Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno meninjau langsung kondisi terkini proyek Tol Trans Jawa dengan berkendara menempuh rute Surabaya – Jakarta. Berawal dari Gerbang Tol Waru Gunung, Sidorajo, Surabaya dan titik akhirnya adalah Telkom Landmark Tower, Jakarta.

Perjalanan yang ditempuh adalah kurang lebih 800 KM yang menurut jadwalnya memakan waktu 16 jam. Perkiraan waktu tersebut juga disertai dengan meninjau beberapa titik rest area KM 360B, KM 260B dan titik peninjauan seperti Jembatan Kali Kuto dan Jembatan Kali Kenteng. Hari Senin (12/11/2018) Rombongan sudah mulai bersiap tepat pukul 05:45 WIB.

Rest Area Perhutani, KM 626. Tol Trans Jawa Ngawi-Ketosono
Rest Area Perhutani, KM 626. Tol Trans Jawa Ngawi-Ketosono

Ekspedisi Tembus Tol Trans Jawa

Ada banyak media, blogger, dan milenials yang menghadiri acara ini, kalau saya mewakili dari blogger. banyak juga jajaran direksi dari BUMN dan pihak terkait seperti PT Astra, PT Jasa Marga Persero, Bank Mandiri, Bank Rakyat Indonesia, dan pihak terkait lainnya yang menjadi peserta Ekspedisi Tembus Tol Trans Jawa ini. Ibu Rini Soemarno sempat berhenti juga di Rest Area Perhutani KM 626, Tol Trans Jawa Ngawi-Kertosono. Ibu Rini Soemarno memang seperti itu, kadang beliau harus bertanya langsung ke jajaran yang paling rendah guna memantau perkembangan yang sebenarnya terjadi di lapangan. Salut banget deh.

Kali kedua saya bertemu langsung dengan Ibu Rini Soemarno, yang pertama saat peliputan Jadi mandiri dengan para blogger di gedung Jadi Mandiri. Pada saat beliau ada di panggung Gerbang Tol Waru Gunung, beliau mengutarakan bahwasanya “Tol Trans Jawa ini sudah dicanangkan sejak lama sekali. Memang saat ini masih ada titik-titik ruas yang belum selesai sepenuhnya. Tapi komitmen kami pada akhir tahun 2018 ini dari Pelabuhan Merak hingga ke Surabaya bisa diresmikan oleh Bapak Presiden Joko Widodo”.

Swafoto bersama Ibu Rini Soemarno dan rekan Blogger. Ekspedisi Tol Trans Jawa
Swafoto bersama Ibu Rini Soemarno dan rekan Blogger. Ekspedisi Tol Trans Jawa

Beliau jua menambahkan, setelah seluruh ruas tol dari Merak hingga Surabaya ini menginjak angka 100 persen dan telah beroperasi, maka pembangunan tol jaringan trans jawa ini akan berlanjut ke Surabaya hingga Probolinggo yang kemudian akan diteruskan sampai Banyuwangi. Tol trans Jawa Surabaya – Banyuwangi menempuh jarak 173 KM. Menurut Ibu Rini Soemarno, pertumbuhan ekonomi akan menyertai kota-kota dari jalan tol yang akan dilewati.

Sebelumnya, Ibu Desy Arryani selaku Direktur Utama PT Jasa Marga Persero Tbk juga menjelaskan di Gerbang Tol Waru Gunung. Menurutnya, ekspedisi ini akan memakan waktu 14 jam perjalanan darat Surabaya-Jakarta. Dan jika seluruh ruas tol trans jawa sudah selesai dan pengembangan ruas tol Jakarta-CIkampek sudah selesai juga, maka waktu tempuh perjalanan darat akan bisa ditempuh hanya dengan 10 jam.

Iring-iringan Rombongan Ekspedisi Tol Trans Jawa. dokpri
Iring-iringan Rombongan Ekspedisi Tol Trans Jawa. dokpri

Ibu Desy Arryani menambahkan, dari Ngawi ke Wilangan masih ada beberapa titik yang menuju tahap sempurna, kalau dari Ngawi ke Solo sudah 100 persen. Dari Solo menuju ke Semarang, lalu ke Kanci dan perjalanan diakhiri di Kota Jakarta.

Ibu Rini Soemarno pada awal perjalanan menggunakan Bus Damri bersama para jajaran direksi, kemudian di tengah-tengah perjalanan beliau beralih menggunakan mobil SUV (Sport Utility Vehicle). Saya pun bersama rekan blogger lainnya juga ikut bergati-ganti kendaraan. Pertama kami menggunakan SUV lalu sampai Rest Area 370B kami menggunakan Bus berukuran sedang.

Menurut saya, kehadiran jalan tol juga bisa diikuti dengan terbukanya lapangan kerja. Hal ini ternyata juga sama dengan yang dipaparkan oleh Ibu Rini Soemarno. Menurut beliau, dengan terbukanya lapangan pekerjaan baru, perlu ditanggap dan dimaksimalkan oleh BUMN sehinggga ekonomi masyarakat setempat juga terdongkrak. “Dengan adanya proyek pengembangan jalan tol baru, pastinya juga akan mendorong pengembangan potensi ekonomi daerah, sehingga yang pada akhirnya akan berpengaruh pada ekonomi nasional secara keseluruhannya,” ucapnya.

SUV Ekspedisi Tol Trans Jawa, dokpri
SUV Ekspedisi Tol Trans Jawa, dokpri

Jadwal Ekspedisi Tembus Tol Trans Jawa

Berikut adalah Summary Ekspedisi Tembus Tol Trans Jawa:

  • Titik kumpul Kantor Gerbang Tol Waru Gunung
  • Jarak tempuh Surabaya-Jakarta kurang lebih 800 Km dengan waktu tempuh 16 jam.
  • Rombongan menggunakan Bus, lainnya SUV (Sport Utility Vehicle).
  • Jam 05.45 WIB Flag Of Start dari Kantor Gerbang Tol Waru Gunung.
  • Pitstop:
    – 08.15: Pit Stop 1, Rest Area Km 597B Jalan Tol Ngawi-Kertosono-Kediri. 144 Km (Istirahat kurang lebih 1 jam)
    – 11.15: Pit Stop 2, Jembatan Kali Kenteng, Jalan Tol Salatiga-Kartosuro. 130 Km (Pemaparan progress proyek Semarang-Solo-Ngawi)
    – 13.45: Pit Stop 3, Jembatan Kali Kuto, Jalan Tol Batang-Semarang. 61 Km (Ishoma, pemaparan progres Proyek Batang-Semarang)
    – 15.45: Pit Stop 4, Rest Area 360B, Jalan Tol Batang-Semarang. 23 Km (Kegiatan dan hiburan)
    – 17.15: Pit Stop 5, Rest Area 260B, Jalan Tol Pejagan-Pemalang. 100 Km (Peninjauan Rest Area 260B)
    – 18.15: Pit Stop 6, Rest Area 229B, Jalan Tol Kanci-Pejagan. 31 Km (Ishoma dan Peninjauan Rest Area 229B)
  • Jam 22.45 WIB Finish di Pit Stop 7 Kantor Telkom Landmark Tower Gatot Soebroto, Jakarta.
Peninjuan Tol Trans Jawa, Kali Kenteng oleh Ibu Rini Soemarno. dokpri
Peninjuan Tol Trans Jawa, Kali Kenteng oleh Ibu Rini Soemarno. dokpri

LEAVE A REPLY

SIlakan ketik komentarmu
Silakan Masukkan namamu disini