Palang Merah Indonesia (PMI) memperingati HUT yang ke-73. Menyambut hal itu DokterSehat, menggelar kegiatan #AksiSehatCeria di Jakarta bersama dengan para media dan blogger, serta umum yang bertempat di Ciputra Medical Center, Lotte Shopping Avenue di bilangan Kuningan, Jakarta Selatan. Doktersehat.com yang juga bekerja sama dengan PMI pun menggelar acara berbagi melalui donor darah, harapannya agar dapat meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya kesehatan baik itu secara pribadi dan atau kepada sesama.

Berbagi ke sesama lewat donor darah
Berbagi ke sesama lewat donor darah

Acara pertama dibuka dengan MC yang memperkenalkan narasumber-narasumber yang akan berbicara pada acara ini. Pada sesi pertama akan diisi oleh Dr. Christopher Andrian, M.Gizi, Sp.GK mewakili dokter sehat dengan membawakan tema “Pola Hidup Sehat”. Lalu pada sesi kedua akan diberikan edukasi tentang kesadaran sesama akan pentingnya donor darah, sesi ini diisi oleh Bapak Faisal Nur Hidayat perwakilan dari Blood4life. Selanjutnya sesi ketiga diisi oleh perkenalan secara umum oleh pihak Indodax.

Indodax sendiri adalah platform tempat bertemunya penjual dan pembeli Aset Digital seperti Bitcoin, Ethereum, Ripple dan lain sebagainya. Digital Asset bisa dibeli menggunakan Rupiah atau Bitcoin. Indodax menyediakan sistem yang mudah, cepat dan aman untuk melakukan transaksi Digital Asset.

Acara #AksiSehatCeria merupakan salah satu bentuk CSR Indodax bersama Dokter Sehat dalam rangka memperingati Hari PMI serta untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya gaya hidup sehat serta berbagi untuk kemanusiaan.

Seminar Kesehatan Pola Hidup Sehat #AksiSehatCeria

Seminar kesehatan yang diikuti oleh blogger dimulai dengan narasumber dari dokter sehat, Dr. Christopher Andrian, M.Gizi, Sp.GK dengan tema “Pola Hidup Sehat”. Edukasi yang diberikan oleh Dr. Christopher ini dimulai dengan kata 3S yang bermakna Syukur Sehat Sesama. Syukur yang berarti kita harus bersyukur masih hidup secara sehat dan harus dipertahankan. Sehat yang bermakna walau sudah sehat tetap kita harus menjaga pola makan, olahraga serta istirahat yang cukup. Sesama dimaknai oleh keadaan dimana ketika kita dalam keadaan bersyukur dan sehat, kita harus berbagi ke sesama, hal ini bisa dicontohkan seperti kegiatan donor darah.

Dr. Christopher Andrian, M.Gizi, Sp.GK
Dr. Christopher Andrian, M.Gizi, Sp.GK

Selanjutnya Dr. Christopher menjelaskan angka tingkat obesitas yang terjadi cukup tinggi di Indonesia. Hal ini memprihatinkan karena keadaan obesitas pada masyarakat Indonesia bukannya menurun tetapi terus meningkat. Kaum hawa memiliki tingkat obesitas tinggi ketimbang kaum adam.

Berat badan ideal merupakan impian semua orang, karena menjadi sehat adalah anugerah. Tetapi semua hal tersebut harus disertai dengan usaha agar menjadi sehat, bukan malah mengabaikan kesehatan. Polemik penderita obesitas menjadi perhatian dunia, terutama Indonesia. Terjadinya obesitas itu disebabkan oleh tiga faktor, yakni faktor genetik, perilaku, dan lingkungan.

Sangatlah penting memperhatikan angka kecukupan gizi (AKG). Perkembangan teknologi yang pesat berkontribusi pada peningkatan pola makan, yang kemudian tanpa disadari teknologi menggiring kita untuk bergaya hidup sedentary (kurang beraktivitas fisik, makan makanan instan, dan kurang mengonsumsi buah dan sayur). Yang patut diperhatikan adalah AKG dari laki-laki dan perempuan itu berbeda, yakni AKG laki-laki yaitu 2.500 kkal dan AKG wanita 2.100 kkal.

Dr. Christopher juga memberikan tips untuk para pelaku yang ingin diet dan tips ini terbilang mudah, yaitu dengan mengonsumsi makanan 5-6 kali dalam sehari (3 kali makan besar dan 2-3 kali snack) dengan porsi sedikit dan diimbangi dengan minum air dalam kadar cukup. Selain itu, perlu dikontrol juga asupan kalori dengan menekan karbohidrat yang berasal dari tepung.

Pola hidup sehat yang dibawakan oleh Dr. Christopher ini juga masih dalam rangka kampanye pemerintah tentang GERMAS (Gerakan Masyarakat Hidup Sehat) yang sebelum-sebelumnya sudah dicanangkan pemerintah melalui buku panduan GENTAS (Gerakan Nusantara tekan Angka Obesitas). Hal ini ditujukan kepada masyarakat luas agar angka obesitas di Indonesia dapat menurun dan menyehatkan manusia Indonesia. Untuk menekan angka obesitas, diharapkan masyarakat Indonesia melakukan gerakan CERDIK.

Gerakan CERDIK dari Pemerintah
Gerakan CERDIK dari Pemerintah

Donor Darah

Selain PMI, dokter sehat juga bekerja sama dengan indodax dan blood4life. Nara sumber dari pihak blood4life, Bapak Faisal Nur Hidayat menjelaskan betapa Indonesia sangat kekurangan kantong darah untuk disalurkan kepada yang membutuhkan. Kebutuhan darah di Indonesia setiap tahunnya membutuhkan minimal 5,1 juta kantong, akan tetapi kenyataan yang didapat di lapangan hanya ada 4,6 juta kantong. Itu sebabnya butuh asupan donor darah dari masyarakat luas yang kira-kira butuh sekitar 500 kantong darah.

Berikut kutipan dari Bapak Faisal Nur Hidayat, “Sejauh ini ketersediaan darah di Indonesia masih kurang 500 kantong darah per tahun. Konsekuensinya, pasien yang membutuhkan darah tertentu akan kesulitan mendapatkan darah yang dibutuhkanā€¯. Mendengar hal itu, hati kecil saya terusik dan saya tergerak untuk ikut donor darah sehabis acara ini selesai.

Bapak Faisal Nur Hidayat perwakilan dari Blood4life
Bapak Faisal Nur Hidayat perwakilan dari Blood4life

Setelah selesai acara seminar edukasi kesehatan tentang pentingnya pola hidup sehat dan pentingnya membantu sesama dalam donor darah, kita para blogger dan media diajak untuk ikut juga berpartisipasi dalam kegiatan donor darah. Saya termasuk menjadi pihak yang ingin buru-buru dapat mendonorkan darah saya. Sudah paling pertama yang mendaftar, tetapi ditolak dengan alasan tensi darah rendah.

Agak kecewa sih, namun bersyukur karena pihak dari PMI menjelaskan baik-buruknya sifat darah yang didonorkan apabila keadaan tubuh dalam keadaan yang tidak fit, seperti tensi darah rendah atau tinggi. Dalam kesempatan tersebut saya juga sempat melihat CEO DokterSehat, Bapak Indra Darmawan melakukan donor darah. Wah saya sungguh salut melihat hal itu.

Sesudah acara donor darah, kami para blogger juga disuguhi tour singkat keliling area Ciputra Medical Center, Lotte Shopping Avenue yang memiliki area seluas 1500 meter persegi dengan interior eksklusif yang nyaman. Ciputra Medical Center ini merupakan pusat kesehatan yang memberikan layanan kesehatan untuk meningkatkan dan menjaga gaya hidup sehat. Tujuan dari Ciputra Medical Center yang merupakan salah satu unit usaha Ciputra Group ini adalah memberikan informasi secara promotif, preventif, akurat dan rehabilitatif kepada masyarakat tentang gaya hidup yang sehat.

Lomba Blog #AksiSehatCeria

Buat teman-teman yang suka nulis dan tertarik mengulas soal pola hidup sehat, wajib ikutan lomba blog #AksiSehatCeria nih.

Caranya, tulis artikel mengenai pola hidup sehat, seperti apa saja yang sudah dilakukan untuk menerapkan pola hidup sehat. Kemudian share di socmed dan submit linknya ke sini http://bit.ly/BlogSehatCeria

Untuk info selengkapnya, bisa mengunjungi https://doktersehat.com/blogsehatceria/

Selamat menulis!

LEAVE A REPLY

SIlakan ketik komentarmu
Silakan Masukkan namamu disini