Liburan Murah Singkat Sehari ke Kota Batu, Malang

Ada 5 komentar pada post ini
Ditulis oleh Mas Pewe

Penulis pe-we.com sekaligus pemiliknya ini menyenangi segala hal tentang SEO.

Ketika liburan tiba merupakan kesenangan tersendiri untuk melepas penat dan bersenang-senang bersama keluarga. Karena sudah direncanakan akhirnya kita sekeluarga pergi ke Kota Malang. Anak sulung saya pun pas medapatkan liburan semester sehingga bisa ikut liburan. Tanpa pikir lama kami sekeluarga segera menyusun daftar tempat wisata yang akan disinggahi di Kota Malang selain hotel di Malang di mana kami tinggal sementara.

Backpacker menjadi konsep liburan kita kali ini, jadi kita sekeluarga hanya membawa ransel masing-masing satu agar mudah berpindah tempat dari satu tempat wisata ke tempat wisata lainnya di kota Malang.

Transportasi Hemat Liburang ke Kota Malang

Begitu persiapan sudah matang serta itenary perjalanan juga sudah siap, kami yang berasal dari kota Jakarta melakukan perjalanan ke kota Surabaya melalui perjalanan udara.

Singkat cerita kami sudah sampai di Bandara Juanda dan langsung naik bus Damri dengan biaya perorang Rp. 25.000,- menuju terminal Bungurasih. Sudah sekitar lima tahunan kami tak menginjak terminal Bungurasih ini yang sekarang benar-benar tertata rapi dan sangat bersih. Tidak ada calo lagi seperti dulu, kami memesan tiket ke arah kota Malang juga lebih mudah. Untuk bus eksekutif tarifnya Rp. 30.000,- dan AC Ekonomi tarifnya Rp. 15.000,- perorang.

Kota Malang

Sesampainya di kota Malang, kami langsung menuju tempat penginapan yang sudah direncanakan sebelumnya pesan melalui aplikasi online. Dengan mudah kami menemukan hotel di Malang dan tentunya dengan harga yang sangat terjangkau.

Kemudahan yang sangat efisien sekali memesan di aplikasi online traveloka ini. Ada juga fitur near me ketika kita dalam keadaan kurang persiapan, sehingga memesan kamar hotel di manapun kotanya akan terasa mudah.

4 Tempat Wisata di Batu Malang yang Bisa ditempuh Dalam Sehari

tempat wisata di kota Malang kebanyakan berada di daerah Batu, Malang. Sesampainya kami di Malang langsung check-in di hotel dan lalu berangkat lagi menuju kawasan Batu, Malang. Perjalanan menuju Batu bisa menggunakan angkot di terminal Landungsari. Perjalanannya tidak jauh, hanya memakan waktu kurang lebih setengah jam. Atau bisa juga menggunakan jasa sewa motor dan mobil.

• Alun-alun Batu

Tempat yang pertama dikunjungi kami sekeluarga setibanya di Batu, Malang adalah Alun-alun Batu. Banyak tempat instagramable yang cocok untuk foto-foto ala anak-anak kekinian. Tak jauh dari kawasan alun-alun terdapat banyak warung dan Rumah Susu yang sudah tersohor, Rumah Susu Ganesha yang berdiri dengan bantuan KUD Batu.

Tidak hanya Rumah Susu Ganesha saja yang tersohor, di sebelah kanannya ada depot ketan susu yang juga tak kalah terkenalnya dengan menyajikan varian saus ketan susu seperti durian, nangka, susu manis, sirup, dan lain-lain.

Liburan Murah Singkat Sehari ke Kota Batu, Malang
  • Air Terjun Cuban Rondo

Setelah puas menghabiskan waktu selama 2 jam di Alun-alun Batu, kami meneruskan perjalanan ke Cuban Rondo menggunakan motor sewaan yang terhitung murah. Rp 60.000,- per 24 jam yang telah kami sewa sebelumnya di Kota Malang. Perjalanan liburan ala-ala backpackeran menggunakan sewa motor lebih murah ketimbang harus gonta-ganti naik angkot atau taksi online.

Melalui transportasi motor, menempuh perjalanan dari Alun-alun ke Cuban Rondo hanya ditempuh 30 menit saja dengan kecepatan santai, karena ingin menikmati keindahan alam juga selama perjalanan menuju kawasan air terjun.

Sesampainya di kawasan Air Terjun Cuban Rondo yang tiket masuknya terbilang sangat terjangkau, kami benar-benar menikmati keindahan alamnya. Beberapa kali jepretan foto dan shoot video diabadikan dalam liburan kami ke kota Batu, Malang.

• Taman Wisata Selecta

Kawasan Taman wisata Selecta ini walau berbeda arah dengan Air Terjun Cuba Rondo, merupakan tempat wisata yang wajib dikunjungi. Taman ini mempunyai taman bunga yang sangat luas dan indah. Sangat cocok untuk bersantai bersama keluarga.

Selain taman yang indah nan luas, juga terdapat wahana lainnya seperti perahu ayun, bioskop 3D, permainan air yang interaktif. Tapi karena permainan ini sepertinya hanya untuk anak-anak saja, kami melewatinya dan sesuai dengan rencana perjalanan, kami berpindah tempat menuju Batu Night Spectaculer.

• Batu Night Spectaculer

Kawasan Batu Night Spectaculer hanya indah dinikmati saat malam hari, ya seperti namanya Batu Night Spectaculer yang memang beroperasi mulai pukul 3 sore hingga pukul 11 malam. Cukup mudah untuk tiba di kawasan wisata ini melalui google map.

Untuk masuk ke kawasan Batu Night Spectaculer tiket perorangnya merogoh kantong sebesar Rp. 99.000,- untuk tiket terusan sehingga kita bisa menikmati semua permainan tanpa perlu bayar lagi.

Ada banyak sekali wahana di Batu Night Spectaculer ini, ya seperti kawasan DUFAN, Jakarta, hanya saja wahana di Batu Night Spectaculer lebih interaktif dan berkesan kedaerahan. Saya dan anak sempat juga berlomba dalam permainan Go-Kart. Seru deh pokoknya.

Seharian kita sekeluarga telah berkeliling singkat di kota Batu, Malang ini dan mendapatkan 4 tempat wisata, hal ini juga sesuai dengan rencana perjalanan dan itenary yang sudah kita rencanakan jauh-jauh hari. Walau ada rasa kurang puas itu wajar. Siapa juga yang tidak betah dengan keindahan alam yang asri, pastinya ingin berlama-lama dan bersantai-santai kan ya, hehehe.

Sebelum kami memutuskan untuk kembali ke kota Malang, jam 10 malam kami menyempatkan diri untuk menikmati Sate di kawasan jalan Kasan Kaiso Batu. Istri saya yang mencetuskan ide itu, karena ia pernah tinggal di kota Malang saat menempuh kuliah dulu. Nostalgia katanya 🙂

Selepas menikmati sate, kami sekeluarga yang hanya bertiga pulang kembali ke hotel di Malang. Menggunakan sepeda motor sewaan memang sangat efisien, jarak kembali ke kota Malang pun tidak terlalu jauh. Sesampainya hotel di malang, kami sudah bertekad untuk mendatangi kawasan wisata lainnya sesuai dengan itenary perjalanan kami.

Penasaran dengan kisah perjalanan ala backpackeran kami? Tebak coba deh, nginep mana lagi di kota Malang kami sekeluarga atau langsung di Batu aja kira-kira yang bakal bisa jadi cerita nih? Malah semakin penasaran yah, hehehe. Nantikan artikel-artikel saya lainnya tentang perjalanan liburan, backpackeran ala-ala, dan semacamnya. Silakan tinggalkan jejak dalam komentar apabila ada yang ditanyakan atau sekadar ikutan bernostalgia dengan indahnya alam kota Malang ini.

5 pemikiran pada “Liburan Murah Singkat Sehari ke Kota Batu, Malang”

1. Asyik nih liburan ke Batu dan Malang. Banyak tempat wisata dan cafe murmer tapi instagramable mas. Aku soalnya baru 5 tahun di Malang baru sedikit tempat yang kujelajahi di Batu dan Malang 🙂

Balas
  2. Kalau cari makan sepertinya enak di malang, tapi kalau cari hiburan ya di batu. Apalagi ada jatimpark group yg punya banyak theme park dari jatim park 1 2 3 dll hehe

Salam kenal mas hehe

3. Kalau cari makan sepertinya enak di malang, tapi kalau cari hiburan ya di batu. Apalagi ada jatimpark group yg punya banyak theme park dari jatim park 1 2 3 dll hehe

Balas
  4. Kalau cari makan sepertinya enak di malang, tapi kalau cari hiburan ya di batu. Apalagi ada jatimpark group yg punya banyak theme park dari jatim park 1 2 3 dll hehe

Salam kenal mas

5. Ada banyak banget tempat wisata di Batu, kalau cuma sehari pasti kurang. Rugi sudah jauh-jauh datang cuma beberapa saja yang di masuki.

Btw, Di Malang juga ada bandara lho jadi daripada muter lewat Sidoarjo dan Surabaya enak langsung terbang ke Malang saja