggunakan software akuntansi ini.

Sudah paham kan ya bedanya? Oke, kita lanjutkan pembahasannya lebih mendalam pada Software Cloud ERP yang ada di Indonesia.

Software Cloud ERP Indonesia

Tidak bisa dipungkiri lagi kalau sekarang ini kita sudah memasuki era teknologi industri 4.0. Itu sebabnya, para pelaku bisnis harus mempunyai sistem perencanaan dan pengolahan bisnis yang tertata dengan baik. Tujuannya, agar dapat bersaing secara tepat data dengan para kompetitor dan perusahaan pun bisa semakin berkembang ke arah yang lebih baik.

Berdasarkan data yang dihimpun oleh Kementerian Koperasi, perkembangan bisnis Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Indonesia semakin memberikan kontribusi terhadap Pendapatan Domestik Bruto (PDB) Nasional sebesar 60,34% di tahun 2018. Di tahun yang sama, jumlah pelaku UMKM sudah mencapai 63,5 juta unit. Wah luar biasa bukan? Sayangnya, para pelaku UMKM tersebut masih kurang mendapatkan informasi mengenai perencanaan dan pengolahan data dalam bisnis mereka.

Saat ini, telah tersedia solusi yang bisa dimanfaatkan oleh para pelaku UKM untuk bisa melakukan perencanaan bisnis dengan lebih baik. Solusi tersebut adalah dengan menggunakan sistem ERP, sistem yang penerapannya sudah diimplementasikan pada software cloud ERP.

Di Indonesia memangnya sudah ada? Tentu saja sudah. Namun ternyata masih ada keraguan dari para pelaku UKM untuk menggunakan software cloud ERP ini.

Demi menghapus keraguan tersebut, saya mencoba membagikan pengetahuan dan informasi yang dibutuhkan terkait kelebihan serta kegunaan software cloud ERP Indonesia dan bagaimana software ini membantu memenuhi kebutuhan akan pemrosesan data bisnis dengan lebih baik.

Sejarah ERP

Sistem ERP merupakan pengembangan dari Manufacturing Resource Planning (MRP), sistem ini lahir di era 1990-an yang mempunyai peran penting dalam performa ekonomi negara adidaya. Dengan lahirnya sistem ERP ini menjadi suatu tonggak sejarah dalam proses industri.

Keunggulan Menggunakan Sistem ERP

Secara umum dan garis besarnya, menggunakan sistem ERP sangat disarankan untuk pelaku usaha mikro, menengah, hingga pelaku usaha sekala besar. apa saja manfaatnya?

  • Sistem ERP memudahkan proses pengendalian dan pemantauan proses bisnis. ERP juga dapat memberikan wawasan yang luas untuk membantu sebuah keputusan bisnis.
  • Aliran informasi akan selalu berjalan otomatis, dengan begitu proses bisnis bisa berjalan lebih sederhana dan responsif.
  • Dapat menyatukan beberapa divisi sekaligus dalam satu sistem ERP software cloud ERP, sehingga unit dan ekosistem bisnis terintegrasi dengan baik.
  • Perusahaan kecil dan menengah dapat beradaptasi dan berkembang ke arah yang lebih baik dengan fleksibilitas yang tinggi terhadap semua kebutuhan di masa yang akan datang.
Software Cloud ERP Indonesa
Fitur dan Modul Yang Terdapat Pada Sistem ERP

Contoh Modul Pada ERP

  • Sales Order Processing

Apapun jenis bisnis dari pelaku usaha, keuntungan akan didapat dari proses penjualan. Sistem ERP mempunyai modul penjualan yang fitur-fiturnya dapat diimplementasikan sesuai dengan kebutuhan pelaku usaha.

  • Purchasing

Modul pembelian yang terdapat pada sistem ERP mengotomatiskan identifikasi calon penjual, negosiasi harga, saat pembelian, hingga proses penagihan.

  • Production Planning

Sistem ERP ini sifatnya untuk produksi, sehingga implementasi perencanaan, optimalisasi, dan lain-lainnya dapat terdata secara lengkap dengan hsitory yang sangat kompleks.

  • Financial Accounting

Modul akuntansi juga ada pada sistem ERP. Semua data keuangan juga dapat disinkronisasi dari beberapa divisi atau departemen dalam satu perusahaan sehingga data yang ditampilkan akan lebih efisien.

  • Human Resources

Dalam pengelolaan sumber daya manusia dan modal manusia, modul pada sistem ERP akan secara berkala memeriksa database HR para pekerja secara lengkap seperti informasi kontak, rincian gaji, kehadiran, hingga promosi dan evaluasi dalam bekerja.

Dari data-data diatas menunjukkan betapa sangat powerfull-nya software cloud ERP ini. Lalu bagi para pelaku UKM lebih baik memilih yang mana diantara sekian banyak vendor software cloud ERP di Indonesia? Tentunya pilih sistem ERP terbaik dong yah. Karena dengan menggunakan aplikasi ERP terbaik tentunya akan dapat hasil yang terbaik pula. Apa pilihan ulis mengenai hal ini?

Saya menyarankan menggunakan software ERP SystemEver, sebuah software ERP yang memiliki kemampuan handal dan terpercaya dalam membantu perencanaan serta pengolahan dalam perusahaan. Dan merupakan salah satu vendor software ERP terbaik di Indonesia loh. Kenapa SystemEver menjadi pilihan saya?

Mengenal SystemEver Sebagai Salah Satu Software ERP Terbaik di Indonesia



Selama mempunyai akses internet, Anda dapat menggunakan software cloud ERP SystemEver ini kapan saja dan di mana saja dengan menggunakan platform apa saja, OS Android, Windows, hingga Macintosh keluaran dari Apple dapat dijangkaunya. Di Indonesia, SystemEver sendiri dalam pengoperasiannya sangat mudah digunakan. Agar kita semua dapat mengenal tentang SystemEver lebih jauh lagi, berikut penjelasannya:

Apa itu SystemEver?

SystemEver merupakan sebuah layanan sistem Cloud ERP yang perusahannya berasal dari negeri ginseng, Korea. Sistem ini dikembangkan juga di Indonesia, kemampuannya sangat baik dan mumpuni sehingga dapat membantu kinerja perusahaan dan solusi dalam perencenaan serta pengelolaan data.

SystemEver menawarkan berbagai kemudahan bagi para penggunanya, pasar dari SystemEver melalui sistem cloud ERP Indonesia ini lebih mengarah ke pasar UKM. Mereka juga dengan senang hati membantu para pelaku UKM untuk maju berkembang dan berjalan baik secara mandiri.

Software cloud ERP yang dipersembahkan oleh SystemEver di Indonesia sangat cocok diterapkan pada pelaku bisnis apapun, tidak perlu sampai investasi IT insfrastruktur, cukup dengan SystemEver saja.

Alasan Memilih SystemEver Sebagai Software sistem Cloud ERP

Software ERP terbaik di Indonesia - Software Cloud ERP Indonesia
Software Cloud ERP di Indonesia oleh SystemEver

Sudah Berpengalaman

SystemEver yang dikembangkan oleh perusahaan YoungLimWon (永林院) SoftLab Co., Ltd merupakan sebuah perusahaan ERP terkemuka di Korea, 27 tahun YoungLimWon telah bergelut di bidang yang sama. Ini membuktikan YoungLimWon sangat mengerti dan memahami kebutuhan dari pelaku bisnis sebagai pelanggannya. Selain itu YoungLimWon juga memiliki komitmen yang mulia, sebuah komitmen tulus untuk membuat bisnis dari pelanggannya maju dan berkembang.

Produk SystemEver (Versi)

Versi iSeries, ini merupakan modul dari sistem ERP atau produk khusus dari SystemEver. Berdasarkan versi, produk ini sudah diluncurkan sejak tahun 2014. iSeries ini terbagi dalam beberapa model yang sengaja dibuat khusus untuk pasar Indonesia, sesuai dengan fungsinya masing-masing. berikut model-model dari SystemEver tersebut:

Model-model dari Software SystemEver
  • i1 series (Manajemen Akuntansi)

Sesuai dari namanya, pengelolaan keuangan pelaku bisnis akan dimudahkan dengan fitur ini, fitur manajemen akuntasi yang berarti mengatur keuangan. Model i1 membantu pelaku usaha bisnis menganalisa biaya dan dapat menentukan laba. Tidak hanya itu saja pengeluaran dan penerimaan keuangan dapat di monitor secara langsung/real time. i1 series tidak membutuhkan keahlian khusus dalam pengoperasiannya.

  • i2 (HR / Manajemen Penggajian)

Kesulitan ketika rutinitas bulanan harus menggaji karyawan yang tidak sedikit merupakan rutinitas yang merepotkan dan memakan banyak waktu, hal ini tentu saja tidak efisien. Fitur i2 pada SystemEver memberikan solusi yang tepat atas masalah ini, pengarispan riwayat penggajian dan histori dari kesemuanya terekam dengan baik, termasuk riwayat akuntasi dan pajaknya.

  • i3 (Manajemen Persediaan)

Perusahaan yang bergerak dalam bidang pengadaan barang, akan sangat membutuhkan modul dari model i3 ini. SystemEver menyediakan kemungkinan untuk mengintegrasikan antara bagian pembelian, penjualan, dan produksi. Sehingga pemeriksaan inventaris juga dapat berlangsung secara real time/langsung. Aksesnya pun dapat diatur sesuai dengan divisi masing-masing.

  • i5 (Manajemen Penjualan)

Bagi pelaku usaha yang bergerak di bidang distribusi, menggunakan model i5 sangat dianjurkan. Karena pada sistem ERP yang ditawarkan oleh SystemEver pada model i5 menghubungkan bagian pembelian, penjualan, dan sistem akuntansi secara terintegrasi. Mengelola pengiriman, memeriksa informasi penjualan berdasarkan laporan status penjualan data, dapat dilakukan dengan mudah.

  • i7 (Manajemen Pabrik)

Untuk fitur dengan fungsi manajemen yang lebih lengkap dan komprehensif seperti yang digunakan oleh pelaku bisnis manufaktur berskala besar dapat menggunakan model i7 sistem ERP dari SystemEver. Model i7 ini merupakan penggabungan dari beberapa model lain dan sudah terintegrasi dalam sistem akunting, penggajian, distribusi, dan lain-lain. Jaminan secara otomatis dengan menggunakan model i7 ini, produktifitas akan meningkat pesat.

Produk SystemEver (Fitur)

Untuk produk berdasarkan fitur dari software cloud ERP SystemEver Indonesia ini menawarkan dan menikmati fitur yang sangat canggih, berikut penjelasannya:

Consultan-K™

Sistem software ERP terbaik itu memudahkan segala sesuatu hingga implementasinya di kehidupan nyata. Kelebihan dalam fitur ini salah satunya dapat meminimalisir kesalahan yang terjadi, sehingga tidak perlu lagi tenaga profesional khusus untuk mengoperasikan sistem ERP SystemEver. Luar biasa yah.

Visual-K™

Kemudahan yang sangat baik untuk proses bekerja menjadikan pengguna juga enak dalam bekerja, Visual-K menampilkan visual yang sederhana. Pengguna dapat menggunakan satu kali klik saja dan proses kerja terlaksana. Tampilan antarmuka juga sudah user-friendly.

Software Sistem ERP, Software Cloud ERP Indonesia
Berinteraksilah Dengan Menggunakan Salah Satu Sistem ERP Terbaik di Indonesia
Software ERP Murah dengan Harga Terjangkau

Software cloud ERP Indonesia yang dikembangkan oleh SystemEver, menyajikan harga yang murah bagi pelanggannya, sebuah harga yang terjangkau oleh para pelaku UKM atau bisa juga disesuaikan dengan kebutuhan pelanggan. Kalau sudah begitu, tentunya akan meringankan pelaku bisnis apapun untuk memiliki sistem software ERP murah ini.

Terintegrasi dengan Banyak Bahasa

Walau terlahir di negara Korea, bukan berarti visual dan laporan dari sistem ERP software cloud ERP SystemEver ini menggunakan bahasa Korea atau Inggris. Dengan bangga SystemEver menyajikan bahasa Indonesia juga.

Itu mengapa Systemever juga menjadi salah satu Software ERP terbaik di Asia Tenggara karena sistem ERP ini dapat diakses menggunakan berbagai macam bahasa yang bisa dipilih. Bahasa yang tersedia pada software perangkat lunak dari SystemEver ini antara lain Bahasa Inggris, Mandarin, Jepang, Korea, Vietnam, dan Bahasa Indonesia.

Kesimpulan

Pelaku Usaha Kecil, dan Menengah di Indonesia sangat beruntung bila dapat memakai sistem ERP terbaik dari SystemEver ini. Software ERP pada jaman sekarang bukan lagi hal yang langka, yang hanya sebagian perusahaan saja yang bisa memilikinya.

Apalagi dalam penggunaannya aplikasi ERP terbaik ini dapat dioperasikan melalui laptop, desktop (komputer kantor/rumah), tablet, hingga smartphone.

Semuanya dapat dilakukan di manapun dan kapanpun selama terkoneksi dengan internet. Sebuah pekerjaan yang tadinya rumit, seketika menjadi mudah. Sekarang ini memantau anak buah dalam bekerja juga bukan menjadi suatu yang mustahil.

Software ERP terbaik di Asia Tenggara
Berkembang Maju Bersama SystemEver – Salah Satu Sistem ERP Terbaik Indonesia

Buat para pembaca yang tertarik dengan salah satu software sistem ERP terbaik ini dapat dengan mudah mengakses di halaman web https://systemever.co.id/, di halaman web tersebut juga Anda dapat mengetahui lebih rinci mengenai produk-produk software cloud ERP Indonesia. Akhir kata, semoga artikel dari pe-we.com kali ini dapat bermanfaat bagi pelaku usaha khususnya dan menambah wawasan kita semua.

30 Komentar-komentar

  1. Teknologi tak bisa ditinggalkan meski oleh pelaku UKM. Saatnya perusahaan kecil bertahap maju dengan pengaplikasikan software ERP ini. Semoga mereka dapat bersaing secara global.

  2. Makin banyak Software yang bisa mempermudah pekerjaan manusia, dari artikel ini saya kenal satu lagi, ERP! Yang penting koneksi internet, semuanya mudah. Tinggal manusianya ya kak yang juga harus rajin upgrade ilmu 😀

  3. ERP saya belum familiar kak, sepertinya perlu diketahui banyak pelaku UKM untuk kemudahan dan perencanaan usaha

  4. Ini nih yg dicari dan dibutuhkan UKM se-Indonesia Raya.
    Bikin bisnis makin lancar jaya yaakk
    SIstem ERP bisa diakses dengan bahasa masing2 negara.
    KEREN!

  5. Hal kayak gini harus dipahami juga sama yang mau mulai bikin usaha. Meski usaha mikro sekalipun, tapi tetap harus tau dan handal dalam perencanaan dan pengolahan data bisnis.

  6. Artikelnya lengkap bgt mas..
    Jujur aq baru tahu ttg ERP ini setelah baca artikel ini…
    Bisa aq share ke teman teman ukm ni

  7. Bagus sekali oftware Cloud ERP ya, Mas Pewe. Bisa dipakai berbagai usaha juga. Modul-modul pun bisa dipilih. bagusnya, hanya dari smartpohone, bisa diakses kapan saja dan di mana saja. Pas nonton videonya, lagi santai di pantai sambil minum jus jeruk juga bisa hehehe.

  8. Wah dapat ilmu baru nih setelah baca artikel ini, baru tahu apa itu ERP hahaha
    Para pelaku bisnis harus mempunyai sistem perencanaan yang baik biar usahanya lancar. Software yang bagus menurutku dan ngebantu buat pelaku usaha.

  9. Makin terbuka aja jalan usaha buat UMKM zaman sekarang. Alhamdulillah. Kalo dulu udah ribet mikirin modal, mikirin promonya pula. Sekarang sudah banyak pilihan ya salag satunya software cloud ERP ini

  10. Kata baru lagi nih untukku Cloud ERP. Harus baca pelan-pelan baru ngerti ini software. Bagus ini kalau perusahaan mulai memakai ERP. Memudahkan manajemen perusahaan

  11. Cloud ERP ternyata istimewa juga, sebenernya aku ga terlau paham sih sama software ginian. cocok buat UMKM sepertinya, apalagi usaha baru. Udah lengkap fiturnya buat langsung GO,, hehe

  12. Segala sesuatu saat ini benar-benar real time, dengan adanya internet melalui sistem cloud computing yang makin dapat diandalkan. Manajemen dapat memantau semua hal hanya dari smartphone, sehingga membuat pekerjaan sangat efisien.

  13. Duuuh, berat bahasannya. Syukurlah dunia online beserta sistemnya sekarang sudah banyak yg UMKM friendly. Semoga UMKM.mampu bersaing di dunia global

    • Meluruskan sedikit kak, bukan UMKM, tepatnya UKM. Kalau UMKM ada usaha mikronya juga, terlalu mewah untuk usaha mikro menggunakan software sistem ERP ini. Kalau usaha mikro bisa menggunakan software sederhana saja dulu seperti excel.. Kalau sudah berkembang dari usaha kecil menuju ke menengah baru pas kalau memakai software ERP ini kak.

  14. Wah dapat ilmu baru lagi ini, btw ERP ini sprtinya perlu dicoba deh diperkuliahan anak anak yg belajar akuntansi juga. biar bisa ke masyarakat jg, krna sepertinya banyak yg belum memahami penggunaan software ini

    • Para ahli akademis tentunya sudah paham dengan sistem ERP ini, apalagi anak-anak akuntan. Software ERP ini pengoperasiannya mudah kok, yang fresh graduate tentunya akan cepat belajar dan dalam waktu cepat akan menjadi expert gak perlu lagi tenaga khusus dibidang ini. 🙂

  15. Monmaap mas punto, aku udah baca artikel ini 2x dari atas sampe bawah. Tetep ngga mudeng aku. Pankapan aku ajakin ngopi bareng suamiku yang berkutat di bidang ini ya hehehe

    • Di maapkan kak irena.. ini teh semacam software keuangan, perencanaan, dan pengelolaan yang lebih kompleks dan integrasinya bisa menyeluruh. Kalo biasanya perusahaan lama kan pake software mandiri atau tiap divisi dalam perusahaan punya masing-masing software andalannya, nah kalau pakai software cloud dengan basis ERP ini, cukup punya satu aja. Dari yang satu aja ini bisa terintegrasi keseluruh lini dan divisi. Kaya komputer warnet gitu, satu sama lain saling terhubung.

      Skuy lah setelah Corona reda, rencana hangout ngopi2 cantik bisa segera terealisasi nih hehehe

      • Jadi software ini teh sangat rekomended buat para pelaku UKM ya Om, kalo untuk UMKM cukup pake yang sederhana aja.

        • yes betul kak, kalo UMKM terlalu mewah pakai software ERP ini, cukup yang sederhana saja. Kalau ada rencana berkembang lebih baik ya berarti naik kelas menjadi UKM kak.. hehehe

  16. Sebelumnya saya sudah membaca beberapa tulisan tentang ERP dari blog lain. Jujur Nggak mudeng. Tapi setelah baca tulisan Mas PeWe ini mendadak seperti ada lampu terang di kepala saya haha. Akhirnya saya mengerti ERP itu apa dan untuk apa. Terima kasih Suhu. Haha.

  17. Keren ini cloud ERP ya Mas.
    AKu jadi kepo pengen coba juga, seberapa ngaruh untuk usaha kalo sudah make ini
    Jaman now memang sudah berubah ya, bisa dihandle dengan gampang. Apalagi ini bisa mantau via henpon

  18. Saya nih belum tahu tentang sistem ERP begini,baca informasinya menarik untuk diketahui. Bermanfaat banget untuk para pelaku UMKM yah yang penting koneksi internetnya lancar jaya biar bisa digunakan.

    • Tepatnya UKM kak, klo UMKM ada usaha mikronya. Terlalu mewah kalau usaha mikro menggunakan software ERP ini.

  19. Software yang bermanfaat banget bagi pelaku UKM. Mengelola bisnis jadi lebih mudah. Pengoperasiannya pun bisa melalui berbagai perangkat. Mantul

  20. Aku baru tahu nih tentang teknologi ini. Keunggulannya emang dibutuhin sama UKM sekarang yang memang butuh software yang mudah untuk di-handle.

  21. Wah, keren banget ya sofwarenya terintegrasi. Jadi memudahkan UMKM untuk mengelola administrasi bisnisnya.. jadi bisa paperless juga.

  22. Seneng banget dapat ilmu baru di sini, siapa tau nanti bisa aku jadikan referensi kalo skripsiku ada sangkut pautnya ama ERP ini, wkwkwk..

    *masih mencerna postingannya XD

  23. Seneng banget dapat ilmu baru di sini, siapa tau nanti bisa aku jadikan referensi kalo skripsiku ada sangkut pautnya ama ERP ini, wkwkwk..

    *masih mencerna postingannya XD

LEAVE A REPLY

SIlakan ketik komentarmu
Silakan Masukkan namamu disini