Perbaiki Sendiri Hard Disk Yang Terkena Bad Sector. Hard Disk merupakan media penyimpanan data yang sangat penting untuk pemakaian komputer. Kerusakan pada hard disk banyak macamnya, salah satunya adalah kerusakan hard disk yang disebabkan karena bad sector. beberapa kerusakan hard disk yang terkena bad sector dapat disebabkan karena beberapa hal, yang antara lain :

Hard Disk
Hard Disk
  • Hard disk terjatuh dan merusak fisik mekanik didalamnya atau kasus yang paling minim terjadi adalah bad sector.
  • Aliran power supply yang tidak stabil dapat menyebabkan bad sector, aliran daya dari power supply tidak stabil ini dapat menyebabkan kerusakan fatal dan yang paling parah dapat merusak controller hard disk dan motornya sehingga akan menjadikan hard disk rusak total.
  • Cacat produksi dari pabrik dapat juga menyebabkan kerusakan pada hard disk, seperti bad sector, delay looping sampai tidak dapat terbaca pada komputer (bios).
  • Pengkopian data yang tidak sampai selesai atau tidak sempurna, menghentikan secara paksa proses mentransferan data juga dapat menyebabkan indikasi terkena masalah bad sector pada hard disk. Pada kasus ini biasanya terjadi pada hard disk ekstenal. Kalau itu terjadi pada Flash Disk maka akan terjadi kerusakan pada chip memorinya.
  • Faktor dari suhu ruangan casing pada komputer/laptop yang tidak baik juga dapat menyebabkan kerusakan pada hard disk.

Suatu kondisi dimana dapat memperbaiki hard disk yang terkena masalah bad sector adalah kondisi dimana piringan hard disk masih bisa berputar dengan baik, keadaan motor dan controller dari hard disk masih bisa bekerja. Ada beberapa cara yang dapat digunakan dalam memperbaiki masalah bad sector pada hard disk, antara lain dengan cara :

Menggunakan Software Hddreg

Hddreg merupakan singkatan dari hard disk regenerator yang khusus bermaksud untuk memperbaiki hard disk yang sedang dalam keadaan bad sector. Pihak pembuat hddreg menggaransi isi hard disk tetap bisa dipakai setelah repair hard disk yang terkena bad sector. Software yang berbasis windows sifatnya free trial, setelah masa trial habis maka apabila pemakai ingin tetap memakai software ini disarankan untuk membeli software ini pada developer dari hddreg. Sedang software yang berbasis under dos sifatnya free, disini kita memakai versi hddreg yang ada pada Hiren’s tools menggunakan versi hddreg under dos.

Langkah-langkah menggunakan software hddreg adalah sebagai berikut :

  • Silakan Boot dari CD Hiren’s atau flashdisk bootable Hiren’s.

Setelah menyalakan komputer pada pertama kali, masuk ke bios. Apabila menggunakan CD Hiren’s, maka aturlah Primary Boot atau First Boot ke posisi CDROM atau DVDROM. Sedangkan apabila menggunakan Flashdisk Bootable Hiren’s, maka aturlah Primary Boot atau First Boot ke posisi USB-HDD atau pada bios tertentu pengaturan bisa melewati pengaturan hard disk. Setelah mengatur bios, simpan bios dengan kunci F10 dan restart komputer.

  • Pada progam pemilihan menu, pilih menu “Dos Program” (lihat gambar)
Tampilan Awal HBCD. Sumber:dok.pribadi
Tampilan Awal HBCD. Sumber:dok.pri
  • Kemudian pilih Menu selanjutnya. Pilih “Custom Menu” atau dengan memilih numerik 8. (lihat gambar)
Custom Menu pada Hiren's Boot CD. Sumber:dok.pri
Custom Menu pada Hiren’s Boot CD. Sumber:dok.pri
  • Pilih program “HddRegenerator” yang tertera pada layar. (lihat gambar)
Pilih program “HddRegenerator”. Sumber: dok.pribadi
Pilih program “HddRegenerator”. Sumber: dok.pri
  • Tunggu proses, setelah masuk ke program hddreg pilih option nomor dengan menginput tombol numerik sesuai keterangan layar.
  • Sekarang kita tinggal menunggu, apabila ada sector yang terkena bad maka ada legend B berwarna merah pada layar hddreg.

Menggunakan Software Hdat2

Pada software hdat2 kegunaannya sama dengan hddreg, hanya saja tampilan yang agak berbeda karena memang pembuatnya berbeda. Hdat2 juga mampu memperbaiki bad sector pada hard disk tanpa merusak data hard disk yang ada didalamnya. Progam hdat2 kebanyakan masih berjalan pada MS-DOS, progam hdat2 juga terdapat pada Hiren’s tools.

Berikut langkah-langkah memperbaiki hard disk yang terkena bad sector pada program hdat2 :

  • Silakan Boot dari CD Hiren’s atau flashdisk bootable Hiren’s.

Cara yang sama pada pengoperasian ini terlihat pada poin pertama pada proses perbaiki sendiri hard disk yang terkena bad sector menggunakan HDDREG, berikut caranya: setelah menyalakan komputer pada pertama kali, masuk ke bios. Apabila menggunakan CD Hiren’s, maka aturlah Primary Boot atau First Boot ke posisi CDROM atau DVDROM. Sedangkan apabila menggunakan Flashdisk Bootable Hiren’s, maka aturlah Primary Boot atau First Boot ke posisi USB-HDD atau pada bios tertentu pengaturan bisa melewati pengaturan hard disk. Setelah mengatur bios, simpan bios dengan kunci F10 dan restart komputer.

  • Hiren’s tools akan mengambil alih boot awal, kemudian akan tampil progam pemilihan menu, selanjutnya pilih menu “Dos Program”.
Tampilan Awal HBCD. sumber:dokpri
Tampilan Awal HBCD. sumber:dokpri
  • Pada menu selanjutnya masukan input numerik angka 6 atau arahkan panah atas – bawah pada menu tulisan “Harddisk Tools”.
Memilih Hard Disk Tools. sumber:dok.pri
Memilih Hard Disk Tools. sumber:dok.pri
  • Masukkan kembali input numerik angka 1 atau arahkan panah atas – bawah pada menu tulisan “Hdat2”.
Software Hdat2. sumber:dok.pri
Software Hdat2. sumber:dok.pri
  • Tunggu proses hingga masuk program hdat2.
  • Pilih harddisk yang akan di cek.
  • Pemilihan option pilih “check and repair”.
  • Pada prosesnya sama dengan hddreg, tunggu hingga selesai. Apabila ada bad sector akan ditandai dengan legend “B”
  • Setelah selesai memindai harddisk, restart komputer dan hard disk sudah kembali sehat dan siap digunakan.

Setelah menggunakan dua cara diatas apakah hard disk Anda masih bermasalah? Tutorial ini tidak berhenti di sini saja kawan, saya akan melanjutkan sesi perbaiki sendiri hard disk yang terkena bad sector pada tulisan saya yang lain. Semoga dengan adanya sedikit ilmu dari saya bisa meringankan beban Anda yang terkena masalah ini.

Untuk yang belum mempunyai software Hiren’s Boot CD, bisa di download di sini (silakan komen di kolom komentar apabila link telah expired). Software ini sifatnya adalah freeware, sehingga tidak menyalahi hak cipta siapapun sehingga bebas digunakan. Software Hiren’s Boot CD atau biasa disingkat HBCD adalah software wajib yang dimiliki oleh para teknisi komputer. Tak apalah menjadi teknisi dadakan yang penting data pada hard disk bisa terselamatkan terlebih dahulu karena pasti penting dong data-data yang ada di dalamnya.

Tutorial Perbaiki Sendiri Hard Disk Yang Terkena Bad Sector part 2

LEAVE A REPLY

SIlakan ketik komentarmu
Silakan Masukkan namamu disini