5 Aplikasi LMS Terbaik untuk Sistem Pembelajaran Indonesia

Platform e-learning atau LMS, saat ini sedang happening banget nih bestie. Istilah-istilahnya banyak, seperti kuliah online, kelas online, e-learning, webinar, microlearning, kursus online, dan lain-lain. Kesemuanya itu dibuat based on Learning Management System (LMS).

Apa itu LMS?

Metode pembelajaran Indonesia sudah berbeda dengan metode pembelajaran beberapa tahun kebelakang, apalagi ketika pandemi melanda seluruh dunia. Era disrupsi seperti mengalami percepatan yang sangat signifikan. LMS terbaik ini menjadi faktor efisiensi untuk platform-platform e-learning, sebuah sistem yang dibuat untuk mendistribusikan dan pengelolaan materi pembelajaran.

Membandingkan platform LMS di Indonesia dengan jenis system e-learning lainnya boleh dan sah-sah saja, system e-larning lainnya ada yang bernama Learning Content Management System (LCMS) dan Virtual Learning Environment (VLE). Namun system e-learning LMS diklaim lebih sederhana dan mudah implementasinya sebagai sistem manajemen pembelajaran terbaik saat ini.

Jenis Aplikasi LMS Terbaik untuk e-learning

Apa saja sih rekomendasi LMS terbaik Indonesia yang digunakan di tahun 2022 ini? LMS e-learning gratis juga banyak bermunculan di tanah air kita. Setidaknya ada 5 platform LMS yang sangat direkomendasikan dan sering digunakan di Indonesia nih, bestie. Simak aja ulasan di bawah ini.

1. Google Classroom

Google Classroom

Google Classroom menjadi platform pertama yang paling sering digunakan dan pastinya sudah tak asing juga di telinga kita. Google sebagai perusahaan raksasa dunia menyediakan LMS gratis yang bisa digunakan siapa saja. Yes, siapa pun bisa menggunakannya asal memiliki akun Google.

LMS Google Classroom ini sudah beroperasi sejak tahun 2014, namun baru tren ketika warga dunia memasuki era pandemi karena muncul tren pembelajaran jarak jauh.

Fitur-fitur standar LMS seperti pemberian tugas, pemberian materi, penilaian, dan tersedianya fitur komunikasi dua arah ada di Google Classroom. Keunggulan lainnya bisa dirasakan dari terintegrasinya dengan layanan Google Cloud seperti Google Drive, Google Docs, Google Sheets, Google Slides, Google Calendar, dan Gmail.

2. Edmondo

Edmondo

Platform LMS terbaik kedua yang menjadi rekomendasi diduduki oleh Edmondo. Bestie tahu gak kalau Edmondo ini sudah ada loh sejak tahun 2008. Walau usia Edmondo terbilang tua, namun fitur-fitur LMS nya tidak tertinggal dari layanan LMS terbaru yang ada saat ini.

Edmondo terus berinovasi dan memiliki fitur-fitur yang berbeda daripada layanan lain yang serupa. bagaimana tidak, Edmondo mempunyai layanan kepada orang tua siswa dapat melihat perkembangan pembelajaran anak-anaknya.

Fitur lain dari salah satu LMS terbaik Edmondo ini tak hanya menguntungkan orang tua siswa, namun juga menguntungkan pihak dari pengajar atau teacher. Teacher atau guru dapat terhubung oleh pengajar lainnya untuk berbagi tehnik pembelajaran dan ide mengajar secara tepat agar lebih mudah menyampaikan kepada para siswa.

Menarik bukan?

3. QuBisa

QuBisa

QuBisa merupakan platform belajar online terbesar di Indonesia yang bertujuan meningkatkan keterampilan diri dan digital untuk mahasiswa, profesional, dan umum. Tagline tersebut penulis dapat dari web officcial QuBisa.

QuBisa menjadi platform LMS terbaik ketiga dan menjadi rekomendasi karena fitur-fiturnya juga menarik dengan gagasan inovasi yang lain daripada e-learning yang sudah ada. Platform belajar online Indonesia ini memiliki fitur kelas online antara lain webinar, kursus online, belajar kilat, microlearning, dan adanya sertifikasi sebagai penunjang.

Di QuBisa juga ada kelas pelatihan Prakerja untuk meningkatkan kompetensi di dunia kerja agar siap dari sekarang. Lalu bagaimana cara mendapatkan dan mengambil pelatihan di QuBisa?

Bestie hanya perlu membuat akun QuBisa terlebih dahulu. Pilih kelas Prakerja QuBisa yang tersedia di Mitra Platform Prakerja kemudian klik ikuti kelas. Klik metode pembayaran Prakerja dan selesaikan transaksi di Mitra Platform Prakerja untuk mendapatkan voucher QuBisa untuk kelas yang dipilih.

Mudah bukan?

LMS terbaik ketiga ini diraih QuBisa karena memiliki banyak fitur penunjang untuk para siswanya siap terjun ke dunia kerja. Banyak microlearning dan kelas pelatihan Prakerja yang sifatnya gratis dapat ditonton oleh semua orang. QuBisa menjadi platform pembelajaran online yang memudahkan siswa, guru, dan dosen.

4. Moodle

Moodle

Modular Object Oriented Dynamic Learning Environment (Moodle) berdiri sejak tahun 2002, seperti Edmondo yang menjadi LMS tua namun tetap berinovasi. Moodle adalah layanan LMS dengan based open-source. Pengguna dapat mengkustomisasi tampilan sesuai keinginan, tak hanya itu fitur-fiturnya juga dapat diatur sesuai dengan kebutuhan guru dan siswa dalam pembelajaran.

Moodle dengan platform open-source nya ini terus berinovasi, saat ini sudah dapat digunakan melalui aplikasi berbasis Android dan iOS.

5. Schoology

Schoology

LMS terbaik terakhir yang menjadi rekomendasi adalah Schoology. Platform LMS ini berdiri sejak tahun 2009 dan tetap beradaptasi dengan perubahan jaman yang bergerak sangat cepat.

Fitur yang menarik dimiliki oleh Schoology yaitu adanya fitur Analytics dan Extend Class. Fitur Analaytic ini berguna untuk para pengajar yang mengontrol aktivitas murid. Sedangkan untuk fitur Extend Class lebih mengarahkan siswa dalam belajar kelompok atau mandiri.

Nah bestie, sudah lengkap nih 5 platform LMS terbaik yang dapat dicoba atau bisa kamu tawarkan ke guru atau dosenmu.

Semua platform di atas bisa diakses secara gratis kok, bestie. Jadikan kegiatan belajar dan mengajar secara online lebih efektif bersama platform LMS terbaik yang memang platformnya khusus dirancang untuk pembelajaran e-learning.

Tinggalkan komentar