Berbagai kegiatan dan kemeriahan dalam menyambut hari kemerdekaan RI setiap tahunnya pasti dipenuhi dengan keceriaan. Seperti pada tahun 2019 ini, PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) juga ikut memeriahkan kemeredekaan RI yang ke-74 dengan mengubah 10 gerbong dalam 1 rangkaian kereta komuter bernuansa tematik khas kemerdekaan.

Kemeriahan HUT RI ke-74 Bersama PT KCI - Bersama Dengan Teman Blogger
Kemeriahan HUT RI ke-74 Bersama PT KCI – Bersama Dengan Teman Blogger

Pra Kemerdekaan RI ke-74

Gerbong-gerbong kereta komuter PT KCI yang sempat saya naiki adalah komuter jurusan Jakarta Kota-Bogor. Saya turun di Stasiun Juanda guna menghadiri acara Diskusi Ngopi Bareng Cinta KRL Bersama teman-teman blogger dan media. Ada bintang tamu juga hadir saat acara Ngopi Bareng Cinta KRL, yaitu Boy William seorang pengamat kebijakan publik.

Acara Ngopi Bareng Cinta KRL juga menyuguhkan kopi gratis selama masa waktu yang telah ditentukan, yaitu tanggal 15-16 Agustus 2019. Apabila ingin menikmati seduhan kopi nusantara gratis ini hanya menunjukkan KMT dan sudah menunduh aplikasi KRL Access serta follow akun sosial media dari PT KCI, seperti Instagram dan Youtube.

Kemeriahan HUT RI ke-74 Bersama PT KCI - Ngopi Bareng Cinta KRL
Kemeriahan HUT RI ke-74 Bersama PT KCI – Ngopi Bareng Cinta KRL

Oh ya, kopi gratis hanya tersedia di 5 stasiun komuter wilayah Jabodetabek, antara lain berada pada stasiun Juanda, Sudirman, Palmerah, Bogor, dan Cakung. Selain Boy William, hadir pula Direktur utama PT KCI, Wiwik Widayanti.

Kemerdekaan RI ke-74

pada hari H, yaitu pada tanggal 17 Agustus 2019, PT KCI memberlakukan tarif Rp. 1,- untuk semua jurusan. Program menyambut kemeriahan kemerdekaan RI tarif Rp. 1,- ini berlaku mulai jam 08.00-17.00 WIB dengan menggunakan Kartu Multi Trip (KMT), Tiket Harian Berjaminan (THB), dan kartu uang elektronik bank yang sudah bekerjasama dengan PT KCI.

Bagi yang sudah mempunyai KMT, tinggal tap saja sudah langsung berlaku tarif Rp. 1,- Sedangkan untuk pengguna THB tetap diberlakukan seperti hari-hari biasa untuk membeli tiket dengan relasi tujuannya serta menyertakan uang jaminan perjalanan yang kemudian THB akan bisa ditukar kembali saat menyelesaikan perjalanan.

Direktur Utama PT KCI, Wiwik Widayanti mengatakan, “Kami mengajak masyarakat untuk menikmati layanan KRL tarif khusus kemerdekaan dengan tetap memperhatikan ketentuan yang berlaku.”

Kemeriahan HUT RI ke-74 Bersama PT KCI - KMT Edisi Khusus
Kemeriahan HUT RI ke-74 Bersama PT KCI – KMT Edisi Khusus

KMT Edisi Khusus Kemerdekaan

KMT edisi khusus bak dinanti-nanti oleh para pengkoleksi KMT, ada seorang teman saya yang selalu mengoleksi setiap edisi KMT yang terbit. Begitu ia saya beri tahu langsung saat itu juga ia menuju ke stasiun yang menyediakan KMT tersebut dijual. Ini mah anak komuter garis keras celoteh teman saya yang lain.

Ya, PT KCI memang meluncurkan 5.000 KMT edisi khusus kemerdekaan HUT RI ke-74. Kartu tersebut resmi dijual mulai tanggal 17 Agustus 2019 dan hanya ada di 15 stasiun komuter saja, harganya terbilang murah karena KMT ini limited edition, hanya dengan Rp. 50.000,- dengan rincian harga kartu Rp. 35.000,- dan saldo Rp. 15.000,-

Lima belas stasiun yang menyediakan KMT edisi khusus ini antara lain, Stasiun Jakarta Kota, Juanda, Cikini, Tebet, Universitas Indonesia, Depok Baru, Bojong Gede, Bogor, Sudirman, Tanah Abang, Palmerah, Sudimara, Taman Kota, Tangerang, dan Bekasi.

Ibu Wiwik mengutarakan bahwasanya kegiatan ini merupakan apresiasi PT KCI untuk semua pelanggan setia commuter line, yang sudah sangat mempercayakan pilihannya terhadap transportasi publiknya. Beliau juga menjelaskan kereta dengan hiasan tematik kemeriahan kemerdekaan RI ke-74 akan tetap beroperasi hingga akhir Agustus 2019.

Kemeriahan HUT RI ke-74 Bersama PT KCI - Gerbong Tematik
Kemeriahan HUT RI ke-74 Bersama PT KCI – Gerbong Tematik

Di dalam gerbong-gerbong Kereta Commuter Indonesia, selain nuansa tematik yang menghias baik di luar dan di dalam gerbong, ada juga pegangan tangan di dalam kereta berisi informasi dengan scan QR Code. kalau pengguna sudah scan QR Code ini dan memakai swa foto, pengguna dapat mengedit berbagai baju adat dari seluruh Indonesia untuk dikenakan langsung dalam foto tersebut. Penasaran? lah ayo, masih sampai akhir Agustus 2019 loh.

LEAVE A REPLY

SIlakan ketik komentarmu
Silakan Masukkan namamu disini