Mengenal ERP (Enterprise Resource Planning)

Definisi dari ERP bisa disebutkan bahwasanya ERP adalah sebuah sistem informasi, software dan juga framework yang diperuntukan dalam proses manajemen inventarisasi dan juga kontrol perusahaan, perencanaan untuk distribusi barang, proses produksi, keuangan, pemesanan barang serta sejumlah aktivitas yang terkait dengan industri atau perusahaan dengan basis digital.

Oracle Netsuite
Oracle Netsuite

Saat ini, sistem ERP (Enterprise Resource Planning) terbilang banyak dibutuhkan oleh perusahaan dikarenakan banyaknya kelemahan dari sistem informasi lama yang bersifat terpisah. Sedang kalau berbicara soal apa keuntungan dari sistem ERP ini bisa di sebutkan antara lain:

  • Sistem yang terintegrasi, sistem terintegrasi memberikan tingkat data valid yang lebih tinggi dibandingkan dengan sistem lama yang masih terpisah. Selain itu sistem integrasi pada ERP(Enterprise Resource Planning) juga menghilangkan redudansi data.
  • Kecepatan dalam memperoleh informasi. Dengan menggunakan sistem ERP(Enterprise Resource Planning), perusahaan dapat mendapatkan informasi yang lebih cepat dikarenakan tidak harus mengintegrasi data yang ada.
  • Kepraktisan dalam penggunaan. Berbeda dengan sistem informasi lama yang memiliki akun disetiap sistem yang akan diakses. ERP(Enterprise Resource Planning) menawarkan kepraktisan pada pengguna sistem/ user dengan hanya menggunakan satu portal akses.
  • Kontrol terhadap keamanan, ketersediaan serta kehandalan sistem yang menjadi lebih mudah dikarenakan sistem ERP(Enterprise Resource Planning) yang terintegrasi.

Setelah mengerti dan menjelaskan ERP, saya juga mendefinisikan secara sederhana bahwa ERP merupakan “Program Akunting” yang dijalankan secara digital terkomputerisasi baik secara online maupun secara offline.

Aplikasi Desktop Oracle Netsuite. sumber: netsuite.com
Aplikasi Desktop Oracle Netsuite. sumber: netsuite.com

Oracle NetSuite

Demi mempersiapkan era revolusi industri 4.0, banyak perusahaan-perusahaan yang juga harus mengikuti perkembangan revolusi industri 4.0. Oleh sebab itu Oracle memperkenalkan salah satu program ERP dengan nama Netsuite. Oracle Netsuite ini berjalan dengan sistem cloud, sehingga ERP dapat terupdate secara baik secara online dimanapun dengan sekuritas yang tinggi.

27 November 2018 kemarin, saya beserta rekan-rekan blogger dan media menghadiri sebuah gathering di kantor Edsen untuk mengenal lebih lanjut tentang Oracle Netsuite. Sebagai pembicara yang akan mengedukasi blogger dan media adalah Kakak Sally Christina selaku Bussiness Consultant dan Bapak Harry Satria selaku Project Manager perwakilan dari Edsen Consulting. Terhitung kali kedua saya datang ke kantor Edsen Consulting, yang sebelumnya dari pihak Edsen Consulting mengedukasi para blogger dan media untuk layanan Anaplan.

Bersama Dengan Para Blogger Mengenal Oracle Netsuite. Foto: Tauhid
Bersama Dengan Para Blogger Mengenal Oracle Netsuite. Foto: Tauhid

Mereka berdua menjelaskan secara jelas manfaat dari layanan Cloud ERP keluaran Oracle Netsuite yang menawarkan kemudahan-kemudahan bagi perusahaan dalam menjalankan bisnisnya. Seperti dalam mengatur manajemen perusahaan yang akan berjalan secara realtime dari setiap divisi sehingga dapat teroganisir dengan baik.

Di Indonesia, layanan dari Oracle Netsuite sudah hadir sejak tahun 2017 silam. Edsen Consulting ini menjadi salah satu perusahaan penyedia layanan Oracle Netsuite berbasis Cloud ERP, banyak sudah perusahaan-perusahaan terkenal memakai jasa layanan dari Edsen Consulting — salah satunya adalah produk GoPro, seperti di kutip Bapak Harry Satria, Project Manager Edsen Consulting.

Aplikasi Mobile Cloud ERP Oracle Netsuite. Foto: Ditopucino
Aplikasi Mobile Cloud ERP Oracle Netsuite. Foto: Ditopucino

Siapa saja yang membutuhkan Oracle Netsuite ini? Tentunya memang disarankan adalah perusahaan menengah keatas. Perusahaan Small Medium Enterprise sudah sangat membutuhkan perencanaan secara ERP yang bisa terintegrasi secara realtime. Dengan kemampuan akses layanan di manapun dan kapanpun dapat memudahkan perusahaan apapun.

1 Komentar

LEAVE A REPLY

SIlakan ketik komentarmu
Silakan Masukkan namamu disini