Fitur Baru Pada Mobile JKN Memudahkan Peserta JKN-KIS

Fitur Baru Pada Mobile JKN Memudahkan Peserta JKN-KIS

Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) yang dikelola oleh Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) dalam upayanya meningkatkan mutu pelayanan secara berkelanjutan bukan hanya isapan jempol belaka. Untuk mensukseskan program-program lanjutannya demi para peserta dari JKN-KIS mendapatkan layanan kesehatan terbaik, BPJS terus mengupayakan peningkatan mutu. Seperti kali ini adalah peningkatan layanan pada aplikasi Mobile JKN.

Bagi yang belum tahu, KIS ini merupakan singkatan dari Kartu Indonesia Sehat yang merupakan termasuk di dalam program JKN yang dikelola oleh Badan Penyelenggara Jaminan Sosial atau BPJS. Dahulu juga ada yang namanya Layanan Tanpa Antri Care Center 1500400 BPJS Kesehatan , lalu dengan seiring jaman dan berkat inovasi yang tak ada habisnya layanan demi layanan mengalami peningkatan.

Pelayanan JKN-KIS dari tahun ke tahun memang terlihat signifikan meningkat. Direktur Utama BPJS Kesehatan, Fachmi Idris bersama Ketua Umum Perhimpunan Rumah Sakit Indonesia (PERSI) Kuntjoro Adi Purjanto meninjau Rumah Sakit Umum Daerah Margono Soekardjo (RSMS) Purwokerto baru-baru ini, Rumah Sakit ini turut melayani dengan baik peserta dari JKN-KIS.

Layanan antrian yang saya alami sendiri dari tahun ke tahunnya juga mengalami peningkatan yang signifikan. kalau dahulu yang saya alami mengambil nomor antrian harus melalui tahap proses print tiket, ke loket, menunggu di poli, dan seterusnya. Sekarang tidak lagi seperti itu. Pada Tahun 2018, BPJS juga memberikan capaian kinerjanya, yang artikelnya bisa di baca di Capaian Kinerja BPJS Tahun 2018.

Dengan hadirnya layanan baru Mobile JKN 2020, layanan antrian berubah sangat drastis. Mobile JKN sendiri sudah ada sejak tahun 2017 dengan fitur yang sudah lengkap, beberapa kemudahan layanan tersebut antara lain informasi, mendaftar, data peserta keluarga, tagihan iuran, penyampaian keluhan, tanya-jawab seputar JKN-KIS, lokasi faskes, premi, pembayaran, catatan pembayaran, cek virtual account, skrining riwayat kesehatan, dan lain-lain.

Bagaimana dengan peningkatan fitur yang ada pada Mobile JKN 2020? Beberapa perubahan yang ada pada Mobile JKN 2020 ini disebutkan oleh Bapak Beno Herman selaku Asisten Deputi Bidang Manajemen Fasilitas Kesehatan BPJS Kesehatan, yaitu memperkenalkannya beberapa fitur baru pada aplikasi Mobile JKN.

Fitur Baru Pada Aplikasi Mobile JKN

Fitur-fitur terbaru dari Mobile JKN 2020 antara lain meliputi cek ketersediaan kapasitas tempat tidur di fasilitas kesehatan (faskes), pendaftaran pelayanan kesehatan baik di FKTP atau fasilitas kesehatan tingkat pertama dan FKTRL yang merupakan fasilitas kesehatan rujukan tingkat lanjut, hingga melihat jadwal tindakan operasi.

Yang terjadi pada kenyataannya ketika peserta JKN-KIS mengalami penolakan dari Rumah Sakit untuk mendapatkan fasilitas rawat inap dengan alasan tidak ada lagi ketersediaan tempat tidur. Peserta JKN-KIS dapat melakukan pengecekkan ketersediaan display pada aplikasi Mobile JKN, apabila di layanan Mobile JKN ternyata ketersediaan tempat tidur masih ada, peserta dapat melakukan pengaduan di aplikasi Mobile JKN.

Kemudahan lainnya kepada para peserta JKN-KIS ketika peserta akan mengalami tindakan medis operasi, yang mana kemudahan pada aplikasi Mobile JKN akan menginformasikannya. Melalui Mobile JKN peserta dapat mengetahui kapan akan mendapatkan pelayanan tindakan operasi tersebut.

Di acara kegiatan ngopi bareng Blogger pada 6 Januari 2020 lalu, Asisten Deputi Bidang Manajemen Fasilitas Kesehatan BPJS Kesehatan, Beno Herman memberikan tambahan informasi bagi pasien Gagal Ginjal Kronis stadium akhir yang memerlukan Hemodialisis (HD) rutin, BPJS Kesehatan berkomitmen memastikan kemudahan layanan cuci darah.

Bahkan akan dipermudah lagi bagi pasien Hemodialisis yang seurat rujukannya telah habis masa berlakunya, dapat diperpanjang di Rumah Sakit tanpa perlu kembali ke Fasilitas Kesehatan Tingkat pertama (FKTP).

Dengan hadirnya fitur-fitur baru pada Mobile JKN di tahun 2020 ini diharapkan layanan di semua lini akan lebih baik dan dapat dinikmati oleh seluruh lapisan masyarakat peserta JKN-KIS sehingga dapat membantu dan meringankan bebannya.

View Comments (1)

  • Jkn-kis mobile memang memudahkan.. bahkan aku pernah melakukan perpindahan dokter umum dan dokter gigi dengan menggunakan jkn-kis mobile. Semoga dengan naik nya iuran semakin banyak lagi fitur layanan memudahkan yang dihadirkan pihak bpjs

This website uses cookies.