Tahun 2017 menjelang tahun 2018 ini memang jaman yang serba digital, kita bisa mencari apapun kapapun dan dimanapun. Seperti halnya mencari informasi Pendidikan untuk anak, dengan kecanggihan gadget dan jaringan informasi yang dimiliki internet tak dipungkiri kita bisa melakukan hal tersebut. Bisa saja sih kita percaya atau menggali informasi lebih dalam hanya dengan perangkat google, tetapi alangkah baiknya apabila kita mencari di acaranya langsung. Karena informasi yang didapat dari bertanya dan berkonsultasi langsung merupakan titik terbaik, jelas ini hubungannya dengan pendidikan. Tidak semua hal bisa kita amini hanya karena info di mesin pencari terbesar seperti google.

Pendidikan buat anak sangat berpengaruh di kehidupan dewasa kelak, tidak bisa menutup sebelah mata bahwa seorang anak mempunyai ingatan yang hebat sehingga minat dan bakat tergali dari sana. Disini diperlukan peran orang tua yang terarah untuk pendidikan anak-anaknya. Biaya pendidikan saat ini tidaklah murah, banyak orang tua yang menyerah lalu memberikan pendidikan pada anak-anaknya di sekolah seadanya. Seharusnya tidak seperti itu, para orang tua harus menyisihkan dana pendidikan yang terencana untuk anak-anaknya, toh pada akhirnya yang diuntungkan juga para orang tua yang dengan bangga hati mempunyai anak-anak cerdas dan berprestasi.

Kebetulan pada tanggal 20 - 22 Oktober 2017, ada pagelaran event edukasi oleh Sun Life Edu Fair 2017 bertempat di mal Kota Kasablanka, Jakarta Selatan. Sun Life menawarkan program perencanaan dana pendidikan bagi orang tua yang memikirkan nasib pendidikan anak-anaknya kelak, selain itu Sun Life juga memberikan alternatif sekolah-sekolah unggulan yang ikut berpartisipasi dalam acara tersebut. Saya datang ke acara event Sun Life Edu fair bersama teman-teman Blogger Mungil (BloMil), keseruan acara mereka tampilkan dengan banyak event seperti menyanyi, menari, story teller, dan lain-lain. Selain itu pihak Sun Life juga menawarkan beberapa produk mereka dalam hal dana pendidikan.

Setiap hari, pada event yang diadakan Sun Life menampilkan agenda yang berbeda-beda. Saya dan BloMil datang pada tanggal 22 Oktober 2017, atau hari terakhir dari pagelaran event Sun Life. Sebelumnya ada juga yang datang pada tanggal sebelumnya bersama BloMil juga. Event tersebut dilaksanakan di Atrium Area dan Mosaic Area Mal Kota Kasablanka. Dari awal acara hingga akhir acara saya mengikuti kegiatan tersebut, peran aktif orang tua yang datang berkunjung ke pagelaran event tersebut serta pihak Sun Life sangat menginspirasi saya untuk ikut berpikir menyiapkan dana pendidikan untuk anak-anak saya.

Pada hari Sabtu (21/10) dan Minggu (22/10) ada agenda yang menampilkan para bintang selebritis dalam acara TalkShow dan Celebrity Performance, pada hari terakhir event edukasi ini menampilkan Ringgo Agus Rahman dan Sabai yang ikut mengisi talkshow tentang dunia parenting "Pola Asuh Di Dunia Digital" dan rencana-rencananya dalam hal edukasi juga saving dana pendidikan untuk Bjorka --anaknya kelak. Pada hari sebelumnya, TalkShow diisi oleh Mona Ratuliu dengan tema "Pola Asuh Anak Lintas Generasi." Berikut sekilas liputan dalam bentuk video:

Ringgo mengaku dirinya senang kalau kegiatan keluarganya diposting ke media sosial. Baginya, perkembangan teknologi bisa membawa dampak positif terhadap perkembangan anak. Syarat yang terpenting, anak diberikan basic pendidikan yang kuat. berikut penuturan Ringgo, "Saya selalu membuat video-video untuk Bjorka, biar nanti pas besar dan sudah mengerti, dia tahu bagaimana sayangnya orangtuanya kepada dia. Media sosial sekarang sangat membantu dalam mendokumentasikannya." Kemudian Sabai Morscheck menambahkan, bahwa mereka juga sering memanfaatkan video-video digital sebagai sarana permainan untuk anak, biasanya yang bersifat musik, musik baginya bisa membuat aktivitas keseharian anak menjadi lebih menyenangkan.

"Anak-anak sekarang lebih pintar dan cepat belajar dalam menggunakan gadget, sementara orang tuanya banyak yang masih gaptek. Padahal kalau dimanfaatkan dengan baik, teknologi juga dapat memberikan manfaat positif untuk tumbuh berkembang anak, oleh sebab itu diharapkan orang tua sekarang harus lebih melek teknologi," tutur Norman Chief Agency Officer Syariah Sun Life Financial Indonesia.

PT. Sun Life Financial Indonesia (“Sun Life”)

Sun Life Edufair yang beberapa waktu sudah selesai digelar, merupakan wujud nyata komitmen dan kontribusi pihak Sun Life dalam mengedukasi masyarakat terutama dalam hal memiliki perencanaan keuangan yang ternyata sangat penting. Salah satunya adalah perencanaan untuk dana pendidikan anak.

Dalam penyelenggaraan event edukatif ini, pihak Sun Life menghadirkan sekolah-sekolah unggulan, diantaranya ada 20 sekolah formal, dan 5 sekolah informal atau home schooling. Indonesia menempati urutan atas dalam kategori minat pendidikan sebagai prioritas utama, banyak para orang tua mengorbankan tabungan sisa hari tua mereka agar dapat terus menyekolahkan anak-anaknya sehingga tercapai kebutuhan pendidikan bagi anaknya. Pihak Sun Life mengerti akan hal ini, sehingga para orang tua juga di edukasi tentang perencanaan tabungan pendidikan. Para orang tua dibebaskan untuk mulai menyusun perencanaan keuangan yang tepat untuk pendidikan anak mereka.

Sun Life juga menghadirkan portal Bright Education, portal ini berisi informasi sekolah-sekolah yang berjumlah 25 beserta profil sekolahnya. Sehingga para orang tua dapat memilih referensi #LebihBaik sesuai dengan bakat, minat dan aspirasi dari buah hatinya. Portal Bright Education juga mempunyai fitur-fitur lain yang bermanfaat selain Fitur Sekolah. Fitur-fitur lain tersebut adalah  Fitur Perbandingan (sebagai pembanding sekolah),  Fitur Kalkulator (sebagai simulasi dana pendidikan anak), dan Fitur Artikel (sajian tips menarik seputar dunia pendidikan).

LEAVE A REPLY

SIlakan ketik komentarmu
Silakan Masukkan namamu disini