Home Teknologi Cari Tahu Keunggulan AC Inverter Biar Tak Salah Pilih Saat Mau Beli...

Cari Tahu Keunggulan AC Inverter Biar Tak Salah Pilih Saat Mau Beli AC Baru

0
110
Cari Tahu Keunggulan AC Inverter Biar Tak Salah Pilih Saat Mau Beli AC Baru
Cari Tahu Keunggulan AC Inverter Biar Tak Salah Pilih Saat Mau Beli AC Baru

Mau beli AC Baru tapi bingung memilih mana yang terbaik? Pernah tidak mengalami hal ini? Saya waktu mau beli AC baru juga pernah mengalami kebingungan untuk menentukan mana AC yang bagus, awet dan hemat listrik, dan mana yang tidak. Suka was-was juga takut salah pilih. Waktu itu, saya pun bertanya pada teman yang kebetulan bekerja di toko elektronik. Nah teman itulah yang kemudian menyarankan saya untuk Cari Tahu Keunggulan AC Inverter Biar Tak Salah Pilih Saat Mau Beli AC Baru.

Cari Tahu Keunggulan AC Inverter Biar Tak Salah Pilih Saat Mau Beli AC Baru

Jadi, saat mau beli AC baru, saya dihadapkan pada banyaknya merek dan tipe AC, lalu ada juga jenis AC inverter dan AC non inverter. Karena saya belum mengetahui perbedaannya, saya perlu mengenali tiap jenis, tipe, dan merek AC tersebut biar tak salah pilih.

Ilustrasi Rumah yang Ramah Lingkungan
Ilustrasi Rumah yang Ramah Lingkungan

Hal pertama yang perlu dilakukan sebelum membeli AC baru adalah mencari tahu ketersediaan kapasitas listrik di rumah. Pada umumnya, listrik di rumah kita berbeda-beda sesuai kebutuhan, seperti 450VA, 900VA, 1300VA, dan seterusnya.

Setelah mengetahui ketersediaan kapasitas listrik yang ada, hitung pula jumlah pemakaian yang sudah terjadi, misalnya dengan kapasitas 1300VA, tapi sudah ada Kulkas, mesin cuci, beberapa lampu, dan konsumsi daya listrik lainnya. Pertimbangkan ketersediaan kapasitas listrik tadi masih cukup dengan tambahan penggunaan AC yang hendak dilakukan.

Setelahnya melakukan perhitungan baru cari tahu perbedaan AC inverter dan AC non inverter. Perbedaan kedua tipe AC ini terletak pada cara kerja kompresornya. Jika Anda memilih AC non inverter maka siap-siap saja konsumsi daya listrik di rumah jadi besar dan berdampak mahalnya bayar listrik.

Mengapa? Karena kompresor pada AC non inverter bekerja sesuai dengan derajat suhu yang ditetapkan. Maksudnya, ketika baru dinyalakan, kompresor akan bekerja lebih keras untuk mencapai suhu dingin yang diinginkan. Setelah suhu tercapai, kompresor akan mati secara otomatis.

Ilustrasi AC Hemat Energi
Ilustrasi AC Hemat Energi – Keunggulan AC Inverter Hemat Energi

Nanti ketika suhu mengalami peningkatan dan mulai tak dingin lagi, kompresor akan menyala lagi secara otomatis untuk membuat suhu ruangan menjadi dingin kembali. Kerja kompresor yang nyala mati berkali-kali sepanjang pemakaian membuat tarikan listrik menjadi lebih besar. Itu sebabnya, tagihan listrik pun menjadi mahal.

Sebaliknya, cara kerja kompresor AC Inverter yang terus menerus dan aktif sepanjang pemakaian demi mempertahankan suhu dingin yang ditetapkan membuat penggunaan listrik jadi lebih stabil. Otomatis biaya untuk listrik juga jadi lebih hemat.

AC Inverter Ya Pakai AC LG DUALCOOL with Watt Control

Lalu merek apa yang bagus kalau mau beli AC baru? Ada banyak pilihan merek yang tersedia di pasaran. Kita bisa menyesuaikannya dengan budget yang tersedia. Hanya saja, harga selalu berbanding lurus dengan kualitas.

LG AC LG DUAL COOL With Watt Control
AC Inverter LG AC LG DUAL COOL With Watt Control

Begitulah yang teman saya bilang. Kalau mau pilih harga AC yang jauh lebih murah, bisa jadi mahal bayar listriknya yang mahal karena AC-nya butuh asupan listrik yang lebih banyak. Selain itu, pertimbangkan pula keawetan mesin in door dan kompresornya (outdoor). Jangan sampai memilih AC berharga murah, tapi ternyata tak tahan lama.

Saya sih kemarin dianjurkan untuk membeli AC LG DUALCOOL with Watt Control. Selain kompresor AC ini sudah AC Inverter yang stabil dalam pemakaian daya listrik, ternyata juga sudah dilengkapi dengan teknologi terkini yang memungkinkan saya bisa menghemat listrik.

Teknologi terkini yang disematkan di AC LG DUALCOOL tersebut ada 3 fitur, yaitu JetCool yang akan menyemburkan suhu 18 derajat Celcius selama 30 menit untuk mempercepat proses ruangan menjadi dingin, kemudian ada fitur Multi Watt Option yang memungkinkan saya mengatur konsumsi listrik hingga 40 persen, dan fitur terakhir ada SmartThinQ yang bisa mengontrol penggunaan AC dari jarak jauh hanya dengan smartphone.

Ilustrasi Seorang Wanita Sedang Mengoperasikan Alat-alat Rumah Tangga Menggunakan Smartphone
Ilustrasi Seorang Wanita Sedang Mengoperasikan Alat-alat Rumah Tangga Menggunakan Smartphone (SmartThinQ)

Ketika hendak membeli AC, Anda akan dihadapkan dengan banyak pilihan jenis AC dari beragam merek. Supaya tak salah memilih dan membuat Anda boros nantinya, Anda pun perlu mengenali setiap jenis AC dengan baik. Anda bisa memilih AC Standard ataupun inverter.

AC ini juga memiliki kinerja kompresor yang nyala – mati secara otomatis ketika mencapai suhu yang diinginkan, sehingga menggunakan daya listrik lebih tinggi dan menyebabkan tagihan listrik membengkak.

AC Inverter datang sebagai inovasi pembaharu. Alih-alih kompresor nyala -mati secara otomatis saat mencapai suhu yang diinginkan, kompresor AC Inverter akan tetap menyala dan berputar secara perlahan. Penegasan mengapa AC inverter semakin banyak dipilih. Lebih optimal dalam menghemat listrik.

Masuk dalam AC LG DUALCOOL with Watt Control datang sebagai inovasi terkini berbasis teknologi inverter. Hal yang ditawarkan, membawa penghematan listrik dari AC berteknologi inverter jadi lebih optimal lagi.

Tak hanya berbasis inverter yang memang lebih hemat listrik, AC inverter ini dilengkapi fitur watt control sehingga pengguna dapat mengatur langsung kebutuhan besaran daya listrik yang digunakan. Fitur ini dapat ditemukan di AC LG Dual Cool With Watt Control.

Ilustrasi AC yang Baik
Ilustrasi AC yang Baik

Mau beli AC baru? Jangan lupa cari tahu keunggulan AC Inverter biar tak salah pilih saat mau beli AC baru.

Tidak ada Komentar

LEAVE A REPLY

SIlakan ketik komentarmu
Silakan Masukkan namamu disini