Pernahkah terpikir olehmu bahwasanya ada sumber energi alternatif selain dari sumber energi yang kita pakai saat ini? Energi terbarukan baran energi menjawab pertanyaan tersebut. Energi yang dihasilkan melalui panel-panel surya yang kemudian tersimpan pada sel-sel baterai.

Hal ini membuat saya teringat dengan orang tua saya. Ayah saya khususnya yang sangat terampil memanfaatkan barang yang ada di sekitar untuk didayagunakan. Sedang hubungannya dengan daya baran energi ini membuat saya mengulang kembali ingatan masa kecil saya yang sedang memperhatikan Ayah yang sedang berkreasi mendayagunakan aki bekas dan instalasi listrik untuk digunakan sebagai emergency lamp yang saat itu sedang dalam keadaan mati lampu (pemadaman dari PLN).

Awalnya Ayah saya memasang emergency lamp buatannya secara manual, tapi karena terlalu sering adanya pemadaman dari PLN maka Ia lalu membuatnya otomatis yang ketika listrik padam dari pusat maka emergency lamp tersebut nyala dengan sendirinya, dan saat aliran listrik dari pusat menyala kembali maka emergency lamp ini akan mati dengan sendirinya dan me-recharge aki secukupnya dengan tambahan pcb untuk pengaturnya.

Kurang lebih kalau di bandingkan dengan teknologi sekarang, emergency lamp buatan Ayahku itu adalah sebuah power bank berukuran lumayan dan disambungkan dengan beberapa lampu di beberapa titik di rumah. Karena saya saat itu masih kecil dan teknologi belum berkembang seperti sekarang, decak kagum yang tak habisnya menghiasi hati saya. Seperti kebanyakan anak-anak lainnya tentu sangat mengidolakan Ayahnya sebagai panutannya, begitu pula saya.

Tesla dan Baran
Tesla dan Baran

Baran Energi

Pertumbuhan penduduk dan ekonomi membuat permintaan pasokan listrik terus meningkat. Ini yang membuat pembangunan pembangkit listrik berbasis energi terbarukan dinilai merupakan kebutuhan nasional yang sudah tidak bisa ditunda lagi.

Dari Pemerintah, banyak pembangkit yang dibuat seperti Pembangkit Listrik Tenaga Uap, Air, dan lain-lain. Pembangkit tersebut menggunakan bahan bakar batubara dan minyak bumi yang di hasilkan dari alam dan fosil untuk dapat bekerja dengan baik. Bagaimana nasib negara kita apabila bahan bakar tersebut berkurang, menipis, dan bahkan habis? Bagaimana nasib anak cucu kita menghadapi masalah ini?

Sumber daya manusia yang di hasilkan Indonesia sebenarnya tidak kalah dengan luar negeri, oleh karena itu ada karya anak bangsa yang harus didukung dan didorong demi kemajuan bangsa. Sudah bukan rahasia lagi kalau Indonesia menjadi negara tukang impor mengabaikan ekspor, jenis-jenis barang yang di impor ke Indonesia katakanlah seperti beras, BBM, elektronik, otomotif, dan banyak lagi. Miris kalau dibayangkan sumber pasokan seperti BBM ini akan semakin menipis sedang kebutuhan semakin banyak, lalu bagaimana nasib anak-cucu kelak. Oleh karena itu kalau kita tidak bergerak sekarang, dan memanfaatkan SDM Indonesia yang jelas banyak yang kerkualitas, kapan lagi?

Besarnya kebutuhan akan sumber daya listrik ini membuat banyak negara maju dan berkembang melakukan inovasi untuk menciptakan energi terbarukan yang layak dikembangkam untuk memenuhi kebutuhan energi. Termasuk Indonesia juga turut serta memenangkan industri ini, salah satunya adalah Baran Energi. Baran Energi adalah karya asli anak bangsa yang menurut saya patut diapresiasikan, ini seperti saya mengingat apa yang Ayah saya lakukan untuk mencari solusi seringnya pemadaman di daerah rumah masa kecil saya dulu.

Kehadiran Baran Energi ini menciptakan power tersendiri yang merupakan cara baru mengkonsumsi energi tanpa bahan bakar fosil, bisa dipakai hingga 15 tahun untuk 1 sumber pak baterai dan terlebih gratis. Seperti Bapak Victor Wirawan lansir, yang mana beliau juga menjabat sebagai CEO Aldebaran Bussiness Energy Company, “Baran sudah ada dan dibuat oleh anak bangsa, karya anak bangsa yang sudah berjalan selama 6 bulan ini nantinya akan siap di luncurkan pada Baran Property di Kawasan Tiga Raksa pada tahun 2009 mendatang”.

Victor Wirawan, CEO Aldebaran Bussiness Energy Company
Victor Wirawan, CEO Aldebaran Bussiness Energy Company

Beliau juga menambahkan, “kalau di Amerika ada Tesla, di Indonesia ada Baran Energy yang merupakan karya anak bangsa dan membuat saya bisa berkontribusi untuk kemajuan bangsa”.

3 Produk Unggulan Baran Energy

Baran Power - Baran Cube - Baran EV
Baran Power – Baran Cube – Baran EV

Selanjutnya Bapak Victor Wirawan pada kesempatan media talkshow bersama media dan para blogger memperkenalkan inovasi-inovasi karya asli anak bangsa yang di bagi menjadi 3 produk unggulan, yang antara lain adalah:

  • Baran Power
    Baran Power ini merupakan Storage energi untuk rumah secara individu atau bisa seperti daerah perumahan dan kantor. Bentuknya yang imut yang disebut powerwall tidak memakan tempat sangat mudah dipasang di dinding mana saja dalam bagian ruang rumah manapun tidak seperti genset yang membutuhkan ruang khusus. Walau berbentuk storage yang imut tapi baran power powerwall ini sangat powerfull yang bisa dimanfaatkan oleh rumah tangga agar konsumsi listrik bisa ditekan bahkan hampir gratis.

Baran Power ini semacam sekumpulan baterai yang di isi dan kemudian daya yang berhasil disimpan bisa digunakan untuk memenuhi kebutuhan listrik sehari-hari, nah jadi teringat lagi nih dengan karya Ayah saya hehehe. Baran power mendapatkan dayanya bisa melalui listrik konvensional yang berasal dari PLN, layaknya mengisi daya handphone atau laptop. Lalu bisa juga dari turbin angin dan yang terakhir bisa menggunakan tenaga matahari melalui solar panel.

Baran Battery
Baran Battery
  • Baran Cube
    Sudah saatnya industri listrik kita menuju industri 4.0. Sebuah inovasi industri yang mengedepankan kebutuhan rakyat Indoensia secara merata. Selain untuk perumahan, Baran Energi juga bisa digunakan untuk industri dengan produk Baran Cube. Bentuknya seperti kontainer dan ini terbilang ringkas karena tak membutuhkan lahan yang luas seperti yang ada saat ini.

Baran Cube juga berisi dengan sekumpulan baterai yang fungsi dan cara kerjanya sama seperti Baran Power untuk perumahan. Penggunaan energi matahari atau solar system dibutuhkan juga solar farm agar dapat memberikan daya untuk mengisi Baran Cube. Baran Cube ini mempunyai daya 1 Mega Watt, kalau di apresiasikan pada satu komplek perumahan sudah sangat cukup.

 

  • Baran EV (Electric Vehicle)
    Yang ketiga dari Baran Energi ini adalah Electric Vehicle yang juga mendapat apresiasi khusus dari karya anak bangsa, sebuah acungan jempol yang luar biasa sekali. Konsep mobil listrik seperti di gambar bawah mempunyai tenaga 600 tenaga kuda dan mampu menempuh jarak hingga 300 kilometer hanya dengan sekali isi baterai dengan daya 400 kwh.
Baran Power - Baran Cube - Baran EV
Baran Power – Baran Cube – Baran EV

 

1 Komentar

LEAVE A REPLY

SIlakan ketik komentarmu
Silakan Masukkan namamu disini