Menjelang hari raya Idul Fitri, mudik sudah menjadi suatu tradisi untuk kembali ke kampung halaman masing-masing untuk bisa berkumpul dengan keluarga dan merayakan hari raya bersama-sama. Kalian bagaimana? Sudah ikutan mudik juga? Ini loh ada himbauan tips mudik sehat, aman, dan selamat. Seperti apa saja kah? mari kita simak artikel saya kali ini.

Sebelum mudik, tentunya harus mempersiapkan fisik yang sehat. Fisik dari tubuh yang prima tentu akan sangat dibutuhkan sebelum kita mudik. Perjalanan mudik yang ditempuh mungkin bisa memakan waktu berjam-jam karena jauh ataupun bisa jadi karena macet dan banyaknya orang yang ikut mudik, jadi benar-benar harus mempersiapkan fisik dengan baik.

Pada Selasa 28 Mei 2019, di Stasiun Gambir, Jakarta, saya mendapatkan undangan untuk bersama “Ngabuburit Sehat Bareng Menkes dan Menhub” dengan tema “Mudik Aman, Selamat, Sehat Sampai Tujuan” dihadiri oleh Ibu mentri Kementrian Kesehatan Republik Indonesia, Nila Moeloek.

Beliau menghimbau kepada masyarakat yang hendak mudik agar mempersiapkan diri dengan baik. Tahun lalu Kementerian Kesehatan RI mengadakan himbauan ini di Terminal Kampung Rambutan, dari tahun ke tahun selalu memberikan pelayanan kesehatan khusus pada saat mudik lebaran. Kali ini yang diadakan di Stasiun Gambir menjadi salah satu tempat yang sudah dipadati oleh masyarakat untuk melakukan mudik.

Melihat itu tak ayal sayapun juga ingin mudik ke kampung halaman. Yah kebetulan memang tahun 2019 ini saya juga mudik, sudah hampir 3 tahun saya tidak kembali ke kampung halaman berkumpul bersama keluarga.

Tips Mudik Sehat, Aman, dan Selamat

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika akan melakukan perjalanan jauh atau mudik. Hal ini perlu diperhatikan karena tak jarang pada saat mudik perjalanan jauh menemui beberapa kendala yang diluar rencana kita. Tips mudik sehat, aman, dan selamat kurang lebih sebagai berikut:

  • Siapkan fisik yang sehat dan prima sebelum mudik
  • Jangan lupa untuk periksa kondisi kelayakan kendaraan
  • Disiplin dan patuhi rambu lalu lintas
  • Kendaraan tidak melebihi muatan dan menyalahi peruntukannya
  • Gunakan masker dan lindungi diri dari asap, debu dan polusi
  • Konsumsi makanan dan minuman yang bersih dan sehat
  • Jika membawa bekal pilih makanan yang tidak cepat basi
  • Tidak menggunakan handphone selama berkendara
  • Bila sakit manfaatkan pos kesehatan terdekat

Penjabaran dari poin-poin diatas, patut digaris bawahi. Seperti fisik yang sehat akan sangat-sangat dibutuhkan. apabila kalian mudik menggunakan kendaraan pribadi, tentunya memeriksakan secara dini kelayakan kendaraan sebelum menggunakan saat mudik, seperti servis, cek mesin, cek ban, cek kesehatan kendaraan secara utuh juga memudahkan dan membantu fisik tubuh secara utuh. Apabila mengantuk, lebih baik berhenti dan beristirahat setiap 4 jam untuk kendaraan roda empat dan setiap 2 jam untuk kendaraan roda dua.

pengemudi juga harus paham betul akan rambu-rambu lalu-lintas. Karena akan banyak pengalihan jalur guna memperlancar arus mudik setiap tahunnya. Mengendalikan kecepatan saat mudik terutama pada kondisi jalan yang berlubang, bergelombang, dan di saat keadaan sedang hujan atau saat cuaca tidak baik.

Muatan yang berlebihan juga sering dijumpai saat mudik, baik itu pengguna kenadaraan roda em[at maupun roda dua. hal ini sangat berbahaya sekali loh teman, karena muatan yang berlebih tentu akan tidak nyaman saat berkendara. Bila memang harus membawa banyak muatan lebih baik menggunakan moda transportasi umum. Bahkan banyak instansi yang meluncurkan program mudik gratis menggunakan moda transportasi Bus.

Pengendara roda dua untuk mudik wajib mempersiapkan sarana pendukung untuk kenyamanan dalam berkendara, seperti jaket, sarung tangan, masker, helm SNI, sepatu. Konsentrasi saat mengemudi sangat dibutuhkan dan kenyamanan dalam berkendara menentukan kondisi tubuh tidak lekas kelelahan. Dan satu hal yang digaris bawahi adalah jangan menggunakan handphone saat berkendara, ini berlaku bagi semua pengemudi, baik kendaraan roda empat, roda dua, maupun moda transportasi umum seperti truk dan bus.

Bila meras kurang sehat, pos pelayanan disediakan oleh kementrian kesehatan RI disetiap titik-titik yang akan dilewati oleh pemudik. Layanan kesehatan ini bisa didapatkan secara gratis teman, jadi kalau ada pungli langsung saja laporkan kepada pihak yang berwajib. Ibu Nila Moeloek juga berpesan kepada masyarakat yang hendak mudik, agar memperhatikan makanan yang dikonsumsi. Makanan yang dikonsumsi harus makanan yang bersih dan sehat agar tubuh selalu sehat dan aman saat mudik.

Selamat menyambut hari raya Idul Fitri.
Mohon maaf lahir dan batin.
Selamat Mudik teman-teman.

1 Komentar

LEAVE A REPLY

SIlakan ketik komentarmu
Silakan Masukkan namamu disini