Di jaman sekarang ini siapa sih yang belum punya Kartu Indonesia Sehat (KIS) produk dari BPJS Kesehatan? Ternyata masih ada saja yang belum mempunyainya. Padahal manfaatnya banyak sekali, karena kita tak harus membayar secara langsung biaya perawatan di Rumah Sakit apabila kita harus operasi misalnya. Dan untuk biaya bulanannya pun tergolong rendah sesuai dengan kelas yang dipilih.

Kesulitan untuk mempunyai JKN-KIS BPJS mungkin saja terkendala oleh masalah pengurusan yang agak rumit. Seperti pendaftaran awal yang membuang waktu dan menguras tenaga karena harus datang dari pagi dengan tujuan agar proses tidak tertunda karena antrian, belum lagi masalah banyaknya beberapa berkas yang harus di fotokopi. Untung saja itu masalah sudah teratasi dengan baik sekarang ini.

Menanggulangi proses yang agak rumit tersebut, baru-baru ini BPJS Kesehatan membuat pendaftaran berbasis online dengan aplikasi mobile. Tidak hanya pendaftaran saja, banyak manfaat yang didapat apabila menginstal aplikasi mobile dengan menggunakan sistem Android versi 4 ke atas dan iOS 10 ini. Pengunduhan dapat dilakukan melalu Google Play Store dan App Store. Hanya melalui genggaman tangan anda sudah bisa melakukan berbagai layanan fitur BPJS Kesehatan, mudah bukan?

(kanan) Upik Handayani, narsum pertama pada acara Ngopi Bareng JKN

“Banyak masyarakat yang jauh-jauh datang ke kantor BPJS Kesehatan sekedar untuk mendaftar. Padahal itu bisa dilakukan cukup lewat telepon ke 1500400. Dengan layanan tersebut, daftar jadi peserta JKN-KIS pun jadi lebih praktis tanpa antri. Bahkan, jika sudah jadi kartunya pun nanti akan dikirimkan ke alamat rumah peserta”, jelas Upik Handayani selaku Asisten Deputi Bidang Pengendali Mutu Pelayanan BPJS Kesehatan.

Tidak hanya layanan aplikasi mobile Online dari BPJS Kesehatan saja yang memudahkan bagi peserta untuk mendaftar, terobosan yang lebih cepat adalah Care Center yang menangani masalah pendaftaran secara langsung melalui telepon. Hubungi saja 1500400, maka anda akan langsung dibimbing oleh petugas yang menerimanya. Care Center 1500400 dibuat untuk memudahkan peserta mendaftar. Wow sangat efisien sekali, bahkan kartu JKN-KIS BPJS akan dikirim langsung ke alamat peserta apabila kartu tersebut sudah selesai diproses.

Care Center 1500400 selain untuk keperluan pendaftaran lewat telepon, juga mempunyai fungsi untuk mengubah data apabila terjadi kekeliruan data pada kartunya. Berfungsi juga sebagai layanan Tanya Dokter untuk kepentingan tanya-jawab seputar kesehatan dan lain-lain. Bisa juga sebagai penerus informasi apabila ada yang bertanya ke Care Center 1500400. Yang terakhir adalah survey kepuasan dari pelanggan/peserta yang telah menggunakan layanan Care Center ini.

Ngopi Bareng JKN

Pada rabu, 14 February 2018 bertempat di Restaurant The Hook – Senopati, Jakarta Selatan. BPJS Kesehatan bertemu muka dengan Media dan Blogger menghadirkan narasumber: Upik Handayani selaku Asisten Deputi Bidang Pengendali Mutu Pelayanan BPJS Kesehatan, Bang Iwan Setiawan (Inspirational People), dan Charles Bonar Sirait (Public Figure) dengan tema “Ngopi Bareng JKN – Membedah 1500400”. Topik yang dibahas ini mengundang keseruan dalam tanya jawab antar narasumber dan blogger.

narsum Charles Bonar Sirait sedang berbicara

Sebenarnya layanan Care Center 1500400 sudah ada sejak dulu sebagai pusat informasi dan pengaduan, pengoptimalan yang sekarang adalah membuat masyarakat percaya bahwa proses pendaftaran dapat dilakukan melalu Care Center dan tidak bertele-tele serta memang benar-benar dimudahkan, pendaftaran menjadi peserta JKN-KIS menjadi lebih praktis tanpa antri.

Persyaratan untuk menjadi peserta JKN-KIS BPJS Kesehatan melalui layanan Care Center 1500400, antara lain yaitu:

  • Nomor kartu keluarga (KK)
  • Nomor Induk Kependudukan (NIK) KTP
  • Nomor Telepon Seluler
  • Nomor Rekening Tabungan
  • Alamat domisili (untuk pengiriman kartu)
  • Alamat email
narsum Bang Iwan Setiawan

Dan dihimbau untuk masyarakat yang mendaftar melalui layanan Care Center 1500400 untuk tak segera menutup teleponnya pada saat mendaftar ata mengubah data, karena seluruh pembicaraan akan terekam sebagai arsip dan pendataan. Hal ini akan berguna apabila dikemudian hari perlu diperjelas sesuai dengan pembicaraan antara pendaftar dan petugas tentang perjanjian atau pembicaraan yang telah disepakati.

Fungsi lain Care Center 1500400 selain pendaftaran peserta JKN-KIS BPJS Kesehatan adalah sebagai:

  • Perubahan data peserta
    Petugas bisa saja mendata kita salah, program mengubah data ini menjadi solusi yang efektif.
  • Permintaan informasi
    Informasi yang diberikan adalah data-data yang menyangkut pelayanan BPJS.
  • Penanganan bantuan
    Sesuai namanya layanan memberi bantuan dengan ketidakpuasan terhadap layanan-layanan BPJS, bisa diadukan ke layanan Care Center.
  • Layanan tanya dokter
    Fitur ini bagus sekali, kalau ada masalah kesehatan dan bagaimana menanganinya kita bisa terlebih dulu menggunakan layanan tanya dokter.
  • Survey kepuasan
    Survey ini akan menjadi catatan untuk meningkatkan pelayanan mutu untuk para petugas.
  • Terintegerasi dengan media sosial BPJS ( facebook dan twitter )
    Pada fitur ini kita bisa memperoleh informasi terbaru perkembanga BPJS Kesehatan.
  • Layanan Care Center 1500400 24/7
    Yang artinya online selama 24 jam selama 7 hari.

LEAVE A REPLY

SIlakan ketik komentarmu
Silakan Masukkan namamu disini