Ada terobosan baru yang diterapkan oleh Polda Metro Jaya untuk melawan penyebaran berita bohong atau hoaks. Melalui portal media online baru pmjnews.com pihak Polda Metro Jaya dapat memberikan informasi dan edukasi dengan cepat, tepat dan akurat kepada khalayak ramai.

Peluncuran PMJnews

Pada awal acara, di buka dengan pembacaan doa, kemudian sambutan pertama menghadirkan Kabid Humas Polda Metro Jaya, Raden Prabowo Argo Yuwono. Beliau yang juga sebagai prakarsa Divisi Humas Polda Metro Jaya menjelaskan penggunaan format portal berbasis android akan dapat menopang kinerja Humas Polda Metro Jaya. beliau menuturkan, “Kita harapkan keberadaan media online pmjnews.com ini menjadi suatu cara yang paling tepat dalam penyampaian informasi yang cepat dan akurat kepada masyarakat guna meningkatkan kualitas kinerja suatu satuan kerja”.

“Sehingga dapat melayani publik secara prima dan meningkatkan kepercayaan publik terhadap Polri dari waktu ke waktu,” ucap Kabid Humas Polda Metro Jaya yang juga sebagai upaya Divisi Humas Polda Metro Jaya, menurut Argo, merupakan bagian dari upaya mewujudkan polisi yang profesional, modern dan terpercaya.

Tambahnya lagi, Pembentukan pmjnews.com merupakan salah satu program yang kepolisian untuk merangkai dan menghubungkan informasi dari seluruh jajaran Polda Metro Jaya. “Kita canangkan, untuk memberikan informasi yang benar kepada masyarakat untuk menangkal bahaya hoaks. Saya berharap pmjnews.com bisa terdepan dan terpercaya dan acuan kalau ada hoaks atau pemberitaan miring bisa kita luruskan. Harapannya semua fungsi-fungsi menjadi data, dan di humas punya big data dari Polsek, Polres, Polda. Kita punya data dengan cepat dan terpercaya,” ucap Kabid Humas Polda Metro Jaya.

PMJnews menurut Kapolda Metro Jaya

Kemudian Kapolda Metro Jaya Idham Azis memberikan sambutannya saat peresmian portal aplikasi pmjnews.com, “Tujuan diluncurkannya pmjnews.com ini untuk menangkal dan melawan berita bohong atau hoaks yang kini begitu masif dan sangat berpengaruh negatif bagi persatuan dan kesatuan bangsa.” Acara peresmian tersebut bertempat di Gedung Promoter Polda Metro Jaya Jakarta, Kamis (15/11/2018) yang juga dihadiri oleh berbagai media, tokoh masyarakat, dan juga blogger.

Kapolda Metro Jaya Idham Azis menambahkan, “Kita sangat memperhatikan perkembangan informasi terutama dari media sosial yang banyak sekali peredaran informasi hoaks. Beredarnya berita hoaks yang semakin ganas saat itu pun telah menjadi konsumsi sehari-hari masyarakat dan dianggap sebagai informasi atau berita yang benar adanya. Berangkat dari keprihatinan inilah, pmjnews kita harapkan bisa memberikan informasi benar, cepat, akurat dan tepat untuk melawan hoaks tersebut,”

Idham Azis juga mengintruksikan dan mengajak semua kesatuan di jajaran Polda Metro Jaya, Polres hingga Polsek untuk bersinergi dan bekerja sama dengan pmjnews dalam menginformasikan berita kepada masyarakat. “Khususnya yang berkaitan dengan informasi publik dari kepolisian. Mari kita dukung bersama pmjnews.com untuk berkembang bersama. Menjadi tanggung jawab kita semua agar masyarakat benar-benar mendapat informasi yang benar dan tepat”.

Sambutan-sambutan lain mengenai peluncuran PMJnews

“Saya menyambut baik hadirnya portal pmjnews.com sebagai portal yang berada dibawah Polda Metro Jaya. Dari pmjnews.com inilah kita harapkan, bisa memberikan informasi yang benar dan terpercaya untuk melawan informasi hoaks. Kita semua prihatin dengan berita hoaks yang beredar luas,” sebut Ketua Dewan Pers Yosep Adi Prasetyo.

Sambutan lain dari Ketua Komisi Penyiaran Indonesia Pusat Juliandre Darwis mengatakan pmjnews.com adalah sebuah platform berbasis aplikasi mobile untuk mendapatkan informasi yang benar serta menangkal hoaks. Menurut Juliandre Darwis, saat ini segala macam informasi semakin mudah diakses oleh banyak orang, namun arus informasi yang tidak terkontrol membuat opini negatif di masyarakat. Berikut pesannya, “Sekarang, bukan fakta lagi yang membentuk opini tapi sebaliknya. Oleh sebab itu, sebagai corong terdepan penyebaran informasi yang benar, bidang humas kepolisian harus diberi ruang yang memang menjadi catatan khusus bagaimana menceritakan atau melembagakan Polda Metro Jaya dalam sebuah substansi yang positif di masyarakat”.

Juliandre mengharapkan penyebaran berita hoaks yang terjadi di masyarakat, khususnya di wilayah Polda Metro Jaya, akan dapat menurun dengan kehadiran pmjnews. “Pmjnews harus diisi oleh orang-orang atau personel yang profesional yang menjadi role model bagaimana etika jurnalis saat ini sudah mulai tergerus dengan suasana kepentingan kekuasaan. Oleh sebabnya, dalam bidang jurnalistik dan penyiaran KPI Pusat selaku Lembaga negara mengapresiasi hadirnya pmjnews sebagai bentuk keberimbangan dan semangat bahwa jurnalis memang hidup di tengah-tengah masyarakat dalam kondisi dinamika yang kita pahami saat ini,” paparnya.

Bersama Para Blogger Saat Peluncuran Portal Berita Online PMJnews
Bersama Para Blogger Saat Peluncuran Portal Berita Online PMJnews

Miris memang, menurut saya kebanyakan dari masyarakat Indonesia tidak memiliki pengetahuan dan sumber yang cukup untuk membedakan informasi atau berita yang benar berdasarkan fakta atau tidak, terutama di kalangan anak-anak jaman naw. Oleh karena itu, menurut informasi yang saya terima ketika menghadiri acara peluncuran PMJnews ini, bahwa Kapolda Metro Jaya Idham Azis mengharapkan pmjews.com menjadi media rujukan pemberitaan media yang mudah dioperasikan sesuai dengan fakta dan data yang akurat dari sumber terpercaya di Polda Metro Jaya.

Mari kita menyebar informasi yang akurat dan terpercaya.

LEAVE A REPLY

SIlakan ketik komentarmu
Silakan Masukkan namamu disini