Presiden Jokowi Resmikan Gedung Baru Fasilitas Pelayanan Perpusnas RI

Presiden RI Joko Widodo Meresmikan Gedung Baru Perpustakaan Nasional RI, sumber: ig @najwashihab

Facebook
Google+
Twitter

Gedung Perpusnas. dokpri

Jakarta, pe-we.com –Kamis 14 September 2017 adalah hari peresmian gedung baru fasilitas pelayanan Perpustakaan Nasional Republik Indonesia. Gedung sebelumnya berada di daerah Salemba, dan yang sekarang berada di Jl. Medan Merdeka Selatan 11 depan Lapangan IRTI, Monas.

Perpustakaan Nasional (perpusnas) ini diresmikan oleh Presiden RI Bapak Joko Widodo (Jokowi) bersama dengan Kepala perpusnas Bapak Much Syarif Bando yang didampingi oleh Bapak Gubernur Djarot Syaiful Hidayat, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy, Menteri Riset dan Pendidikan Tinggi M. Nasir. Selain itu hadir pula wakil pimpinan redaksi Metro TV, Najwa Shihab yang saat ini menjabat sebagai duta baca 2016-2020.

“Saya ingin melihat langsung bagaimana Perpustakaan Nasonal Republik Indonesia mempersiapkan diri untuk masa depan. Ini merupakan persiapan diri untuk masa depan karena sudah digagas Presiden Sukarno 65 tahun yang lalu dan baru kami kerjakan pada saat ini. Pembangunan gedung ini dikerjakan dua tahun enam bulan dan selesai dengan kondisi yang sangat baik,” kata Jokowi

Pak Presiden Jokowi juga mengingatkan agar Perpustakaan Nasional dapat menyesuaikan dengan perkembangan digital saat ini. Sehingga, diharapkan dapat mengikuti perkembangan dunia. “Perhatikan dan pelajari bagaimana orang mengonsumsi buku, mengkonsumsi tulisan. Lalu, sesuaikan dengan tren yang ada,” Ujar Jokowi

Tidak hanya masyarakat umum yang bisa menikmati, perpusnas juga bisa dinikmati oleh teman-teman penyandang disabilitas. Layanan khusus bagi disabilitas tuna netra, ada juga ruangan khusus anak-anak, dan ada ruangan untuk menyusui. Sedangkan, bagi para pengunjung lansia diberikan pelayanan khusus, termasuk ada petugas yang mendampinginya agar mudah bereksplorasi seperti masyarakat umum.

Pak Jokowi sedang memperhatikan minat baca dari penyandang disabilitas tuna netra, sumber: ig @najwashihab

Gedung perpusnas yang baru ini memiliki 24 lantai, dan ada tambahan tiga lantai basement untuk tempat parkir serta gudang. Lahan gedung ini berdiri di atas lahan seluas 11.886 meter persegi dengan luas bangunan 50.445 meter persegi. Bahkan Presiden Jokowi ketika meresmikan gedung ini juga mengatakan “Untuk sebuah gedung perpustakaan, Gedung Perpusnas RI adalah gedung yang tertinggi di dunia. Sangat besar dan mewah sekali untuk ukuran sebuah perpustakaan”

BACA JUGA: Perjalanan Menjelajahi Dunia Buku

Pak Jokowi berkali-kali memuji fasilitas perpustakaan dengan harapan besar bisa dimanfaatkan oleh masyarakat luas, ia juga menegaskan ini harus betul-betul maksimal pemanfaatannya. “Bagaimana kemudian ini bisa bermanfaat, ini penting untuk kita masyarakat untuk menjadikan perpustakaan ini tempat yang bisa betul-betul menjadi center of knowledge, sudah ada fasilitasnya. Sekarang tinggal bagaimana memanfaatkannya,” lanjut dia

Pak Jokowi meninjau langsung fasilitas yang ada di Perpusnas RI, sumber: ig @najwashihab

Ternyata dari tiap lantai yang ada di perpusnas memiliki fungsi masing-masing, sebut saja seperti, lantai 2 berisi ruang layanan keanggotaan dan ruang audiotorium (teater), lantai 3 adalah zona promosi budaya baca, lantai 4 adalah ruang pameran koleksi perpustakaan, dan seterusnya. Untuk lebih lengkapnya bisa melihat secara lengkap digambar bawah ini:

Directory per lantai gedung Perpusnas RI, sumber: Biro Hukum dan Perencanaan Perpusnas RI

Gedung Perpusnas RI bisa menjadi tempat tujuan para eksekutif muda maupun mahasiswa dan para freelance untuk memanfaatkan fasilitas peminjaman buku dan fasilitas Wi-Fi nya, ya tentu saja bisa karena perpusnas juga dilengkapi fasilitas internet cepat dan gratis. Ruangan yang ber-AC menjadi tambahan kenyamanan para pengunjung. Tunggu apalagi sih? Jangan sia-siakan Perpustakaan yang lengkap dan megah ini. Mari ramai-ramai datangi Perpustakaan Nasional, menyerap ilmu, berbagi bersama komunitas, menjelajah dunia bersama buku. Perpustakaan Nasional ini mulai dibuka untuk umum pada 9 Oktober mendatang. Rencanakan jadwalmu untuk menjadi bagian dari Perpustakaan Nasional RI ini, pendaftaran menjadi anggota perpusnas besifat gratis, kalian hanya tinggal mendaftar secara online ataupun offline di sekretariat perpusnas lantai dua, kemudian kalian akan mendapatkan kartu perpusnas yang berlaku hingga lima tahun.

Operasional Perpustakaan Nasional RI

  • Senin – Jumat: pukul 07.30 WIB s/d pukul 18.00 WIB.
  • Sabtu dan Minggu : dibuka hingga pukul 16.00 WIB.

Info Alamat, Web dan Medsos Perpustakaan Nasional RI

  • Website: perpusnas.go.id atau pnri.go.id/beranda
  • Pendaftaran online: keanggotaan.perpusnas.go.id
  • Twitter: @Perpusnas1
  • Email: info@perpusnas.go.id

Alamat Lengkap Perpustakaan Nasional RI: ​
Jl. Medan Merdeka Sel. No.11, RT.11/RW.2, Gambir, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10110

Enlarge Map Get Directions

Koleksi foto di lokasi yang terekam dari kamera Penulis:

Lukisan Bung Karno
Koleksi Lukisan Perpusnas
Koleksi Lukisan Perpusnas
Ruangan di lantai tiga
Koleksi Lukisan Perpusnas
Koleksi Lukisan Perpusnas
Ruang Audiotorium/Teater
Rak Buku Setinggi 4 lantai
Lukisan Pak Jokowi
Lukisan Bung Karno, Bung Hatta, dan para Pahlawan lain
Lukisan Presiden (1)
Lukisan Presiden (2)
Blogger selfie dengan Najwa Shihab
Rak Buku setinggi 4 lantai
Anak-anak pemain Angklung dengan baju daerah
Pak Jokowi sedang bersiap menandatangani Peresmian Perpusnas RI
Tulisan Perpustakaan Nasional

LEAVE A REPLY

SIlakan ketik komentarmu
Silakan Masukkan namamu disini