Masyarakat Indonesia sudah biasa mengenal kata “mudik”, mudik adalah kebudayaan turun menurun yang sudah menjadi tradisi ketika bulan Ramadan hampir berakhir. Kegiatan tahunan ini biasanya menjadi sarana silaturahmi bertemu dengan orang tua, sanak saudara, dan teman lama. Nah sekarang sudah tanggal berapa? Yup, lebaran sebentar lagi. Mudik boleh-boleh saja, tapi mudik itu harus sehat, aman, dan selamat.

Kesiapan apa saja sih yang harus dipersiapkan ketika mudik

Lebaran yang sudah di depan mata jelas menjadi perhatian yang lebih bagi warga muslim Indonesia, kesiapan mudik perlu perhatian khusus mengingat banyaknya musibah yang terjadi ketika musim mudik tiba di tahun-tahun yang lalu. Tentu ketika kita mudik maunya ya sehat, aman, dan selamat ya.

Nah kemarin pada tanggal 05 Juni 2018 di Kawasan Terminal Kampung Rambutan Jakarta, ada informasi penting tentang mudik yang sehat, aman, dan selamat. Banyak ilmu yang bisa kita ambil, acara tersebut merupakan acara yang diselenggarakn oleh Kementrian Kesehatan RI, sampai-sampai Menteri Kesehatan Ibu Prof. Dr Nila Djuwita F Moeloek SpM (K) datang juga loh demi mempersiapkan dan mengingatkan para pemudik tentang kelengkapan mudik dan kesiapsiagaan ketika mudik.

Ibu Menteri mengingatkan mudik tersebut tidaklah sepele walau terlihat sepele, seperti ketika sebelum berkendara untuk keperluan mudik harus mempersiapkan kesehatan fisik, memeriksakan kondisi kendaraan, beristrahat ketika lelah, dan lain sebagainya.

Mudik Sehat, Aman, dan Selamat
Mudik Sehat, Aman, dan Selamat

Ibu Nila Djuwita F Moeloek menekankan tentang perhatian dan pembiasaan diri untuk menerapkan pola mudik sehat, aman, dan selamat sehingga tercipta kenyamanan. Dalam acara mudik sehat, aman, dan selamat tersebut juga ada hiburan band dan ngabuburit hingga buka puasa bersama. Selain berbicara menyampaikan informasi kepada para blogger, wartawan, dan perkumpulan dari beberapa komunitas, Ibu Nila Djuwita F Moeloek juga berkeliling untuk melihat kesiapan menyambut para pemudik di Kawasan Terminal Kampung Rambutan, Jakarta.

Tips Mudik Sehat, Aman, dan Selamat

Swafoto Para Blogger dan Ibu Menteri Kesehatan RI
Swafoto Para Blogger dan Ibu Menteri Kesehatan RI

Saya mengikuti acara tersebut, bahkan sempat ber-swafoto juga dengan Ibu Menteri Kesehatan Republik Indonesia bersama para blogger. Dari rangkuman kegiatan yang saya ikuti tersebut, saya mendapatkan banyak informasi seputar kesiapan mudik sehat, aman, dan selamat. Pesan penting yang dapat saya ambil di antaranya adalah:

  1. Siapkan fisik yang sehat dan prima sebelum mudik.
  2. Periksa kondisi kelayakan kendaraan.
  3. Tidak meminum obat-obatan atau minuman yang menyebabkan kantuk, sebelum dan selama mengemudi.
  4. Beristirahat selama 15 menit setiap setelah mengemudi selama 4 jam
  5. Jangan paksakan mengemudi bila sudah lelah atau mengantuk.
  6. Disiplin dan patuh terhadap rambu lalu lintas
  7. Kendalikan kecepatan kendaraan pada kondisi pada kondisi jalanan rusak, bergelombang saat hujan, dan cuaca buruk.
  8. Kendaraan tidak melebihi muatan yang layak.
  9. Gunakan masker dan lindungi diri dari polusi udara.
  10. Jangan mengkonsumsi makanan atau minuman yang diberikan orang yang tidak dikenal.
  11. Cuci tangan pakai sabun dan air mengalir sebelum makan.
  12. Konsumsi makanan dan minuman yang sehat.
  13. Buanglah sampah pada tempatnya.
  14. Tidak buang air kecil/besar sembarangan, gunakan toilet yang tersedia.
  15. Bila sakit manfaatkan pos kesehatan terdekat.
Mudik Sehat, Aman, dan Selamat
Mudik Sehat, Aman, dan Selamat. sumber: twitter kemenkes RI

Semoga perjalanan mudik kita kali ini tetap menjadi mudik sehat, aman, dan selamat yah. Kalau ada pengalaman mudik yang penting dari orang lain seyogyanya kita ambil sebagai pelajaran dan menghindari kesalahan-kesalahan yang telah lalu. Berhubung sebentar lagi lebaran, saya pribadi mengucapkan Selamat Idul Fitri 1439 H – Mohon Maaf Lahir Batin.

LEAVE A REPLY

SIlakan ketik komentarmu
Silakan Masukkan namamu disini