Baru-baru ini saya terpikir untuk mengajak istri liburan sebagai pengganti karena musim mudik Lebaran kemarin kami tidak pulang kampung. Tempat wisata yang hendak saya tuju tentu saja Lembang, Bandung, karena suasana alamnya masih asri dan memang masih banyak yang belum kami eksplorasi di sana. Jadi biar rencana liburan ini terwujud, saya pun mulai mencari informasi mengenai 5 tempat wisata di Lembang yang lagi hits.

5 Tempat Wisata di Lembang yang Lagi Hits

1. The Lodge Maribaya

Tempat wisata di Lembang yang paling ingin dituju istri salah satunya ya The Lodge Maribaya. Dia sering lihat foto-foto tentang tempat wisata ini menghiasi Instagram teman-temannya. Jadilah tempat ini menjadi prioritas pertama yang nantinya akan kami kunjungi.

Dulu, tempat ini lebih dikenal dengan nama The Lodge Earthbound & Adventure, namun sejak 2016 berubah menjadi tempat wisata yang kekinian dengan berbagai fasilitas menarik. Lokasinya berada di Desa Cibodas Maribaya, tak terlalu jauh dari Lembang. Akses untuk menuju ke sini pun sangat mudah.

Zip Bike di Tempat Wisata di Lembang The Lodge Maribaya. Sumber website The Lodge Maribaya
Zip Bike di Tempat Wisata di Lembang The Lodge Maribaya. Sumber website The Lodge Maribaya

Selain pemandangan alamnya yang sangat indah, ada cukup banyak spot foto, yang untuk pengambilan fotonya saja sudah memacuk adrenalin. Sebut saja beberapa spot yang tersedia di tempat wisata di Lembang ini, antara lain: Sky Tree, Zip Bike, Mountain Swing, Sky Plane, Hot Air Balloon, dan Gantole. Harga untuk setiap permainan tersebut bervariasi, antara 15ribu hingga 30ribu. Selain spot-spot foto penuh tantangan ini, masih banyak lagi spot lain dengan latar belakang pemandangan. Pokoknya kalau sudah berada di sini nanti, saya akan ajak istri untuk mencoba semuanya.

2. Pasir Ipis

Tempat wisata di Lembang yang lagi hits berikutnya adalah Pasir Ipis yang memiliki pemandangan indah, udara yang sejuk, dan banyak spot yang instagramable banget. Selain itu Pasir Ipis adalah tempat untuk camping juga. Kalau mau camping dan tak punya tenda, kita tinggal bayar harga tiket perorang sebesar 17ribu, kemudian sewa tenda seharga 75ribu per malam. Terjangkaulah ya dengan harga semurah itu bisa sepuasnya menikmati semua fasilitas di sana.

Lokasi tempat wisata di lembang yang satu ini berada di Kampung Pasir Ipis, Desa Jayagiri, Lembang. Kalau dari Bandung, tinggal melaju saja ke arah Lembang, lalu saat menemukan pasar Lembang dan Polsek, tinggal lurus saja sampai menemukan petunjuk yang mengarahkan kita ke Pasir Ipis.

Benteng Pasir Ipis. Sumber situsbudaya.id
Benteng Pasir Ipis. Sumber situsbudaya.id

Jika masih memiliki waktu yang luang, boleh tuh nanti kami akan eksplorasi sampai ke Benteng Pasir Ipis yang katanya lokasinya tak terlalu jauh. Menurut beberapa artikel yang mengulas tentang tempat wisata di Lembang, Benteng Pasir Ipis merupakan bangunan peninggalan Belanda yang dibangun sekitar tahun 1891-1930. Ah, jadi penasaran nih mau melihat langsung bentuk benteng ini.

3. Pemandian Air Panas Ciater

Pemandian air panas Ciater adalah tempat wisata di Lembang yang lagi hits juga dan perlu banget dikunjungi kalau sedang berlibur ke Lembang. Pemandangan hijau akan menyegarkan mata dan udara yang sejuk pastilah bikin betah. Selain itu, menghabiskan waktu dengan berendam di pemandian air panasnya pastilah menyegarkan dan katanya sih bikin kulit juga jadi sehat. Air panas di pemandian Ciater berasal dari sumber mata air yang mengandung belerang, wajar sih kalau katanya berkhasiat untuk kesehatan kulit. Lokasinya berada di Jl. Raya Ciater Nagrak, Kabupaten Subang. Untuk yang katanya berkhasiat menjaga kesehatan kulit tadi, saya harus coba sendiri nih biar tahu benar tidaknya.

Pemandian Ciater Tempat Wisata di Lembang. Sumber: wisatabaru.com
Pemandian Ciater Tempat Wisata di Lembang. Sumber: wisatabaru.com

4. Dusun Bambu

Dusun Bambu atau yang dikenal juga dengan nama Dusun Bambu Family Leisure Park adalah tempat wisata di Lembang, tepatnya berada di Jalan Kol. Masturi KM 11, Situ Lembang. Karena berada di kaki Gunung Burangrang, pemandangan di sini indah sekali dan sangat sayang kalau dilewatkan begitu saja, apalagi bisa menginap di rumah-rumah kecil yang berada di pinggir danau. Kalau siangnya jalan-jalan menikmati pemandangan sambil berfoto, maka sore harinya enak sekali duduk-duduk di teras depan rumah kecil itu sambil menikmati suasana danau bersama istri tercinta. Duh, jadi tak sabar nih untuk langsung berangkat ke Lembang.

5. Curug Tilu Leuwi Opat

Istri saya itu orangnya nyentrik dan suka sekali dengan air terjun. Jadi untuk liburan nanti saya ingin mengajaknya ke tempat wisata di Lembang yang ada air terjunnya. Ini saya menemukan juga ada tempat wisata air terjun bernama Curug Tilu Leuwi Opat. Katanya sih masih di daerah Lembang, tepatnya di daerah Cihanjuang. Nanti deh kalau saya sudah sampai di sana, saya akan update lokasi tepatnya yak.

Curug Tilu Leuwi Opat. Sumber: finasialku.com
Curug Tilu Leuwi Opat. Sumber: finasialku.com

Jalur pendakian menuju curug tidak terlalu sulit dan masih bisa terjangkau meski cukup memacu adrenalin. Kenyentrikan istri saya pastilah tak akan mempermasalahkan medan jalan yang harus dilalui untuk sampai di curug ini. Yang penting air terjunnya keren banget. Yakin deh saya, nanti dia akan menceburkan diri untuk merasakan air yang dingin.

Nah, itulah 5 tempat wisata di Lembang yang lagi hits, yang berhasil saya temukan. Minggu depan saya berencanan mengeksplorasi kelima tempat wisata di Lembang ini. Semoga tak ada aral melintang deh dan rencana ini bisa terwujud. Kamu kapan ngajak orang tercinta liburan?

1 Komentar

LEAVE A REPLY

SIlakan ketik komentarmu
Silakan Masukkan namamu disini