Bumi semakin menginjak masa peralihan yang di luar kuasa manusia. Pemanasan global terjadi di hampir semua belahan bumi. Earth Hour merupakan sebuah upaya manusia agar bumi ini tetap sehat dan layak huni bagi penduduknya.

Global Warming - Earth Hour 2019. Sumber:express.uk
Global Warming – Earth Hour 2019. Sumber:express.uk

Tahun ini, Earth Hour 2019 jatuh pada tanggal 30 Maret 2019 pukul 19.30 hingga 20.30 WIB. Setiap tahunnya Earth Hour diadakan pada hari sabtu terakhir di bulan Maret. Saya pun ikut memeriahkan Earth Hour 2019 yang dilaksanakan di Hotel Aston Priority Simatupang, Jakarta.

Dalam memeriahkan Earth Hour 2019 turut pula hadir Bapak Sanardi Adam, dan ada pula anak-anak dari SD Kebagusan 01, Jakarta. Anak-anak SD Kebagusan 01, Jakarta ini menampilkan tarian tradisional juga ada penampilan pembacaan puisi tentang Pemanasan Global pada Bumi.

Bapak Sanardi Adam, Seniman Betawi - Earth Hour 2019 Hotel Aston Priority Simatupang
Bapak Sanardi Adam, Seniman Betawi – Earth Hour 2019 Hotel Aston Priority Simatupang

Earth Hour ini adalah upaya pemadaman listrik selama kurang lebih satu jam atau 60 menit yang berarti ikut melestarikan alam dan lingkungan. Kalau semua orang ikut, wah alangkah baiknya, harapannya kegiatan ini dapat membantu melindungi lingkungan dan melawan perubahan iklim.

Seniman Betawi

Ada yang sudah pernah dengar nama Bapak Sanardi Adam? Kalau saya sih sudah tahu, nah bagi yang belum tahu, beliau adalah salah satu dari seniman Indonesia, seorang pelukis asal betawi. Salah satu karya beliau sudah ada yang masuk di Istana Negara loh, menggunakan cat air adalah ciri khasnya.

“Saya sangat senang dapat berpartisipasi dan berkolaborasi dengan Aston Priority Simatupang Hotel & Conference Center ┬ádalam acara Earth Hour dengan membuat sebuah karya seni pada saat hampir seluruh penduduk dunia mematikan lampu secara bersamaan”, kata Bapak Sanardi Adam.

Sebelum pemadaman listrik Earth Hour 2019 pada jam yang telah ditentukan, penandatanganan dari pihak terkait Hotel Aston dilakukan atas ikut berpartisipasinya dengan kegiatan Earth Hour 2019 ini. Lalu selanjutnya Bapak Sanardi Adam meneruskan melukis dari tandatangan yang sudah ditorehkan di atas kanvas.

Hiasan lilin bertuliskan 60+ - Earth Hour 2019, Hotel Aston Priority Simatupang
Hiasan lilin bertuliskan 60+ – Earth Hour 2019, Hotel Aston Priority Simatupang

Ada hiasan lilin yang membentuk tulisan 60+ pada loby Hotel Aston Priority Simatupang. Hiasan lilin ini tak hanya sekadar hiasan, pada jam Earth Hour akan dinyalakan karena listrik akan dipadamkan. Saya dan para blogger lain sempat berfoto-foto dan berswa foto di hiasan lilin itu.

Pada penghujung acara Earth Hour 2019, pemadaman listrik dimulai, hingga keadaan gelap gulita. Penerangan yang ada hanya dari hiasan lilin yang membentuk tulisan 60+ tadi. Kami semua juga menikmatinya kok, dan santai-santai aja makan malam dalam gelap, malah ada yang instastory dalam gelap. Haha..

Pembacaan Puisi tentang Earth Hour 2019
Pembacaan Puisi tentang Earth Hour 2019

3 Komentar-komentar

  1. tak terasa sudah beberapa tahun ya kita umat manusia di bumi mulai peduli dan melaksanakan pemadaman lampu sejam ini.
    Semoga next year gak cuman pemadaman lampu sejam saja tapi setengah hari sekalian

LEAVE A REPLY

SIlakan ketik komentarmu
Silakan Masukkan namamu disini