Saya teringat beberapa tahun lalu mencari guru les itu sangat susah dan mahal. Walau tidak di semua kota hal tersebut terjadi, tapi kebanyakan di daerah-daerah terpencil sangatlah susah mendapatkan guru les.

Kecanggihan teknologi yang semakin maju akhirnya dapat mendobrak keterbatasan tersebut, kita dimudahkan dengan era yang serba digital, era internet, dan era inovasi yang lebih kreatif. Sarana belajar-mengajar secara online akan meminimalisasikan biaya yang saya sebut mahal diatas.

Aplikasi dan web online bertebaran seperti blog-blog online dengan niche pendidikan, ini memudahkan pengguna dalam belajar online. Jaman yang semakin maju juga menyebarkan informasi dari mulut ke mulut, bahkan sampai tetangga saya yang sudah paruh baya mengerti dengan istilah “belajar dari mbah google“.

Risanda Wijaya HP, CEO Realcom

Selain berkembangnya informasi secara online lewat google, adapula informasi pendidikan yang berupa aplikasi yang dapat dijalankan di smartphone kita. Salah satunya adalah Realcom, yang merupakan aplikasi belajar-mengajar yang bisa di akses seluruh dunia pada smartphone ataupun laptop. Tidak hanya berupa aplikasi smartphone, Realcom juga dapat di akses lewat websitenya secara web-based.

Banyak fitur yang dapat dimanfaatkan oleh Guru ataupun sebagai Murid dalam aplikasi Realcom ini, selain itu aplikasi ini juga gratis. “Realcom telah berjalan selama kurang lebih 2 tahun, dan kami akan terus mengembangkan agar aplikasi ini semakin sempurna”, sebut Risanda Wijaya HP selaku CEO Realcom.

Fitur-fitur yang terdapat dalam aplikasi ini, antara lain:

  • Panggilan Video dan Video konferen

Layanan ini bisa memudahkan guru yang memberikan informasi kepada murid secara jelas dan langsung. Para pengguna juga dapat menggunakan layanan ini dengan mengakses websitenya saja.

  • Bercakap-cakap dengan chat Tanpa Batas Karakter

Fitur chatting (berinteraksi dengan tulisan secaraonline) pada aplikasi Realcom tidak dibatasi karakternya. Jadi para pengguna bisa menulis dan mengobrol dengan teman, guru dengan kalimat yang panjang. Fitur ini juga memudahkan para pengguna untuk mendapatkan informasi secara lengkap dan jelas.

Grup Tanpa Dibatasi Member

Fitur selanjutnya yang ada di Realcom adalah, para guru atau pengajar bisa membuat grup. Grup di Realcom tidak dibatasi dengan jumlah membernya, sehingga grup atau forum dapat memasukkan semua anggotanya ke dalam grup mereka.

  • Terjadwal (Schedule)

Apabila ada pengajar yang sibuk, di aplikasi Realcom, kita bisa menggunakan fitur schedule. Fitur ini akan memudahkan baik untuk pengajar atau pelajar yang akan mengatur waktu dapat belajar atau mengajar sesuai dengan waktu yang sudah ditentukan kedua belah pihak.

Apakah fitur layanannya hanya itu saja? Tentu saja tidak sobat. Masih banyak layanan yang ada di Realcom. Terus terag saya sangat suka dengan aplikasi ini, karena informasi dan berita yang termuat di aplikasi Realcom ini dipastikan tidak ada unsur hoax, tidak ada berita SARA, dan tidak ada unsur-unsur Pornografi. Pihak Realcom menjamin dari setiap informasi yang disebarkan di aplikasinya pasti akan disaring oleh tim Realcom.

Sumber. Addo “Ki-ka. Kiki Handiyani, Risanda Wijaya HP, Endang Purwati, Sevriani.”

Kalau kalian berminat dengan aplikasi belajar-mengajar secara online ini, Aplikasi Realcom bisa kamu unduh di Play store bagi pengguna Android dan App store bagi pengguna Apple.

6 total views, 0 views today

LEAVE A REPLY

SIlakan ketik komentarmu
Silakan Masukkan namamu disini