Perlu diketahui bahwa pertumbuhan pasar otomotif di kawasan Asia terutama Asia Tenggara semakin meningkat akhir-akhir ini, dan tentu saja penggunaan jenis kendaraan mesin juga meningkat, seperti mobil dan motor. Pertumbuhan pasar otomotif ini baru saja saya ketahui dari iCar Asia Limited (iCar Asia) sebagai group Jaringan Portal Otomotif Nomor 1 di Asia. Nah mereka baru saja merilis laporan keuangan tahunan.

Tahu gak kalau di Indonesia iCar Asia Limited (iCar Asia) sebagai group Jaringan Portal Otomotif Nomor 1 di Asia itu memiliki juga portal web otomotifnya loh, namanya Mobil123.com dan Otospirit.com. Bulan September lalu saya pernah mengulas tentang kegiatannya Mobil123 Hot Deals Carnival, jadi masih ada hubungannya yah. Dari situ saya memahami bahwasanya banyak program-program dari Mobil123 dan iCar Asia banyak yang berhasil dan menaikan kepercayaan konsumen.

Portal otomotif Mobil123
Portal otomotif Mobil123

Menurut iCar Asia dalam laporan tahunannya, pada tahun 2018 mereka mengalami peningatan rata-rata pengunjung sebesar 49% sehingga hal tersebut dapat mendongkrak pertumbuhan pembelian mobil sebesar 41%. Secara operasional, pertumbuhan ini sungguh luar biasa. Pendapatan sebesar $ 11,6 juta berhasil ditorehkan dalam sejarah mereka tahun lalu, dalam bahasa keuangan artinya revenue peningkatannya adalah sebesar 27%. Peningkatan dalam penerimaan kas juga mendapatkan persentase sebanyak 46% dibandingkan tahun 2017.

Perlu diketahui bahwasanya iCar Asia Limited (iCar Asia) sebagai group Jaringan Portal Otomotif Nomor 1 di Asia ini beroperasi di Malaysia, Thailand, dan Indonesia. Di Indonesia, perkembangan bisnis ini juga berkembang sehingga pertumbuhannya pun juga kuat. Pada bulan September 2018 merupakan tonggak awal di Indonesia menjadikan produk iklan berlangganan yang tentunya akan membantu dalam pemasaran dan peningkatan pendapatan.

Dalam strategi monetasi, dari produk iklan tersebut mengalami peningkatan 59% dibandingkan 2017, total sekitar $ 1,15 juta. Kerugian pun dapat diminimalisasi, pada tahun 2018 kerugian EBITDA (Earnings Before Interest, Taxes, depreciation and Amortizatio) berkurang sebesar 11% berbanding pada tahun 2017 yang mempunya kerugian sebesar $ 3,40 juta. Peningkatan yang baik ini mengalami peningkatan lebih dari 100%.

Malaysia seperti halnya negara India, merupakan negara dengan perkembangan bisnis yang baik untuk pasar otomotif. Malaysia mendapatkan momen baik pada tahun 2018 lalu. Dimulai dari Kwartal 4 pada bulan September 2018 hingga sekarang mendapatkan EBITDA yang positif.

Begitu juga perkembangannya di negara tetangga Thailand, pasar bisnis otomotif ini juga mengalami peningkatan, mendapatkan EBITDA serta arus kas yang baik dan positif pada akhir tahun lalu, Desember 2018. Kerugian yang dibandingkan pada tahun sebelumnya, 2017, mengalami peningkatan sebesar $ 5,07 juta. Ini berarti iCare Asia di negara Thailand menunjukkan pertumbuhan tahunan yang baik, meningkat tajam sebesar 33%.

Bagaimana dengan Indonesia?

Seperti tidak mau kalah dengan 2 negara besar dari peraup keuntungan bagi iCare Asia, Indonesia juga mengalami pertumbuhan yang positif. Pendapatannya mengalami peningkatan sebesar 58% lebih baik ketimbang tahun 2017. Kerugian EBITDA juga berkurang sebesar 11% dibandingkan tahun 2017. Peningkatannya lebih dari 100% dan pengurangan kerugian EBITDA ini dinilai positif.

iCar Asia
iCar Asia

Laporan tahunan dari iCar Asia ini membuka banyak mata di dunia otomotif, khususnya dunia digital untuk kawasan Asia masih tergolong baik. iCar Asia group Jaringan Portal Otomotif Nomor 1 di Asia sendiri terus berupaya menjadi lebih baik dan berusaha menjadi yang terdepan sebagai pemimpin pasar properti otomotif online. Setiap bulan mereka bisa mendapatkan 12 juta pembeli dan sekaligus penjualnya.

LEAVE A REPLY

SIlakan ketik komentarmu
Silakan Masukkan namamu disini