Pengalaman Kursus Data Science di Hacktiv8

Hai semua, kembali lagi pe-we.com bercerita di dalam artikel blog nih, kali ini saya akan menceritakan review Hacktiv8 tentang pembelajaran kursus Data Science. Ada apa dengan Hacktiv8? Jadi ini pengalaman pertama saya kursus di bootcamp Hacktiv8, sebelum-sebelumnya bagaimana? Biasanya saya belajar sih otodidak.

Saat ini Data Science menjadi sebuah studi yang banyak diminati kalangan programmer. Data pada data science ini mengubah data yang tidak terstruktur diolah sedemikian rupa menjadi analisis data yang akan dibutuhkan oleh penggunanya. Kebanyakan analisis data melalui data science dibutuhkan untuk keperluan bisnis.

Data Science adalah?

Kembali saya belajar mengenai data science, awalnya pengalaman saya belajar data science secara mandiri atau otodidak, jadi bukan lewat kursus. Secara naluri saya memang hobi dengan pengolahan data ini, namun tadinya tak paham bahwa inilah yang dinamakan data science.

Berawal dari bahasa Python saya belajar dasar-dasarnya, kemiripannya dengan bahasa pemrograman lain membuat saya tak begitu susah untuk menerima syntax-syntax yang ada pada bahasa pemrograman python. Di jaman sekarang, Python identik dengan data science. Lanjutin yuk baca pengalaman saya kursus data science di Hacktiv8.

Belajar Lagi

Belajar bagi saya adalah aktivitas yang menyenangakan, dengan tingkat kerumitan tertentu dan terjegal oleh masalah-masalah yang harus dirunut satu persatu menciptakan problem solving yang baik. Tujuannya secara idealismenya sih begitu, kenyataannya pembelajaran secara otodidak yang saya lakukan lebih kearah problem solving yang lama tercapainya, hahaha.

Namanya juga belajar, tak pernah ada kata salah, kalau berhasil itu hanya satu tingkatan kecil untuk bisa melalui tahapan-tahapan berikutnya. Apalagi ketika suatu bahasa pemrograman seperti tentang data science ini menjadi hobi, tentunya ada logika dan algoritma yang sudah tersusun dengan baik dalam otak.

Coding Bootcamp terbaik

Kursus Data Science di Hacktiv8

Ketika kesempatan emas ini datang, saya sangat antusias sekali, menunggu adalah ujian pertama yang harus saya lewati. Ketika menunggu telah usai saya sangat fokus mengikuti segala pembelajaran yang instruktor Hacktiv8 berikan. Terbayang di otak saya bagaimana mempresentasikan data yang sangat kompleks dan diolah menjadi suatu data yang diinginkan sesuai dengan kebutuhan.

Pengalaman kursus Data Science di Hacktiv8 ini mengolah data yang bisa berasal dari data apa saja, misalnya data excel, data csv, database mysql atau data-data lainnya. Saat itu langsung pikiran saya melanglang buana mengingat dahulu pernah bekerja sebagai auditor junior pada perusahaan Kantor Akuntansi Publik. Menggunakan data science ini tentunya mudah sekali memilah data yang diinginkan.

Review Hacktiv8

Sebelum melangkah lebih lanjut, kenali dulu deh siapa itu Hacktiv8, karena tak kenal maka tak sayang. Jadi Hacktiv8 adalah lembaga pembelajaran khususnya untuk sekolah coding. Keunggulan belajar di Hacktiv8 adalah kurikulumnya yang sangat sesuai dengan kebutuhan di dunia kerja. Tidak seperti belajar di perguruan tinggi yang lebih fokus pada materi-materi dasar, tetapi di Hacktiv8 kita bisa belajar coding yang praktis.

Hacktiv8 didukung oleh kurikulum terbaik yang selalu disesuaikan dengan kebutuhan dengan pengajar yang berpengalaman di dunia kerja. Metode pembelajarannya sangat interaktif. Tidak hanya belajar dasar teori, tetapi juga belajar secara praktik dan praktis.

di Hacktiv8 kita akan belajar dari instruktur-instruktur yang sudah berpengalaman dalam bahasa pemrograman. Jadi kita tidak belajar hanya dari materi secara teori juga, tetapi kita juga akan dibantu untuk menghadapi studi kasus yang sesuai sekali dengan yang dihadapi di dalam dunia kerja.

Ternyata, karena mungkin saja saya terbiasa dengan pembelajaran otodidak, Hacktiv8 ini sudah sering terdengar di media manapun. Lembaga pendidikan yang memiliki kurikulum khusus di bidang IT ini sudah mencetak beberapa lulusan ternama dan sudah bergabung di perusahaan besar.

Hacktiv8 ini bisa dikatakan sekolah coding untuk berbagai kalangan pekerjaan dan umur. Semua yang ingin serius belajar mengenai IT bisa memilih bootcamp Hacktiv8 sebagai solusinya.

Menurut data yang ada, Hacktiv8 sudah berdiri sejak tahun 2016. Dalam waktu yang singkat tersebut, Hacktiv8 sudah meluluskan lulusan terbaik dan bekerja sesuai keahlian bidangnya di perusahaan-perusahaan ternama yang ada di Indonesia maupun luar negeri.

Menariknya, program sekolah coding Hacktiv8 juga tergabung dalam standar global yang dikembangkan oleh sekelompok besar sekolah coding yang ada di dunia dan mempercayai bahwa transparansi dalam memberikan materi belajar kepada siswa adalah hal yang sangat penting. Standar global ini dinamakan CIRR atau Council on Integrity in Results Reporting. Tak hanya itu, Hacktiv8 sebagai coding bootcamp terbaik ini yang pertama di Asia tergabung dalam CIRR.

Belajar programming untuk pemula

Pembelajaran di Hacktiv8

Penasaran tidak dengan kurikulum sekolah coding bootcamp Hacktiv8 ini? Penasaran dong, masa enggak. Jadi, ada beberapa materi yang bisa kita dapat kalau ikutan kursus di Hacktiv8, yang antara lain:

  • Bootcamp
    Dalam bootcamp terdapat dua bidang studi yaitu Fullstack Javascript Immersive dan Data Science. Siapa yang cita-citanya menjadi backend developer? Pas banget kalau ikutan kursus Full Stack Developer yang mengulas berbagai dalaman html dan bahasa java. kalau mau bergelut di bidang pengolahan data sebagai data analyst atau belajar machine learning bisa ambil kursus data science.

Menggunakan metode bootcamp agar aktivitas belajar menjadi intensif, simple, terarah, dan cepat mencapai tujuan. Sistem pertemuannya diadakan secara online maupun offline. Workshop Hacktiv8 yang berada di bilangan Jakarta Selatan ini mudah dijangkau dan ditemui, karena tempatnya berada di kawasan ramai jalan utama yang dekat dengan Mall Gandaria City dan Pondok Indah Mall.

  • Professional Development
    Program course ini dibuat part time sesuai dengan kesibukan masing-masing siswa jadi jam belajarnya pun flexibel. Karena tidak semua siswa bisa mengikuti secara full time maka disediakanlah kelas profesional development.

Program ini terdiri dari course Intro to Phyton for Data Science, Web Developer Program, Web Service with Golang, React and React Native Basic, Digital Marketing, Product Owner, Agile Scrum, Fundamental UI/UX, Intro to Node JS, Android with Java Native.

Bagi Anda yang memiliki perusahaan atau bekerja dalam perusahaan yang ingin berkembang, Anda sebagai pemilik perusahaan sudah sepatutnya memiliki SDM yang baik guna memajukan usaha bisnis Anda. Anda bisa mengirimkan karyawan Anda sebagai bentuk upskill dan reskill pada program corporate yang terdiri dari Hire Our Grads, dan Corporate Training.

  • HacktivKidz
    Program yang terakhir adalah Hacktivkidz, kepercayaan memupuk sejak dini pengenalan bahasa pemrograman banyak dipercayai manusia modern sebagai peningkatan kualitas manusia. Luar biasa sekali ini menurut saya, andai kata jaman saya kecil ada yang begini, pastinya saya akan merengek ke orang tua saya untuk dikursuskan melalui program Hacktivkidz ini.

Sekilas dari informasi yang diberikan Hacktiv8, Hacktivkidz menukung imajinasi buah hati untuk berkreasi membuat program dengan karakter dan animasi. Keterampilan coding dapat membuat buah hati Anda memiliki daya saing dan mampu meraih kesuksesan di masa depan.

Instruktur Hacktivkidz juga seorang profesional loh, ada kak Seven dan kak Gita. Kak Seven juga menjabat sebagai instruktur pada program bootcamp kursus Full Stack Developer, beliau memang sangat mahir dalam pemrograman berbasis Fullstack Javascript Immersive.

Kursus Full Stack Developer

Pengalaman Kursus Data Science di Hacktiv8

Saya tergabung dalam Hacktiv8 Batch X Full Time Data Science, dalam satu kelas ada banyak siswa lainnya. Review Hacktiv8 ini adalah pengalaman yang sangat menarik dan saya nantikan sekali, selain karena memang saya menyenangi bahasa Python yang simple, haus akan ilmu untuk belajar lanjutan dalam belajar pemrograman python dari kelas Hacktiv8 juga sangat saya nantikan.

Awalnya kami harus memiliki platform Discord dan Github, karena Discord saya belum punya saya install terlebih dahulu. Namun untuk akun Github saya sudah memilikinya lama, ya iyalah kalau senang dengan Python memang memiliki akun Github adalah dasar sekali.

Melalui grup Discord official Hacktiv8 akan mempermudah komunikasi kita dengan para instruktur. Selain itu juga ada sesi dengan instruktur buddy komunikasi after class melalui Discord. pemberian materi oleh instruktur dilakukan melalui aplikasi Zoom, saat intruktur memberikan materi, siswa dapat menginterupsi untuk bertanya.

Pengalaman belajar programming untuk pemula di Hacktiv8 mengenal data science dilakukan selama tiga hari secara full time berturut-turut. Dimulai pukul 09:00 WIB hingga pukul 17:00 WIB. Materinya memang syarat dengan bahasa teknis pemrograman, siswa lainnya yang memang belum memiliki basic dari pemrograman Python terlihat sangat kesusahan dalam memulainya.

Guru yang baik memang guru yang profesional, mereka (instruktur) paham dengan kesulitan siswanya dan memberikan waktu untuk siswanya mencerna. Apabila hingga selesai kelas masih belum mengerti bisa melanjutkan pertanyaan pada forum official Discord Hacktiv8.

Secara keseluruhan, materi yang saya dapat adalah materi-materi lama yang sudah biasa saya lakukan bila tenggelam dalam bahasa pemrograman Python, namun pastinya ada hal baru yang saya dapatkan di bootcamp Hacktiv8 ini. Apa tuh? Ilmu baru tersebut dinamakan Pandas.

Belajar Pemrograman Python

Belajar Menggunakan Pandas

Kursus Data Science menurut para instruktor basicnya adalah menggunakan Pandas. Hmm, berarti saya salah arah dong waktu belajar secara otodidak, hal tersebut saya tanyakan ke instruktor saat sesi buddy.

Menurut Intsruktor Fahmi yang saat itu menjadi instruktor buddy grup saya, apa yang saya kira tidak benar karena belajar pemrograman Python bisa dimulai dari mana saja dan dengan studi kasus apa saja. Hanya saja standarisasi untuk Kursus Data Science Hacktiv8 memang dasarnya menggunakan Pandas.

Jadi Pandas itu apa sih? Pandas adalah sebuah modul dalam Python yang digunakan untuk menganalisa data dari file database secara online maupun offline. Menggunakan Pandas lebih mudah untuk kita sebagai siswa mencari informasi-informasi data yang berbentuk table seperti pada spreadsheet excel. Pendataan akan sangat akurat sesuai dengan sumber data yang ada.

Dalam bahasa Python, modul-modul yang ada memang sangat luas. Tak hanya modul Pandas saja, dan data science juga tak melulu database berbentuk spreadsheet. Arahnya lebih ke machine learning menurut apa yang disampaikan dalam sesi buddy grup saya. Wah, pikiran saya langsung melanglang buana dengan segudang logika dan algoritma saya.

Visualisasi Data

Dalam pandas diajarkan bagaimana mencari data yang ada pada spreadsheet, lalu disajikan data dalam bentuk visualisasi diagram. Diagram-diagram ini bisa saja berbentuk bar, pie, chart, dan lain-lain tergantung dari kebutuhan penyajian data.

Tentu saja hal ini akan memudahkan ketika kita menyajikan data saat presentasi dengan atasan dalam dunia kerja. Penting sekali bukan?

Sekolah coding

Live Code Experience dan Milestone

Dalam pembelajaran bootcamp Hacktiv8 ada yang namanya milestone dan live code, yang artinya ada tugas yang harus dikerjakan dan ditumpuk esok harinya. Sedangkan live code berarti siswa harus mempresentasikan tugas yang sudah dikerjakan dan membuat story telling dari tugas yang sudah dibuatnya.

Oh ya, pada bootcamp Hacktiv8 tidak diperbolehkan cheating ya, atau mencontek tugas yang dikerjakan. Bila ketahuan ada siswa yang cheating, maka akan kena punishment. Punishment pertama dan kedua terbilang masih ada toleransi, namun ada punishment Drop Out, yang berarti siswa tidak diperbolehkan mengikuti kelas-kelas slenajutnya pada bootcamp Hacktiv8.

Materi Pembelajaran Streamlit

Bila dalam program Visual Code Java Script ada yang dinamakan Livecode untuk menampilkan secara langsung dalam localhost tampilan datanya sesuai dengan program htmlnya, maka dalam bahasa pemrograman Python dinamakan Streamlit.

Streamlit juga mengenali cross platform seperti bahasa html, css, dan js. Jadi tidak serta merta hanya python saja. Cocok sekali seperti yang saya inginkan, sebuah program python yang dapat berjalan berkesinambungan dengan bahasa pemrogaman lain seperti html, css, js, php, flask, dan seterusnya.

Review Hacktiv8

Kelas Engineering Emphaty

Apa itu Enginerring Emphaty? Jadi di saat kita pusing karena kebanyakan koding di Hacktiv8 ini kita juga diberikan materi Engineering Emphaty atau disingkat EE. EE berguna untuk merefresing otak kita karena kelelahan koding.

Tim EE akan menyemangati kamu supaya lebih berusaha dan yakin pada diri kamu sendiri. Ini adalah salah satu poin lebih buat kamu yang sekolah coding di Hacktiv8.

Career Session

Materi ini adalah rangkaian terakhir dari seluruh kelas dan materi yang ada. Tujuannya untuk meyakinkan dan mengingatkan kita para siswa Hacktiv8 yang ingin mencari kerja kedepannya. Jadi, dengan adanya tim Career ini kita akan dibekali tentang bagaimana cara kita nantinya saat melamar kerja pada bidang studi data science.

Kursus Data Science
Kesimpulan

Review Hacktiv8 sudah saya sampaikan sesuai dengan jalur minat dan bakat saya. Secara overall sih saya akan tetap berproses menekuni bidang ini. Tidak kapok tentu saja, pembelajarannya memang sulit namun menyenangkan. Otak saya dibuat dan dipaksa harus tetap upgrade demi mengikuti ilmu python yang terbilang masih muda ini.

Mengikuti kelas coding bootcamp terbaik Hacktiv8 membuat saya tertantang dengan problem solving selanjutnya dari logika yang saya dapatkan selama saya belajar pemrograman python di Hacktiv8. Pengetahuan saya juga menjadi lebih luas ketimbang saya belajar secara otodidak, lalu manfaat lainnya adalah meningkatkan personal branding Anda tentunya.

Akhir kata, mungkin itu saja yang dapat saya sampaikan mengenai review Hacktiv8 yang saya alami sendiri, jika teman-teman ingin mengikuti bootcamp maupun program course maupun sekadar hanya ingin belajar programming untuk pemula ini silakan langsung menuju website official Hacktiv8 ya.

Tinggalkan komentar