Dengan semakin majunya zaman, teknologi komunikasi dan digital ikut berkembang pesat, termasuk ketersediaan lowongan pekerjaan. Sayangnya tingkat pengangguran di Indonesia tetap saja tinggi. Penyebab tingginya angka pengangguran ini bisa jadi karena masih banyak orang yang kesulitan mendapatkan informasi mengenai lowongan pekerjaan yang tersedia di sekitar mereka. Di saat yang sama, para pekerja juga harus menyiapkan berkas-berkas pendukung yang menjadi persyaratan untuk mendapatkan pekerjaan impian. Saya pernah mengalami betapa ribetnya mempersiapkan berbagai dokumen saat melamar pekerjaan. Kamu juga pernah, kan?

Berbagai berkas tersebut misalnya, membuat surat lamaran pekerjaan berlembar-lembar yang terdiri dari Curriculum Vitae (CV) dan biodata lengkap berisi jenis dan pengalaman kerja, tingkat pendidikan, keahlian yang dikuasai, dan sebagainya. Lalu kita juga harus menyiapkan fotokopi surat pengalaman kerja dari pekerjaan sebelumnya, fotokopi identitas diri, SKCK, fotokopi ijasah, foto berukuran tertentu, dan sebagainya. Dengan seluruh keribetan yang kita alami tadi, tidak ada jaminan kita pasti mendapatkan pekerjaan impian.

Beruntung saya sebagai generasi milenial dapat merasakan era yang serba maju dan modern. Saya mendapatkan info dari teman-teman dan penggiat sosial media bahwa ada aplikasi penunjang pencari pekerjaan maupun pencari para pekerja. Aplikasi tersebut adalah aplikasi GAWE, aplikasi itu bisa diunduh pada aplikasi Google Play Store. Ya, untuk sementara hanya baru ada di Google Play Store Android, untuk pengguna IOS masih belum tersedia, tetapi pasti kemudian hari akan ada di APP Store IOS.

aplikasi GAWE di Google Playstore

Saya ucapkan selamat tinggal pada berkas-berkas yang menumpuk tebal untuk dapat melamar satu  pekerjaan saja. Dengan Aplikasi GAWE kita hanya perlu satu kali isi biodata, foto profile, dan upload scan KTP atau ID Mahasiswa bagi yang masih berstatus kuliah. Untuk dapat menggunakan aplikasi Gawe ini, maka kalian harus menginstal aplikasinya di Smartphone kesayangan kalian. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Unduh aplikasi Gawe di Google play store
  2. Masukkan nomer telepon selular anda
  3. Setelah menerima kode di sms (short message service) dan masukan kode numerik tersebut
  4. Isi data nama lengkap dan jenis kelamin
  5. Masukkan foto profil
  6. Masukkan foto scan KTP
  7. Masukkan foto ID mahasiswa jika anda berstatus mahasiswa
  8. Proses Verifikasi menunggu 2 hari, saat ini masih dalam tahap manual
  9. Aplikasi Gawe siap di gunakan

Sedang berikut ini adalah tampilan-tampilan dari poin-poin diatas:

Aplikasi Gawe merupakan aplikasi buatan anak bangsa, aplikasi ini resmi diluncurkan pada 17 November 2017 lalu. Susunan pengurusnya antara lain, Elroy Hafidi selaku CEO, Budiarto Harsono dan Kurniawan Aryanto selaku Co-Founder, dan para kru tim dari Gawe.

Team Crew App Gawe

Pasar utama pada aplikasi ini terutama adalah para mahasiswa, dan secara umum adalah para pencari kerja secara real time dan part time. Kesibukkan mahasiswa dinilai para pendiri masih banyak waktu luang yang mereka sia-siakan, dan pada aplikasi ini menyajikan banyak pekerjaan paruh waktu (part time) yang cocok untuk kalangan mahasiswa dan para pekerja freelance. Seperti disebutkan oleh Elroy Hafidi selaku CEO Aplikasi GAWE, "Kita ingin mendukung banyak anak mahasiswa menyelesaikan kuliahnya tanpa takut terkendala biaya, dan ini bisa menjadi pengalaman mereka untuk masuk di dunia kerja ataupun mengasah kemampuan mereka untuk menjadi pengusaha."

Pendiri lainnya juga berpendapat, "Kita harus membangun di mana ada employee disitu harus ada employer, kedua hal ini harus tumbuh berkembang seiring sejalan", jelas Budiarto Harsono selaku Co-Founder Aplikasi GAWE. Tak ketinggalan Kurniawan Aryanto selaku Co-Founder Aplikasi GAWE juga berpendapat, "Di sisi pengusaha kecil menengah, ketersediaan pekerja temporer atau harian dapat meringankan biaya beban perusahaan dari sisi sumber daya manusia, karena tidak semua pekerjaan membutuhkan tenaga permanen."

Dari pemaparan pendapat diatas, bisa disimpulkan juga bahwa aplikasi Gawe ini dapat digunakan oleh para pencari kerja dan pencari pekerja. Baik para pencari kerja maupun pencari pekerja dapat memanfaatkan aplikasi ini sesuai dengan jarak yang dapat dilihat dari aplikasinya berjarak maksimal 5 KM. Jelas bahwa dari keduanya akan mendapatkan keuntungan tidak jauh dari tempat kerja yang dapat menguras waktu. Selain itu para pencari kerja juga dapat memilih jenis pekerjaan yang dicari, ada yang bersifat sementara ada juga yang bersifat jangka panjang.

Sebut saja pekerjaan yang bersifat sementara seperti: lowongan untuk membetulkan pagar, lowongan untuk sales promotion girl (SPG), lowongan untuk desain spanduk atau bisa juga seperti membantu mengepak barang untuk dikirimkan melalui jasa kurir. Dan dari contoh di atas para pemberi kerja (pencari pekerja) dapat memanfaatkan tenaga-tenaga dari para pencari kerja tersebut. Sangat mudah bukan? Tunggu apalagi.. GaweDulu aja, unduh Aplikasi Gawe sekarang juga. Saya pribadi telah mengunduh dan menggunakan aplikasi tersebut. Sangat Inspiratif!

Additional Information:

GAWE INDONESIA

Pondok Indah Office Tower 3, 17th Floor, Jl. Sultan Iskandar Muda Kav V-TA
Jakarta 12310 - INDONESIA
Tel : +62 21 29538937

12 Komentar-komentar

  1. Aplikasi keren yang bisa membantu banyak pihak, baik pencari kerja part maupun Pengusaha yang membutuhkan karyawan part time, wahhh, mantappp deh Aplikasinya^^

    • Yang mana yang kabur? Nanti saya perbaiki.. Kalau di saya gak ada yg kabur.. Masih di kandangnya masing2 😁

LEAVE A REPLY

SIlakan ketik komentarmu
Silakan Masukkan namamu disini