Liburan akhir tahun sudah dekat, pastinya sudah banyak nih yang mau berlibur sesuai destinasi yang sudah diidamkan jauh-jauh hari. Terlebih liburan bersama keluarga adalah hal yang wajib untuk melepas kepenatan dari aktivitas sehari-hari.

Untuk liburan keluarga paling enak adalah menggunakan mobil yang sudah pasti praktis dan efisien ketika kita membawa banyak barang. Bagi yang tidak mempunyai mobil bisa menggunakan jasa sewa mobil. Banyak kok persewaan mobil dengan pilihan beragam.

Namun sebelum menyewa mobil, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, mulai dari tempat penyewaan mobil sampai istilah “lepas kunci”, yang mana merupakan istilah menyupiri sendiri dari mobil yang disewa. Atau dari harga yang miring tetapi banyak keluhan dari konsumen lain. Berikut adalah tips liburan menggunakan jasa sewa mobil.

Pesan Dari Jauh Hari

jangan pesan jasa sewa mobil mendekati liburan berlangsung, sudah pasti akan ramai dan banyak diincar wisatawan. Ada baiknya Anda memesan dari jauh-jauh hari. Terlebih apabila mendekati liburan Anda baru pesan jasa sewa mobil, maka tidak menutup kemungkinan harga dari sewa mobil tersebut akan membengkak, serta pilihan mobilnya pun sedikit. Bisa jadi malah Anda mendapatkan mobil yang tidak sedang dalam keadaan prima, malah merepotkan bukan?

Kisaran Harga Sewa Mobil

Penting banget ini harus kita ketahui, gaes. Harga sewa mobil di kota besar dan kota kecil juga ada perbedaan. Kalau kisaran harga terlalu tinggi di luar nalar atau bahkan terlalu rendah, patut dari kita untuk mencurigai. Pintar dalam bertindak, mengingat Anda berlibur juga bersama keluarga yang Anda sayangi.

Lama Penyewaan

Kebijakan dalam penyewaan mobil berbeda-beda di tiap daerah. Ada yang istilahnya kita menyewa sehari tetapi nyatanya hanya dapat 10 jam atau 12 jam. Dan hal ini menjadi estimasi waktu yang kita gunakan untuk menyesuaikan ittenary dari perjalanan serta berapa lama singgah ke tempat-tempat wisata yang akan kita datangi.

Pastikan Anda mengembalikan mobil yang di sewa sebelum habis masa waktu sewanya. Dan tanyakan biaya tambahan apabila terlewat batas waktu sewa.

Cek Kondisi Kendaraan

Sebelum membawa pergi mobil yang disewa, cek terlebih dahulu kondisinya, bahkan apabila ada kerusakan maka penting untuk dilaporkan kepada petugas penyewa mobil.

Kondisi kendaraan tak sekadar fisik dari mobil yang disewa. Cek juga kelengkapan fungsi dari rem, air karburator, aki mobil, mesin, tekanan angin pada ban, lampu, dan lain-lain. Hal ini sangat berguna untuk menghindari penipuan charge tambahan yang akan dikenakan kepada Anda ketika mobil sewa tadi dikembalikan.

 

Lepas Kunci dan Bayar di Muka, dan Bahan Bakar

Saat menyewa mobil, akan diberikan pilihan mau lepas kunci atau tidak. Ini berarti adalah pilihan untuk mau menggunakan jasa supir atau menyetir sendiri. Pilihan “Lepas Kunci” berarti biayanya lebih murah. Ketika Anda memilih untuk “Lepas Kunci”, bergantianlah menyupir mobil

Pilihan bayar di muka juga adalah pilihan yang direkomendasikan karena biasanya pihak persewaan mobil juga akan memberikan diskon karena penyewa sama dengan memberikan DP. Satu lagi, pastikan dari pihak penyewa mobil memberikan opsi pengembalian uang sekian persen apabila terjadi pembatalan.

Penyedia persewaan mobil banyak memberikan iming-iming kendaraan yang akan disewa itu lengkap dengan bahan bakar yang penuh. Anda perlu memastikan apakah pihak penyewa mobil menyertakan biaya sewa sudah termasuk satu paket dalam supir dan bahan bakar?

TRAC Rental Mobil Terpercaya

Banyak loh konsumen dari penyewaan mobil ini terkena penipuan. Misalnya saja penambahan biaya yang tidak lumrah ketika kelebihan untuk waktu sewa, ada juga yang mengalami kerusakan di badan mobil dan kita sebagai konsumen dipaksa untuk menggantinya ketika mobil dikembalikan.

TRAC Astra Rent A Car - Tips Liburan Menggunakan Jasa Sewa mobil
TRAC Astra Rent A Car – Tips Liburan Menggunakan Jasa Sewa mobil

Agar tidak terkena penipuan-penipuan seperti diatas, carilah penyewaan mobil yang terpercaya dan reputasi baik dari para pelanggannya. Menggunakan fasilitas google untuk mencari di internet, atau rekomendasi dari teman bisa menjadi patokan.

Kalau mau dari rekomendasi saya, Anda bisa menggunakan jasa rental mobil dari TRAC, anak perusahaan dari Astra yang memang menggeluti bidang jasa rental mobil. Kenapa saya merekomendasikan TRAC? berikut saya jelaskan beberapa yang akan menjadi pertimbangan Anda:

  • Reputasi dari TRAC sudah sangat terpercaya
  • TRAC hanya menggunakan mobil dengan usia tidak lebih dari 3 tahun, sehingga kondisinya tentu masih prima.
  • Dalam aspek keamanan, TRAC memberikan jaminan asuransi sehingga Anda merasa terlindungi selama perjalanan.
  • Jaminan selama perjalanan apabila mobil yang disewa ada kendala yang tak terdua, TRAC dapat membantu hanya dengan angkat telepon.
  • Perawatan rutin yang dilakukan oleh TRAC menjamin mobil-mobil yang akan disewa dalam keadaan prima.
Harga Promo Lepas Kunci TRAC Akhir tahun 2018. sumber: trac.astra.co.id
Harga Promo Lepas Kunci TRAC Akhir tahun 2018. sumber: trac.astra.co.id
  • TRAC banyak memberikan promo ketika musim-musim liburan akan berlangsung. Seperti misalnya pada akhir tahun 2018 saat ini, ada promo akhir tahun antara tanggal 01 Desember 2018 hingga 13 Januari 2019 yang memberikan waktu sewa tambahan.
    ⇒ Sewa 2 hari bonus tambahan sewa 1 hari
    ⇒ Sewa 4 hari bonus tambahan sewa 2 hari
    ⇒ Sewa 6 hari bonus tambahan sewa 3 hari

Tips Liburan Menggunakan Jasa Sewa mobil - Customer Assistance Center TRAC. sumber: trac.astra.co.id
Customer Assistance Center TRAC. sumber: trac.astra.co.id
Tips Liburan Menggunakan Jasa Sewa mobil - Reservasi Call Center TRAC. sumber: Trac.astra.co.id
Reservasi Call Center TRAC. sumber: Trac.astra.co.id

 

LEAVE A REPLY

SIlakan ketik komentarmu
Silakan Masukkan namamu disini